Perbedaan Perangko Mint dan Perangko Used

Beberapa artikel sebelumnya sudah pernah membahas tentang filateli. Ada beberapa macam perangko yang bisa dikoleksi, diantaranya yaitu perangko mint dan perangko used. Jika kamu masih awam dengan dua kategori perangko ini, mari simak penjelasan berikut ini ya untuk menambah pengetahuanmu.

Perbedaan Perangko Mint dan Perangko Used

1. Arti

Sebelum membahas lebih jauh, pertama mari kita kenali dulu pengertiannya. Apa sih yang dimaksud perangko mint dan perangko used itu? Perangko mint adalah perangko yang belum dipakai atau perangko yang masih baru. Sedangkan perangko used adalah perangko yang sudah dipakai atau perangko bekas dan sudah dibubuhi teraan cap tanggal.

2. Alasan mengumpulkan

Alasan orang-orang mengumpulkan perangko ada berbagai macam. Orang-orang suka mengumpulkan perangko mint karena perangko mint lebih menarik, lebih bersih, dan lebih mudah mendapatkannya dibandingkan dengan perangko used.

Sedangkan alasan orang-orang yang suka mengumpulkan perangko used karena perangko used sudah ada teraan cap tanggal yang dibubuhkan di sana sehingga memberikan identitas sebagai perangko asli atau perangko resmi yang pernah dipakai melalui pos.

Selain itu, adanya teraan cap tanggal tersebut dapat menandakan sampai kota mana saja perangko tersebut sudah melakukan perjalanan pos.

3. Harga

Pada umumnya, harga perangko mint lebih mahal daripada perangko used karena perangko mint masih baru. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa harga perangko used lebih mahal jika perangko used tersebut tergolong langka.

Jika berada dalam katalog, harga perangko mint dan perangko used dibuat masing-masing pada kolom pertama dan kolom kedua.

Baca Juga:  Lirik dan Kunci Lagu Guru Tersayang

4. Kondisi

Kondisi perangko mint dan perangko used dibedakan menjadi dua, yaitu perangko bersih dan perangko utuh. Perangko dikategorikan menjadi perangko bersih bagi perangko mint jika perangko tersebut bersih dari bintik-bintik yang disebabkan oleh lembab, jadi masih dalam keadaan seperti pertama kali dibeli di kantor pos.

Sedangkan perangko used akan masuk kategori bersih jika perangko tersebut bersih dari bekas kertas sampul, perekat, noda-noda dan coretan-coretan.

Untuk perangko yang dikategorikan sebagai perangko utuh untuk perangko mint yaitu perangko yang harus masih terdapat perekat aslinya. Sedangkan untuk perangko used yaitu kertasnya harus sempurna yakni tidak sobek, terlipat, tidak menipis kertas belakang perangkonya, gigi-giginya lengkap dan utuh.

5. Cara memperoleh

Cara memperoleh perangko mint diantaranya bisa dengan membeli di kantor pos, membeli secara berlangganan, atau dipertukarkan berdasarkan harga dalam katalog perangko. Perangko used juga bisa diperoleh dengan cara membeli pada lelang perangko, tukar-menukar, dan memungut dari sampul surat yang diterima.

6. Penyimpanan

Cara penyimpanan perangko mint memerlukan perhatian khusus. Perangko mint disimpan di dalam album perangko. Sebelum disimpan, perangko mint terlebih dahulu diberi engsel perangko, kemudian engsel perangkonya dilekatkan pada album perangko. Sedangkan cara penyimpanan perangko used tidak memerlukan perawatan khusus. 

Itulah perbedaan perangko mint dan perangko used yang perlu kamu tahu untuk menambah pengetahuanmu seputar dunia filateli. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…