Categories: Kuliah

Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Kamu Menjadi Mahasiswa Baru

Share

Menjadi mahasiswa baru adalah suatu kebahagiaan tersendiri karena kamu akan masuk ke dunia baru yaitu dunia perkuliahan. Kehidupan di bangku perkuliahan berbeda dengan kehidupan di bangku sekolah. Banyak mahasiswa baru yang masih bingung bagaimana caranya menghadapi masa-masa di awal perkuliahan. Berikut adalah tips mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru agar kamu bisa mengawali dunia perkuliahanmu dengan baik.

6 Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Mahasiswa Baru

1. Mempersiapkan kebutuhan kuliah

Kebutuhan kuliah tentu saja perlu untuk dipersiapkan jika kamu sudah menjadi mahasiswa baru. Kebutuhan kuliah yang dimaksud adalah buku, alat tulis, dan alat pendukung lainnya. Buku-buku yang harus kamu siapkan antara lain buku panduan, buku materi, buku catatan, dan juga kalau dibutuhkan kamu juga bisa menyiapkan buku agenda untuk mengatur jadwal dan mencatat daftar apa saja tugas dan kegiatan yang harus kamu lakukan.

Alat tulis harus kamu persiapkan tidak hanya alat tulis berupa pulpen, pensil, atau penghapus saja. Tetapi termasuk alat tulis lainnya yang mungkin kamu butuhkan, seperti spidol, pensil warna, stabile, dan sebagainya. Alat pendukung lainnya yang dimaksud adalah kalkulator bagi kamu yang masuk jurusan yang membutuhkan hitung-hitungan, jas laboratorium, dan perlengkapan praktikum lainnya.

2. Persiapkan mental

Memasuki dunia baru harus dibarengi dengan persiapan mental yang baik. Bangku perkuliahan yang berbeda dengan bangku sekolah membuat kamu sebagai mahasiswa baru harus menyiapkan mental untuk persaingan yang lebih luas. Jika saat SMA, kamu hanya bersaing dengan teman-teman sedaerahmu, maka saat kuliah kamu akan bersaing dengan teman-teman se-Indonesia.

Persiapan mental juga tidak hanya dibutuhkan untuk persiangan dan kemampuan bertahan di bidang akademik, namun kamu juga membutuhkan persiapan mental untuk menghadapi kehidupan di bangku perkuliahan yang menuntut kamu untuk selalu cepat tanggap, tangguh, disipilin, berani, dan sebagainya.

3. Mendisiplinkan diri

Sebagai mahasiswa baru, kamu akan menerima jadwal kuliah yang sudah ditentukan jadwalnya atau telah kamu atur jadwalnya. Karena jadwal kuliah dan jadwal sekolah berbeda, kamu harus mulai mendisiplinkan dirimu untuk beraktivitas sesuai dengan kebutuhan dan jadwal kuliah yang kamu miliki agar waktumu di bangku kuliah dapat digunakan secara baik dan optimal. Bagilah waktumu untuk belajar, persiapan mengikuti organisasi, mengikuti kegiatan lainnya, atau melakukan aktivitas yang kamu sukai.

4. Beradaptasi dengan lingkungan

Sebagai mahasiswa baru, kamu mungkin masih asing dengan lingkungan sekitarmu. Namun, kamu harus cepat beradaptasi. Misalnya, kamu harus mulai mengenal lingkungan fakultasmu, kampusmu, lingkungan sekitar kost atau kontrakan, dan lainnya. Dengan beradaptasi, kamu dapat menyesuaikan kehidupanmu yang mungkin dulu mempunyai kebiasaan yang berbeda serta bisa tidaknya kebiasaan itu diterapkan di dalam lingkungamu yang baru.

5. Membaur dengan teman baru

Mahasiswa baru juga manusia biasa yang merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, kamu tentu tidak dapat hidup sendirian. Kamu pasti membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa baru, kamu harus cepat membaur dengan teman barumu. Beberapa mahasiswa tidak dapat berbaur dengan semua atau berbagai karakter teman, namun alangkah baiknya jika kamu membuka diri untuk berteman dengan siapa saja. Hanya saja kamu harus memilah teman mana yang dapat memberikan pengaruh yang baik dalam kehidupanmu di dunia perkuliahan kelak.

6. Mengenal karakter dosen

Sama halnya dengan sekolah, karakter guru ada bermacam-macam. Begitu juga saat kuliah, karakter dosen berbeda-beda. Di awal perkuliahan, sebaiknya kamu menyimak dengan baik mengenai kontrak perkuliahan dan mengenal karakter dosenmu. Ini akan membantu kamu agar kamu bisa menyesuaikan diri dan bagaimana harus bersikap. Begitu juga saat mengerjakan tugas, kenalilah bagaimana standar penilaian dosenmu agar kamu mendapatkan nilai yang baik.

Itulah beberapa tips apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru. Kamu dapat menerapkannya mulai sekarang. Walaupun kamu sudah menjadi mahasiswa, kamu juga dapat menerapkannya agar dapat berubah menjadi lebih baik. Jangan lupa bagikan tips dan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on July 12, 2020 9:06 am

Mirna Rahmasari

Alumni Gizi Masyarakat IPB angkatan 49. Konselor ahli gizi dan hobi menulis. Follow Instagram : @mirna__r

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Ringkasan Materi IPA Kelas 9 Bab 2 | Sistem Reproduksi pada Tumbuhan

Sistem Reproduksi tidak hanya terdapat pada manusia, hewan dan tumbuhan pun memiliki sistem reproduksi. Sistem… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 8 Bab 2 | Usaha dan Pesawat Sederhana

Apa yang kamu ketahui tentang pesawat sederhana? Apakah sebuah pesawat terbang? Apa sajakah jenis –… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 6 | Transformasi Energi, Metabolisme, Sistem Pencernaan

Energi bisa bertransformasi kedalam sel? Apakah yang disebut anabolisme dan katabolisme? Jawabannya adalah... ada didalam… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 6 | Energi dalam Sistem Kehidupan

Sering mendengar energi terbarukan dan energi tak terbarukan ketika menonton berita? Sebenarnya apa sih energi… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 5 | Kalor dan Perpindahannya

Mengapa ketika menjemur baju, baju yang lebih hitam lebih cepat kering daripada warna yang lain?… Read More

July 31, 2020

Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 4 |Suhu dan Perubahannya

Sudah mengerti tentang termometer? Apa saja jenis – jenis termometer? Sudah mengerti tentang pemuaian? Pemuaian… Read More

July 31, 2020

Website ini menggunakan Cookie