Categories: Kuliah

7 Perguruan Tinggi yang Masih Buka Jalur Mandiri Sampai Akhir Agustus

Share

Halo guys! Ga terasa ya, sudah 3 hari berlalu semenjak pengumuman SBMPTN 2020 tanggal 14 Agustus kemarin. Selamat bagi kamu yang berhasil lolos dan masuk ke perguruan tinggi impian. Namun, untuk kamu yang belum lolos jangan berkecil hati guys, tenang ada banyak jalan kok menuju perguruan tinggi impian.

Salah satunya bisa melalui ujian mandiri atau sering disebut utul guys. Ujian ini biasanya dilaksanakan setelah pengumuman SBMPTN. Nah, aku bakal share nih ke kamu, kira-kira universitas mana aja sih yang masih membuka jalur mandiri? Terus, kira-kira berapa ya pengeluaran yang diperlukan?

Tenang guys, aku akan share di bawah ini. Jangan bersedih yaa,

7 Perguruan Tinggi yang Masih Buka Jalur Mandiri

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Oke, kampus pertama datang dari Jawa Barat guys. Pastinya kamu udah ga asing kan dengan universitas satu ini? Nah, kampus gudangnya anak teknik ini udah membuka jalur mandirinya sejak kemarin guys.

Jalur mandiri ITB akan ditutup pada tanggal 22 Agustus 2020. Kamu harus siap-siap ya. Ga hanya itu sobat, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu nih tentang jalur mandiri ITB tahun ini.

Pertama, jalur ini hanya menampung 30% dari total daya tampung. Kamu perlu ingat guys, jalur mandiri tahun ini akan diadakan super ketat juga. Pesertanya berasal dari siswa yang belum lolos seleksi bersama seperti SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi kelas internasional.

Kedua, berdasarkan situs resmi ITB, penyelenggara sendiri menggunakan sistem penilaian berdasarkan hasil UTBK, nilai rapor, dan kriteria lain yang dikeluarkan per fakultas ya guys. Tak lupa, untuk kamu yang berminat di seni, tolong sertakan hasil tes kemampuan seni rupa.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Oke, kita menuju salah satu institut terkemuka lainnya di Indonesia. Institut satu ini terkenal sebagai saingan resmi dari ITB Bandung guys, rumornya sih begitu. Nah, kalau ITB kaya akan anak-anak dengan teknik sains, ITS sendiri memiliki keunggulan di Teknik Mesin dan Teknik Perkapalannya.

Nah, untuk ITS sendiri membagi 2 seleksi mandiri yang akan dilakukan. Pertama, adalah seleksi kemitraan yang diberikan pada siswa SMA/MA/SMK. Persyaratannya pun sesuai dengan yang ditentukan dari ITS dan merupakan utusan dari mitra (bisa sebuah perusahaan/Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kabupaten/Pemerintah Kota). Di mana memiliki jalinan kerja sama dengan kampus ITS.

Kedua, adalah seleksi mandiri yang memang diperuntukkan bagi setiap siswa di semua sekolah menengah atas sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh ITS. Pendaftaran jalur mandiri ini dibuka pada tanggal 22 Agustus 2020, pengumumannya sendiri akan dilaksakan pada tanggal 28 Agustus 2020.

Ingat guys, daya tampung dari ITS sendiri sebesar 50% dari total daya tampung tiap prodi.

3. Universitas Sebelas Maret Solo (UNS Solo)

Kita lanjut ke Jawa Tengah, tepatnya di kota Solo terdapat sebuah universitas yang ga kalah keren nih. UNS sendiri membuka jalur seleksi mandiri yang akan berlangsung pada tanggal 19 Agustus 2020.

Jalur mandiri tahun ini dibagi menjadi 4 jenis guys. Pertama, seleksi mandiri jalur ujian. Seleksi ini diperuntukkan bagi setiap siswa kelas menengah atau sederajat dengan batas waktu paling lama 3 tahun terakhir. Calon mahasiswa diwajibkan menggunakan nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT atau UTUL (Ujian Tulis) yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret.

Kedua, jalur ini diperuntukkan bagi siswa sekolah menengah atas yang menjadi mitra bagi UNS. Sama seperti ITS, jalur ini khusus digunakan bagi kamu siswa-siswi yang menjadi utusan sebuah perusahaan sampai pemerintah daerah. Selain itu, kamu juga diwajibkan memiliki perjanjian kesepahaman kerja sama dengan UNS. Biasanya berbentuk seperti nota (MoU).

Ketiga, seleksi jalur mandiri prestasi. Jadi, jalur ini diperuntukkan bagi kamu siswa sekolah menengah atas dan sederajat yang memiliki beragam prestasi baik secara akademik maupun non akademik guys. Bisa berupa olimpiade sains, karya ilmiah remaja, olahraga, keagaamaan dan seni.

Terakhir, adalah jalur yang khusus diperuntukkan bagi kamu siswa SMA dan sederajat atau SLB (Sekolah Luar Biasa) yang memiliki keterbatasan khusus tetapi, diyakini mampu menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selanjutnya ada Universitas Negeri Yogyakarta yang membuka beberapa jalur mandiri. Pendaftarannya telah dibuka dan akan ditutup pada 26 Agustus mendatang. Terdapat beberapa syarat yang dikeluarkan UNY terhadap calon mahasiswanya.

Beberapa syarat tersebut seperti, sehat dan negatif dari Covid-19, siswa dapat berasal dari seluruh penjuru di tanah air, dan tes akan dilakukan secara online. UNY membuka beberapa jalur mandiri antara lain,

  1. Jalur mandiri UTBK yang  dilaksanakan pada tanggal 21 Juli-26 Agusutus 2020
  2. Jalur CBT Domisi S1 yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli-23 Agustus 2020
  3. Jalur Prestasi Olahraga Unggul yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli-19 Agustus 2020

Untuk info lengkapnya kamu bisa langsung mengunjungi website resmi dari UNY ya guys!

5. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Kita kembali ke Jawa Barat, universitas yang terletak di Bandung ini menyelenggarakan seleksi ujian mandiri melalui 2 metode seleksi guys. Pertama, menggunakan nilai UTBK dan menggunakan ujian daring yang diselenggarakan oleh pihak UNPAD sendiri nih.

Jadi, bagi kamu yang hendak mendaftar jalur mandiri di UNPAD maka kamu hanya perlu memilih salah satu cara di atas. Khusus untuk kamu yang tidak mengikuti UTBK maka wajib mengikuti ujian daring yang diselenggarakan UNPAD guys.

Untuk informasi lengkapnya kamu bisa langsung mampir ke website resmi dari Universitas Padjajaran. Rencananya pengumuman akan diadakan pada tanggal 23 Agustus 2020.

6. Universitas Negeri Semarang (UNS)

Next, kita ke Semarang guys! Universitas Negeri Semarang atau yang sering disapa sebagai UNNES membuka jalur mandiri yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agusutus 2020. Sementara itu, pengumumannya akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020 ya guys.

Oke, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui nih tentang ujian mandiri tahun ini. Pertama, kamu wajib membuat portofolio sebagai mengganti dari ujian tertulis akibat wabah Covid-19. Nah, kamu juga diwajibkan hanya memilik2 prodi saja guys. Baik prodi kategori SAINTEK sampai prodi kategori SOSHUM.

7. Universitas Hassanudin (UNHAS)

Yap, terakhir ada Universitas Hassanudin nih guys. Universitas satu ini membuka jalur penerimaaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri yang akan dilakukan pada 3 kelas sekaligus! Pertama, seleksi mandiri bagi sarjana, Vokasi, sampai kelas internasional lhoo!

Nah, pendaftarannya akan dibuka dari tanggal 25 Juli 2020 sampai 25 Agustus 2020. Sementara jalur mandiri vokasi akan dibuka pada tanggal 23-24 Agustus 2020 dan terakhir, jalur kelas internasional pada tanggal 26-28 Agustus 2020.

Nah, di atas adalah beberapa universitas yang masih membuka jalur mandiri sampai akhir Agustus nanti guys. Kalau kamu bertanya tentang UGM dan UI? Waduh, sayang sekali sobat SIMAK UI atau sebutan sebagai ujian mandiri untuk UI telah dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus kemarin, sebelum pengumuman SBMPTN sendiri.

Sementara itu, UGM sendiri juga membuka jalur mandirinya sejak tanggal 15 Juli sampai 10 Agustus guys. Tepat 4 hari sebelum pengumuman SBMPTN 2020. Nah, dengan adanya jalur mandiri ini kamu masih bisa kok mengejar impian untuk masuk ke kampus favorit.

Ingat guys, jangan sampai ketinggalan yaa! Terus Semangatt!

This post was last modified on August 20, 2020 9:39 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

Resensi Buku Aku Ahli Gizi

Buat kamu yang sedang berpikir untuk masuk kuliah ilmu gizi dan bingung mencari referensi, kamu… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu ICY

Lagu yang fresh dan menyenangkan memang asyik di dengar. Tidak hanya untuk didengarkan saja, tetapi… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Bisa Kamu Ambil Dari Film A Long Visit

Salah satu film yang asyik untuk ditonton selama masa pandemic adalah film yang berjudul “My… Read More

September 25, 2020

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat - Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk… Read More

September 25, 2020

6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia, Tertarik Masuk?

Sekolah Kedinasan Terbaik - Guys, kamu pasti udah ga asing dong mendengar beberapa sekolah seperti… Read More

September 25, 2020

8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Hayoo siapa nih di antara kalian yang udah melangsungkan ujian tengah semester? Yap, beberapa sekolah… Read More

September 24, 2020