Perbandingan Ruangguru dan Zenius, Worth It Mana?

Share

Perbandingan Ruangguru dan Zenius – Heyoo guys, mungkin beberapa dari kamu lagi dilematis nih mau masuk ke bimbel mana. Kebanyakan orang tua di tengah masa pandemi ini berharap agar anaknya tetap bisa mengikuti bimbel tanpa datang langsung ke lokasi, iya kan?

Seperti yang kamu ketahui guys, ada banyak banget aplikasi online sampai bimbel online yang dapat kamu akses langsung dari smartphone atau laptop tanpa harus keluar rumah, bahkan keluar kamar pun engga.

Berbagai bimbel seperti Quipper, Pahamify, Ruangguru, Zenius, dan masih banyak lagi berjamuran di playstore kamu! Bingung kan milih yang mana? Nah, guys kali ini aku mau kasih kamu sebuah pencerahan untuk memilih bimbel.

Di Indonesia sendiri terdapat salah satu bimbel terbaik dengan pengajaran yang keren abis, yaitu Ruangguru. Ruangguru sendiri udah bertahun-tahun menjadi bimbel online terbaik bahkan digadang-gadang menjadi pelopor bimbel online di Indonesia guys.

Selain Ruangguru ada salah satu bimbel lain yang ga kalah keren juga guys. Apa tuh? Apalagi kalau bukan Zenius. Kedua bimbel online ini sering banget bikin dilematis siswa di Indonesia. Jadi, aku mau kasih tau kamu nih, kira-kira worth it mana ya? Ruangguru atau Zenius?

Yuk, kepoin di bawah ini guys!

Perbandingan Ruangguru dan Zenius

Ruangguru atau Zenius?

Banyak banget nih dari siswa di Indonesia yang sering banget tanya, mending Ruangguru atau Zenius sih? Bagus mana ya? Oke, sebelum aku lanjut ke penjelasannya, disclaimer dulu kalau sebenernya Zenius dan Ruangguru sama-sama bagus kok. Tinggal lebih worth it mana nih kira-kira?

Oke, pertama kita ke Ruangguru dulu. Kalau Ruangguru sendiri sih pasti udah terkenal di mana-mana kan, apalagi di berbagai kota besar di Indonesia. Bahkan Ruangguru juga menjadi aplikasi bimbel online terbaik nih di Indonesia. Kalau kamu penasaran sama track record dari Ruangguru sendiri, Ruangguru udah berdiri dari tahun 2014 guys. Kira-kira udah 6 tahun berdiri guys dan mencetak banyak banget prestasi.

Sementara itu guys, Zenius sendiri udah didirikan dari tahun 2007, tetapi masih berbentuk website gitu guys. Biasanya diakses lewat Google dan materi yang ada berbentuk teks. barulah beberapa tahun kemudian Zenius mulai berinovasi membentuk berbagai macam video pembelajaran dan menghadirkan aplikasi untuk mengakses materinya.

Kalau kita lihat nih guys, Zenius memang sudah ada sejak lama. Namun, bentuk pembelajaran atau inovasi bimbel secara online yang paling populer pertama kali dicetak oleh Ruangguru. Desain kelas online, pertemuan secara virtual, sampai materi pembelajaran online yang disusun secara urut melalui timeline pertama kali dikenalkan oleh Ruangguru.

Worth It Mana Sih, Ruangguru atau Zenius?

1. Kurikulum

Pertama yang paling penting adalah kurikulum dalam suatu bimbingan online nih. Apakah kurikulum yang ada sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan atau justru sebaliknya.

Jadi, apabila kamu mengunjungi situs resmi dari Ruangguru dan Zenius maka kamu akan menemukan masing-masing 3 kurikulum dalam Zenius maupun Ruangguru.

NoKurikulumRuangguruZenius
1Kurikulum 2013 Revisi
2Kurikulum 13
3Kurikulum KTSP

Kamu bisa menilai sendiri guys, kalau dilihat drai kurikulum yang dihadirkan Ruangguru dan Zenius memiliki kesamaan dalam perkembangan kurikulum yang digunakan.

2. Kelengkapan Materi Pembelajaran

Lanjut nih, setelah ngomongin kurikulum pasti engga ketinggalan membicarakan materi pembelajaran yang ditawarkan. Nah, Ruangguru maupun Zenius sama-sama memberikan bimbingan online di 3 jenjang pendidikan, antara lain SD, SMP, dan SMA.

3. Perbandingan Harga Ruangguru dan Zenius

Nah, banyak banget nih yang menanyakan kira-kira dari segi harga worth it mana sih? Sebelumnya diinget dulu ya guys, kadang harga yang ditawarkan seringkali disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Jadi, kamu bisa membandingkan antara harga Zenius dan Ruangguru beserta fasilitas yang ditawarkan ya. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan belajar kamu.

Harga Ruangguru

NoPilihan Paket dan JenjangHarga Ruangguru
13 tahun (Kelas1-6, SD, SMP, SMA IPA/IPS)Rp. 2.800.000Rp. 1.120.000
22 tahun (Kelas 1-6, SD, SMP, SMA IPA/IPS)Rp. 2.800.000Rp. 1.120.000
31 tahun (Kelas 1-6, SD, SMP, SMA)Rp.1.350.000Rp. 540.000
4SMA IPA/ IPS + SBMPTN & STANRp. 2.200.000Rp. 880.000

Harga Zenius

NoPilihan Paket dan JenjangHarga Zenius
1Zenius Ultima – Bimbel kelas 12 + UTBKRp. 9.000.000Rp. 3.000.000
2Zenius Optima – Bimbel kelas 9-12Rp. 6.000.000Rp. 2.000.0000
3Zenius Aktiva – Pelajaran sekolah + UTBK (hanya materi saja)Rp. 2.300.000Rp. 470.000
4Zenius Aktiva – Pelajaran sekolah  selama 1 tahun (hanya materi saja)Rp. 1.450.000Rp. 270.000

Dari sini kamu bisa nilai sendiri guys, kira-kira worth it mana ya. Dilihat dari harga dan fasilitas yang diberikan.

4. Fasilitas Ruangguru dan Zenius

Oke, selanjutnya adalah fasilitas yang ditawarkan.

A. Ruangguru

Ruang belajar Plus

Apa itu ruang belajar plus? Jadi, ruang belajar plus adalah sebuah grup belajar yang interaktif dan mampu melakukan live streaming antara pengajar dengan siswa. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan tutor yang selalu standby dan diskusi materi pelajaran secara lebih mendalam.

Tak hanya itu materi yang ditawarkan pun super lengkap bahkan terdapat beberapa trik dalam mengerjakan soal sehingga kamu bisa mengerjakan semua soal ujian atau tes dengan baik.

Ruang les

Next, ada ruang les khusus untuk kamu yang ingin belajar secara privat agar lebih efektif. Kamu akan ditawarkan beragam pilihan mata pelajaran sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Oh iya, FYI lokasi dan pembelajaran dari ruang les ini super fleksibel ya guys tak lupa gurunya pun professional abis karena berasal dari berbagai universitas ternama.

Brain Academy Online

Next, ada sebuah bimbel super interaktif dengan fasilitas yang waduduh. Asli, kok bisa ya ada bimbel online sekeren ini sampai memberikan pelayanannya ga setengah-setengah guys!

Hal yang paling bikin geleng-geleng adalah kamu akan diberikan metode belajar yang beda dari yang lain guys. Di Ruangguru tersedia berbagai macam materi super lengkap, berbagai macam soal, dan engga lupa tes diagnostik di setiap sesi.

Selain itu, kamu juga bisa konsultasi langsung dengan mentor, bahkan secara offline maupun online dari kelas yang berlangsung. Konsultasinya engga kaleng-kaleng guys, bisa secara privat. Jadi, kamu bisa cerita nih tentang keinginan masuk PTN, sampai metode belajar yang kamu inginkan.

Ruangguru juga memberikan kelas tambahan gratis guys, iya gratis, untuk mengasah soft skill kamu. Pengembangan soft skill ini antara lain seperti public speaking, problem solving, leadership, dan masih banyak lagi.

B. Zenius

Video belajar

Zenius sendiri memiliki beragam video pembelajaran dari berbagai jenjang pendidikan pula. Video ini dapat kamu putar di mana saja dan kapan saja.

Zenius juga membuat timeline bagi video-videonya. Jadi, kamu bisa langsung mengakses video yang diberikan.

Latihan soal

Lanjut, Zenius selalui memberikan latihan soal setiap akhir sesi dari sebuah tema yang diberikan. Soal yang diberikan pun dibagi menjadi soal HOTS dan soal harian.

Tak hanya itu, Zenius juga memberikan soal untuk Ujian Kenaikan Kelas maupun Ujian Tengah Semester.

Soal Try Out

Selain soal latihan biasa, Zenius juga menyediakan soal latihan Try Out khususnya untuk kamu yang kini duduk di bangku kelas 12 SMA. Soal try out juga hanya bisa diakses apabila kamu berlangganan Zenius sesuai dengan paket yang kamu beli.

Nah, di atas adalah beberapa hal perbandingan mengenai Ruangguru dan Zenius. Kamu bisa menilai sendiri kira-kira worth it mana sih Ruangguru atau Zenius?

Saran dariku sendiri Ruangguru lebih worth it dilihat dari berbagai macam fitur maupun fasilitas yang diberikan apalagi buat siswa kelas 12. Sementara itu, Zenius mungkin lebih cocok bagi kamu yang hanya memerlukan bimbingan online untuk pelajaran sehari-hari saja.

Apabila kamu tertarik untuk masuk Ruangguru, yuk langsung kunjungi website Ruangguru dan kamu akan mendapatkan beragam penawaran menarik guys!

This post was last modified on September 2, 2020 11:56 am

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Hayoo siapa nih di antara kalian yang udah melangsungkan ujian tengah semester? Yap, beberapa sekolah… Read More

September 24, 2020

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih… Read More

September 22, 2020

Program ARMADA Ruangguru, Solusi Cerdas Menunjang Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal terpenting yang menjadi hak bagi setiap siswa di Indonesia. Tak terkecuali bagi… Read More

September 22, 2020

Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya sudah ada artikel tentang filateli yang harus kamu tahu. Apakah kamu sudah membacanya? Kalau… Read More

September 21, 2020

Moral Value dari Film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Siapa yang tidak tahu film series legendaris Harry Potter yang diadaptasi dari novel Harry Potter?… Read More

September 21, 2020

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju. Tentu saja… Read More

September 20, 2020