Home Bimbel Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru

Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru

Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru | Masih Banyak siswa yang bingung untuk memilih antara Quipper dengan Ruang Guru. Saya mencoba memberikan sedikit ulasan antara Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru. 

Keduanya memang sama-sama media belajar online yang menyajikan konten belajar menggunakan video. Tapi, kedua startup ini masing-masing memiliki perbedaan, kekurangan dan kelebihan. Jadi, tidak ada yang sempurna, pasti ada kekurangan dan kelebihannya.

Mungkin masih banyak yang bingung mau pilih Quipper atau Ruang Guru sih?

Menentukan pilihan itu memang sulit, terkadang bikin dilema. Takutnya salah pilih dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu kamu wajib baca informasi ini sampai habis.

Sebelum saya memulai mengulasnya saya ingin memberikan informasi sedikit tentang sejarah kedua startup ini, sebagai informasi tambahan.
Baca juga  7 Aplikasi Bimbel Online Berbayar Terbaik

Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru

1. Sejarah Singkat Quipper dan Ruang Guru di Indonesia

#Quipper

Pertama kali Quipper hadir di Indonesia  hanya menyajikan konten belajar untuk siswa di sekolah dari jenjang SMP dan SMA yang diakses secara gratis bernama Quipper School, satu tahun kemudian mereka menghadirkan konten pembelajaran dalam bentuk video yang diakses dengan cara berbayar dengan nama Quipper Video.

#Ruang Guru

Pertama kali  hadir sebagai startup yang berfungsi sebagai perantara yang mempertemukan Guru dengan Siswa. Awalnya seperti tempat mencari guru privat via online yang bisa dipanggil ke rumah, dan sampai sekarang masih bisa mencari guru privat.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman mereka ber-transformasi untuk mengikuti tren belajar online dengan menghadirkan konten video belajar. Seperti halnya Quipper dan Zenius yang menawarkan produk sejenis.

Quipper merupakan produk luar negeri yang berasal dari London sedangkan Ruang Guru merupakan produk asli Indonesia.

2. Brand Ambassador

Untuk brand ambasador masing-masing kedua startup ini memilih para artis ternama sebagai brand ambasaador mereka, dengan tujuan agar produk dan layanan yang mereka tawarkan mudah untuk dikenal atau diterima oleh target market mereka yaitu para siswa.

#Quipper

Untuk Quipper masih menggunakan brand ambasador perempun yaitu Febby Rastanty yang pada tahun sebelumnya mereka juga menggunakan brand ambasador perempuan yaitu Maudy Ayunda. 

Brand Ambassador Quipper
Dari brand ambasador ini kami melihat keduanya merupakan tidak hanya artis ternama namun, memang mereka memiliki kualitas pendidikan atau prestasi akademik yang di atas rata-rata. Pihak Quipper memilih brand ambasador dengan melihat prestasi akademik mereka juga, Quipper benar-benar memilih brand ambasador yang bisa jadi panutan buat para Quipperian (Pengguna Quipper).
Baca juga  7 Aplikasi Belajar Untuk Persiapan UN SMA Yang Wajib Ada di Smartphonemu

#Ruang Guru

Untuk brand ambasador Ruang Guru mereka memilih artis cowok yang lagi ngehits yaitu Iqbaal Ramadhan. Yang pastinya generasi milenial pasti tahu artis-artis muda yang lagi ngehits sekarang.

Pada tahun sebelumnya saya kurang tahu brand ambasador mereka, saya mencoba mencari informasi tapi belum menemukan siapa brand ambasador Ruang Guru sebelum Iqbaal Ramadhan.

Brand Ambassador Ruang Guru
Memang Ruang Guru pada tahun 2018 ini melakukan investasi besar-besaran untuk mempromosikan produk mereka, hampir di semua media layanan iklan mereka selalu tampil mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Seperti di iklan dan acara TV, media online seperti Youtube dan mereka banyak bekerjasama dengan perusahaan ternama. Jadi, tak heran kalau pada tahun 2018 ini Ruang Guru sedikit melejit popularitasnya ketimbang Quipper karena iklannya yang bertebaran dimana-dimana dan benar-benar masif.
 

3. Fitur dan Layanan

Nah, mungkin perbedaan ini yang paling penting buat kamu agar bisa memilih, apakah akan menggunakan Quipper atau Ruang Guru untuk menemani kami belajar nantinya.

Untuk poin fitur dan layanan ini akan saya bahas lebih panjang agar informasi yang saya sajikan bisa lebih jelas dan dapat memberikan manfaat buat kamu yang masih bingung dalam menentukan pilihan.

#Quipper

Fitur dan Layanan Quipper Video

Fitur Dasar Quipper Video

Fitur dasar Quipper Video ada 3, sebenarnya kalau fitur lain di dalam akun Quipper sangat banyak. Tapi, kami ingin menjelaskan fitur yang paling utama saja:
  • Video Pembelajaran; Fitur ini menyajikan konten materi pelajaran dalam bentuk video
  • Latihan Soal dan Pembahasan; Terdapat soal latihan dan pembahasan di setiap materi pelajaran
  • Catatan Belajar; Catatan belajar ini berisi rangkuman materi pelajaran yang ada pada video pembelajaran

Layanan Quipper Video

Quipper Masterclass

Layanan Quipper masterclass ini memungkinkan kamu untuk menanyakan materi pelajaran yang kamu anggap sulit. Di Quipper masterclass ini kamu bisa nanya tutor dan sekaligus mendapat bimbingan dari para kakak pembimbing Quipper dalam hal penentuan jurusan dan penentuan tujuan kuliah kamu yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Contoh materi belajar Quipper Video

 
Materi Fisika Kelas 12 – Gelombang



#Ruang Guru

Fitur dan Layanan di Ruang Guru

Fitur Ruang Guru
Untuk kegiatan belajar sama halnya dengan Quipper, Ruang Guru juga menyajikan konten video, latihan soal dan rangkuman materi pelajaran. Yang diakses melalui Ruang Belajar.


Untuk layanan yang disajikan di Ruang Guru memiliki banyak pilihan diantaranya:

  1. Ruang Belajar; Untuk mengakses materi pelajaran
  2. Ruang Les online; Untuk menanyakan PR atau tugas
  3. Digital Bootcamp; Grup belajar online se-Indonesia
  4. Ruang Uji; Untuk mengikuti try out
  5. Ruang Les; Untuk mencari guru privat dan bisa kamu panggil datang ke rumah untuk mengajar kamu
  6. Ruang Kelas; Layanan learning management system sbagai saranan kelas virtual untuk para guru dan murid.


Contoh materi belajar di Ruang Guru 

Fisika Kelas 12 – Rangkaian Listrik

Dari kedua konten Video di atas baik Quipper maupun Ruang Guru menurut saya, sama-sama menarik untuk disimak jika dibandingkan gaya belajar di sekolah yang terkesan monoton dan membosankan.

Perbedaan Mendasar

Fitur layanan yang disajikan oleh Ruang Guru lebih banyak pilihan daripada Quipper.

Ruang Guru unggul di layanan yang diberikan variatif dan banyak pilihan
Quipper lebih unggul dari segi kualitas penyampaian materinya, ini berdasarkan beberapa chat siswa yg masuk ke WA saya, dan mereka pernah menggunakan Ruang Guru dan Quipper.

Ini salah satu contoh chat siswa yang masuk.

Chatnya seperti ini:

“Kak, aq dpt diskon dri bimbel online lain yang harganya murah banget, tapi aq krng ska dgn appnya, pnjlsn tutornya susah dipahami, trus mnrt aq quipper app yg the best…”

Keterangan:

Anak yang chat ini sudah mendaftar di Ruang Guru dan sudah ikut bimbel konvensional juga di Ganesha.

4. Harga Paket Berlangganan

Untuk masalah harga kedua bimbel ini baik Quipper maupun Ruang Guru menawarkan harga yang variatif sesuai paket yang ditawarkan, dan harga yang ditawarkan bersifat fleksibel artinya tidak tetap, jadi saya tidak berani membahas harga dengan angka pasti karena tiap semester atau tiap tahun selalu berubah, jadi alangkah baiknya saya tidak membahas angka ya.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengecek harganya langsung di situs resmi mereka, untuk Quipper cek di http://quipper.com/di/video, dan untuk harga paket di ruang guru cek di https://ruangguru.com/. Kedua bimbel online ini menawarkan paket beragam, mulai paket 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun

5. Kekurangan dan Kelebihan

#Quipper

Kekurangan

  • Materinya sangat terbatas hanya untuk kelas 9-12 (SMP-SMA)
  • Pilihan paketnya terbatas materi SMP dan SMA (Saat ini hanya ada paket 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun)

Kelebihan

  • Kualitas penyampaian materinya lebih baik, ini berdasarkan laporan siswa yang menggunakan kedua bimbel ini.
  • Materi belajarnya lebih fokus untuk persiapan UN dan SBMPTN (Untuk anak SMP dan SMA Quipper pilihan yang sangat tepat)
  • Paket komplit ( Saat kamu membeli paket belajar di Quipper kamu sudah mendapatkan semua akses materinya, mulai materi SMP, SMA, UN, SBMPTN dan try out online) lebih hemat dan wort it banget!

#Ruang Guru

Kekurangan

  • Terlalu banyak pilihan paket yang beragam terkadang membingungkan buat kamu yang baru tahu Ruang Guru. Untuk memilih paket, sedikit tidak kamu harus banyak bertanya ke cs mereka agar kamu lebih paham dan busa memilih paket yang tepat.
  • Paket belajar yang ditawarkan dipisah-pisah, misalnya paket Ruang Belajar itu khusus materi pelajaran dan video pembelajaran. Untuk lebih jelasnya lihat di bawah.

Kelebihan

  • Fitur yang ditawarkan beragam, jadi kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu, seperti Ruang Belajar, Digital Boot Camp, Ruang Les, Ruang Kelas, Ruang Uji, dll.
  • Materinya lebih lengkap untuk siswa SD, SMP, SMA, UN dan SBMPTN.
  • Kelebihan yang tidak dimiliki bimbel online lain adalah fitur Digital Boot Camp, yaitu berupa grup belajar online untuk pengguna Ruang Guru seluruh Indonesia.

Tips

Jika kamu masih bingung dalam memilih Quipper atau Ruang guru, alangkah baiknya kamu mencoba trial/uji cobanya dulu yang versi gratis, atau kamu bisa ambil paket 1 bulan agar kamu lebih bisa menentukan pilihan, karena tiap orang memiliki gaya belajar dan kenyamanan yang berbeda, ada yang cocok dengan Quipper ada juga yang lebih cocok dengan Ruang Guru.

Untuk saat ini hanya itu saja yang dapat saya informasikan, dan informasi ini akan terus saya update secara berkala sesuai perkembangan informasi dari kedua bimbel ini. Jika kamu ada masukan terkait informasi ini mohon disampaikan di kolom komentar di bawah ya. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

Kamu termasuk siswa jurusan IPA atau IPS kah saat di SMA dulu? Pemilihan jurusan IPA ataup…