Categories: Edukasi

8 Perlengkapan Filateli Yang Harus Kamu Tahu

Share

Kamu pasti sudah tidak asing bukan dengan yang namanya filateli? Kegiatan atau hobi satu ini memang menarik untuk dibahas. Jika sebelumnya kamu sudah mengenal apa itu filateli dan perkembangan serta manfaatnya, sekarang kamu harus tahu apa saja sih perlengkapan filateli. Yuk simak informasi berikut!

Perlengkapan Filateli

1. Penjepit Perangko

Penjepit perangko adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh seorang filatelis lho. Fungsinya ada banyak, yaitu untuk menyusun perangko ke dalam album perangko, memindahkan perangko dari satu album ke album yang lain, dan masih banyak lagi, Penjepit perangko yang digunakan adalah penjepit atau pinset yang terbuat dari logam tahan karat. Kamu bisa membelinya di toko perangko.

Kenapa penjepit perangko sangat diperlukan? Karena kamu harus menghindari untuk memegang perangko dengan jari tangan. Hal ini dilakukan agar perangko-perangko milikmu tidak ada yang rusak. Jika perangko dipegang menggunakan tangan maka dapat merusak perangko. Hasilnya, akan ada noda atau warna kekuningan yang dapat menurunkan harga dari perangko tersebut.

2. Album Perangko

Album perangko dibedakan menjadi dua, yaitu menurut cara menyimpan perangko dan menurut keperluannya. Masing-masing terdiri dari dua macam.

Menurut cara menyimpan perangko, album perangko dibedakan menjadi dua yaitu album tempel dan album sisipan.Sedangkan menurut keperluannya, album perangko dibedakan menjadi dua yaitu album blangko dan album bergambar.

Album tempel merupakan album perangko dimana perangkonya ditempelkan pada lembaran album dengan cara menggunakan engsel (hinges), tidak boleh langsung. Sedangkan album sisip merupakan album yang memuat kantong-kantong tembus pandang. Perangko tinggal disisipkan saja dan perekatnya tidak terganggu.

Album blangko atau yang disebut dengan album polos merupakan album yang tidak bergambar. Lembarannya memuat garis-garis bersilang halus dalam bingkai. Album ini dapat mengasah kreativitasmu lho karena kamu harus menggambar sendiri kotak-kotak perangkonya menurut selera dan bakatmu.

Sedangkan album bergambar merupakan album yang menyediakan tempat untuk semua penerbitan. Pada album ini diberi kotak-kotak untuk setiap perangko yang disertai dengan gambarnya, dan disusun dalam seri-seri menurut tanggal terbitnya.

Kamu tidak perlu menyusun sendiri seri-serinya karena tiap tahun diterbitkan, maka ada lembar album tambahan untuk penerbitan yang baru.

3. Engsel Perangko

Tahukah kamu apa itu engsel perangko? Engsel perangko atau disebut juga dengan hinges, merupakan carik kertas minyak yang salah satu sisinya berperekat untuk menempelkan perangko pada album atau kertas pameran.

Engsel perangko dibagi menjadi dua macam, yaitu engsel perangko yang diberi perekat hanya pada satu sisinya dan engsel perangko yang diberi perekat pada kedua sisi.

Engsel perangko yang diberi perekat pada satu sisinya, sudah terlipat dua. Lipatan kecil ditempelkan pada belakang perangko sebelah atas, sedangkan lipatan yang lebih besar dilekatkan pada lembaran album.

Hal ini dapat membantumu lho, karena perangko dapat dibalik dengan penjepit perangko untuk diperiksa bagian belakangnya ada yang bercacat atau tidak.

Sedangkan engsel perangko yang diberi perekat pada kedua sisinya merupakan bagian belakang sebelah atas dari bagian muka sebelah bawah dan terlipat dua. Perangko yang menggunakan engsel ini hasilnya akan tampak seperti menggantung dan jika kamu ingin memeriksanya maka bagian belakang perangkonya cukup diangkat sedikit dengan menggunakan penjepit perangko.

4. Kaca Pembesar

Kaca pembesar ini sangat diperlukan oleh filatelis untuk melihat apakah di perangko ada cacat yang dapat menurunkan harga perangko. Cacat pada perangko tidak mudah untuk dilihat sehingga membutuhkan kaca pembesar. Kamu bisa menjumpai bermacam-macam kaca pembesar.

Ada yang kaca pembesar dengan bentuk lipatan dan ada pula yang berbentuk panjang memakai lampu seperti senter. Namun, pada umumnya, kaca pembesar yang digunakan adalah kaca pembesar yang memakai tangkai pemegang.

5. Pencari Tanda Air

Pencari tanda air atau yang disebut juga dengan watermark detector merupakan alat yang digunakan untuk mencari tanda air pada perangko untuk mengetahui apakah tanda air itu palsu atau tidak.

Tanda air merupakan tanda yang terletak di bagian kertas perangko dan tembus cahaya, tujuannya adalah untuk mempersulit pemalsuan perangko. Tanda air ada bermacam-macam. Ada yang berbentuk gelombang, lingkaran kecil, garis silang, dan lain-lain.

6. Pengukur Perforasi

Perforasi adalah salah satu hal penting dalam filateli. Perforasi adalah lubang-lubang kecil yang terdapat antara perangko-perangko yang berada di dalam sebuah lembaran perangko.

Hal ini dimaksudkan agar satu perangko dapat dipisahkan dari perangko lainnya yang terdapat dalam satu lembaran perangko. Alat yang digunakan adalah alat pengukur perforasi yang terbuat dari karton atau plastik.

7. Lampu Ultra Violet

Lampu ultra violet digunakan untuk memudahkan penyortiran surat-surat pada mesin otomat dan pengamanan cetak perangko pada perangko yang mengandung fosfor. Perangko ini akan menyala apabila disinari oleh lampu ultra violet.

8. Katalog Perangko

Katalog perangko diperlukan oleh seorang filatelis agar tidak kehilangan arah dalam mengumpulkan perangko. Dengan adanya katalog perangko, para filatelis dapat mengingat data pada setiap perangko yang dikumpulkannya. Sehingga dapat mengikuti naik turunnya harga pasaran perangko.

Katalog perangko dibedakan menjadi dua jenis, yaitu katalog perangko yang khusus diterbitkan untuk negara tertentu dan katalog perangko sedunia (katalog dunia).

Katalog perangko yang khusus diterbitkan untuk negara tertentu sudah pernah beberapa kali diterbitkan di Indonesia. Sedangkan katalog perangko sedunia juga sudah pernah diterbitkan dalam beberapa bahasa dan memuat perangko terbitan seluruh dunia.

Nah, itulah delapan perlengkapan filateli yang harus kamu tahu. Apakah kamu sudah mulai tertarik dengan dunia filateli dan mulai ingin menekuninya? Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Desember 6, 2020 4:01 am

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

10 Rekomendasi Sekolah Model Terbaik di Indonesia! Siap Membimbingmu Menjadi Model Papan Atas!

Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita menjadi seorang model? Yap, profesi satu ini memang… Read More

April 23, 2021

10 Prospek Pekerjaan Ilmu Komunikasi yang Wajib Kamu Ketahui! Jangan Sampai di Skip guys!

Ada banyak banget nih prospek pekerjaan ilmu komunikasi di dunia ini. Yap, ilmu komunikasi atau… Read More

April 23, 2021

6 Langkah Morning Routine Pelajar Selama Pandemi! Dijamin Semangat Lagi!

Masa pandemic covid-19 ini bikin semua kegiatan dihentikan termasuk sekolah. Kamu jadi harus belajar di… Read More

April 22, 2021

6 Cara Mengetahui Potensi Diri Kamu, Super Mudah Lho!

Hai guys! Kalian tahu dong kalau setiap orang pasti memiliki potensi atau kemampuan diri yang… Read More

April 22, 2021

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Analis Kesehatan

Tampilkan Pos Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar tentang profesi analis kesehatan yang ada di… Read More

April 22, 2021

Kamu Perlu Tahu, Inilah Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Tidak terasa ya sebentar lagi sudah masuk kuliah bagi calon mahasiswa baru. Mungkin diantara kamu… Read More

April 21, 2021