perbedaan otak kanan dan kiri

Tips Mengetahui Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Halo guys! Kamu pastinya tau dong kalau otak manusia terdiri dari otak kiri dan otak kanan ya kan? Nah, tapi kalian tau ga nih apa sih perbedaan otak kiri dan otak kanan? Kira-kira kenapa sih bisa berbeda? 

Jadi guys, kali ini aku mau kasih tau sebuah rahasia yang kalian wajib tau nih! Sebenarnya ada cara simple untuk menjadi pintar selain rajin belajar Sobat! Apa tuh? Yaitu, mengoptimasi otak kiri dan otak kanan kalian guys!

Ini penting banget sih, selain mengetahui bakat kalian, mengetahui perbedaan otak kiri dan kanan dapat membantu kalian untuk mengetahui jurusan kuliah juga lho! Iya, emang banyak banget guys manfaat ketika mengetahui otak kiri maupun kanan. 

Oke, langsung aja yuk kepoin apa aja sih perbedaan otak kiri dan otak kanan? Cek di bawah guys!

Mengetahui Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Otak Manusia

Otak manusia sendiri merupakan bagian yang super rumit guys. Berat rata-rata otak manusia sendiri 1,5 kg sampai 2,5, wow! Jadi, kalau berat badan kalian naik, bisa aja bukan karena lemak melainkan karena otak guys, hehehe.

Nah, di otak manusia itu terdapat miliaran hingga triliunan saraf yang bermacam-macam dan terhubung ke seluruh organ tubuh manusia. Iya dong, hal ini dikarenakan otak manusia adalah pusat dari segala kegiatan yang kamu lakukan guys. Mulai dari berbicara, berjalan, makan, hingga galau, semuanya berpusat di otak.

Baca Juga:  Jenis - Jenis Proposal, dan Langkah Membuatnya!

Otak manusia dibagi menjadi 2 guys, yaitu otak kanan dan otak kiri. Masing-masing dari bagian otak ini memiliki tugas dan peranannya masing-masing tentunya. Namun, secara garis besar perbedaannya hanya kecil guys

Otak Kanan

Yap, yang pertama adalah otak kanan guys. kalian pasti ga asing kan dengan ujaran “Kalau mau main musik pake otak kanan,”. Jadi, ujaran tersebut emang engga salah. Bahkan cenderung benar lho. Otak kanan sendiri berfungsi untuk mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kreativitas guys.

Selain itu, otak kanan juga bersifat lebih ekspresif dan berkaitan erat dengan keterampilan dalam merespon. Terdapat beberapa kemampuan yang erat dengan otak kanan, antara lain:

  1. Kreativitas
  2. Berimajinasi
  3. Membaca intuisi
  4. Emosi atau bahkan membaca emosi seseorang
  5. Mengenali warna
  6. Bermain musik
  7. Mengingat wajah orang lain

Kesimpulannya otak kanan berkaitan erat dengan segala hal yang berbau ekpresif maupun spontan.

Otak Kiri

Lanjut, ke otak kiri guys. Apabila otak kanan berfungsi untuk berbagai hal berbau kreativitas dan ekspresif, maka otak bagian kiri berguna untuk mengerjakan segala tugas yang bersifat logis. 

Jadi, tak ayal kalau kamu menjumpai sebagian besar orang sering berkata, “Pinjem otak kirimu dong, aku mau ulangan matematika nih!”. Nah, hal ini dikarenakan otak kiri juga berperan dalam melakukan tugas yang berbau matematis atau perhitungan guys.

Untuk lebih spesifiknya, otak kiri sendiri berkaitan erat dengan beberapa hal di bawah ini:

  1. Logika
  2. Melakukan hitungan matematis
  3. Pemikiran kritis
  4. Menganalisa 
  5. Penguasaan bahasa

Sebenarnya, antara otak kiri dan kanan memiliki kemiripan satu sama lain guys. Eits, walaupun mirip, di antara otak kanan dan otak kiri juga terdapat perbedaan yang signifikan lhoo. Apa aja sih perbedaan otak kiri dan kanan?

Baca Juga:  7 Pekerjaan Sampingan Anak SMA, Bisa Sambil Rebahan!

Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

1. Pemikiran yang dihasilkan

Yap, betul banget guys! Perbedaan otak kiri dan kanan secara signifikan berasal dari pemikiran yang dihasilkan. Seperti uraian yang telah dijelaskan di atas, otak kiri selalu berhubungan dengan segala sesuatu yang bersifat logika. Sementara itu, otak kanan sebaliknya guys! Otak kanan selalu berhubungan dengan ekspresi dan intuisi.

Selanjutnya, pemikiran dalam otak kiri pun cenderung lebih bersifat fakta. Di otak kanan sendiri kita selalu menggunakan imajinasi hingga perasaan  dalam menentukan suatu peristiwa,  sampai menentukan keputusan.

2. Pengendalian tubuh

Nah, ga hanya pemikiran aja guys, tetapi juga pengendalian tubuh. Uniknya nih, antara otak kiri dan kanan bersifat secara berlawanan. Jadi, apabila otak kiri mengendalikan tubuh bagian kanan. Sedangkan, otak kanan mengendalikan tubuh bagian kiri nih. 

Misalnya ya, kalau kamu mengedipkan mata bagian kiri, sebenarnya itu adalah hasil dari kontrol otot di bagian kanan. Begitu pula sebaliknya guys

Unik banget kan? Hal ini didasari dari penelitian seorang ilmuwan asal Amerika yang menjadi ahli neurologi. Penelitian ini dinamai Roger Sperry’s Split Brain Expemeriments pada tahun 1959-1968.

3. Otak kiri lebih cerdas, daripada otak kanan?

Tentu ga asing dong bagi kamu mendengar uraian di atas. Sebenarnya, taraf kecerdasan memiliki kategorinya masing-masing guys. Hal ini juga berlaku bagi otak kanan dan kiri. 

Otak kanan dan kiri memiliki spesialisasinya masing-masing. Masalah mana yang lebih baik atau mana yang lebih cerdas, tidak ada yang bisa memutuskan guys. Hal ini dikarenakan otak kiri akan lebih cerdas apabila membicarakan hal berbau logika, sedangkan otak kanan dinilai lebih cerdas jika berhubungan dengan kreativitas. 

Baca Juga:  Ciri-Ciri Dominasi Otak Kanan, Apakah Kamu Termasuk?

Nah, sejauh ini hanya ada tiga perbedaan yang paling mencolok antara otak kanan dan otak kiri guys. Hal ini dikarenakan sebenarnya otak kanan dan otak kiri memiliki saraf dan fungsi masing-masing. Selain itu, susunannya pun kompleks. 

Kira-kira kamu masuk kategori orang yang menggunakan otak kanan atau justru sebaliknya? Tentu hal ini membantumu untuk mengarahkan bakat, talenta, sampai prodi jurusan yang hendak kamu ambil.

Pastinya refleks antara otak kiri dan otak kanan ga akan bisa dibohongi dong guys!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat – Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk …