Categories: OSIS

9 Program Kerja OSIS Masa Pandemi, Menarik dan Inovatif!

Share

Program Kerja OSIS Masa Pandemi – Halo guys! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat walau hampir 2 tahun pembelajaran harus dilakukan secara daring. Ngomongin pandemi dan sekolah maka ga jauh-jauh ada organisasi OSIS yang seringkali menyita kesibukanmu sebagai pelajar sewaktu offline.

Kira-kira, apa kabar organisasi OSIS-mu? Apakah masih berjalan atau terhambat total? Nah, kebetulan hari ini penulis mau membagikan beberapa inovasi program kerja OSIS selama pandemi. So, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya.

Program Kerja OSIS di Masa Pandemi

1. Sie. Olahraga

Members Of Female High School Soccer Playing Match

Inovasi program kerja OSIS masa pandemi yang pertama datang dari Sie. Olahraga. Mungkin beberapa dari kamu menyebutnya sebagai bidang olahraga, sekbid olahraga, dan masih banyak lagi.

Sewaktu offline sendiri bidang ini pasti mengepalai berbagai kegiatan seru. Sayangnya, semenjak pandemi kegiatan tersebut harus terhambat. Namun, tenang. Kamu tetap bisa mengadakan perlombaan lho.

Misalnya lomba E-Sport. Yap, game menjadi salah satu hal yang digandrungi remaja. So, jangan sia-siakan kesempatan ini guys. Mulai dari Mobile Legend, Volta, Dota, dan masih banyak game seru yang bisa diperlombakan antar tim.

2. Sie. Humas

Next, inovasi program kerja OSIS masa pandemi yang kedua datang dari Humas. Di sekolah penulis sendiri Humas (Hubungan Masyarakat) menjadi bidang yang mengurus bebagai postingan di Instagram sampai Youtube.

By the way, dulu penulis juga bergabung ke dalam Sie. Humas ini temen-temen. Berhubung online, penulis sarankan agar kamu lebih aktif di bidang Instagram, Line, atau bahkan Tiktok.

Kamu bisa rajin-rajin upload story mengenai This or That, Bingo, rekomendasi buku atau film, mengadakan give away sederhana, atau bekerja sama dengan divisi lain untuk mengadakan campaign terkait isu-isu terkini.

Jangan lupa, seminggu atau sebulan sekali adakanlah challenge-challenge menarik di Instagram atau Tiktok. Sehingga kamu sebagai OSIS tetap terhubung dengan siswa lain walaupun tak bisa bertemu langsung.

3. Sie. Kesenian

Group of young people enjoying solo performance on rooftop terrace

Inovasi program kerja OSIS masa pandemi berikutnya datang dari sie. Kesenian. Wah, jujur ada banyak banget ide proker yang bisa kamu tuangkan walaupun pandemi masih berlangsung guys.

Mulai dari konser virtual, live music melalui Instagram atau Youtube, wawancara musisi, sampai mengadakan pojok sastra. Nah, saran penulis, kamu wajib sering-sering bekerja sama dengan Sie. Humas nih.

Supaya kalian bisa merencanakan ide event yang populer dan menarik di kalangan anak-anak. Kamu juga bisa mengadakan challenge seperti me-repost berbagai musik cover dari siswa-siswa lainnya.

4. Sie. Iptek

Oke, program kerja OSIS selama pandemi berikutnya penulis buat untuk kamu yang kini menjabat di Sie. Iptek. Bidang ini sendiri bertanggung jawab di berbagai kegiatan yang berhubungan dengan editing gambar sampai video.

Nah, program kerja yang bisa kamu lakukan contohnya mengadakan lomba desain poster, mengadakan lomba fotografi, dan jangan lupa untuk selalu update berbagai info yang sedang trending dengan Sie. Humas.

5. Sie. Kemasyarakatan

Birhday Invitation Card Design

Nah, bidang satu ini mungkin tidak umum di sebagian dari kamu. Beberapa sekolah menggabungkan kemasyarakatan dengan humas atau olahraga.

Umumnya, job desk seorang sie. kemasyarakatan ialah mengoordinasi kegiatan supporter saat sekolah sedang melakukan perlombaan. Sayangnya, semenjak pandemi kegiatan supporter pun ikut ditiadakan. Namun, kamu tetap bisa menerapkan berbagai program kerja lain lho.

Salah satunya ialah kartu ucapan ulang tahun. Yap, dulu penulis sempat merekomendasikan proker ini dan ternyata berlangsung dengan baik. So, kamu bisa coba melakukan hal yang sama gengs.

Caranya mudah kok, kamu bisa membuat ucapan selamat ulang tahun atau wish yang baik untuk setiap siswa di sekolah. Pengirimannya cukup melalui email yang bisa kamu buat template terlebih dahulu. Proker ini sendiri berguna untuk menjangkau beberapa siswa yang mungkin dikucilkan atau tidak memiliki teman akrab di sekolah.

6. Sekretaris

Yup, sekarang kini akan memasuki berbagai program kerja OSIS selama pandemi khusus untuk BPH. Nah, umumnya nih sekretaris akan memegang notulensi atau kegiatan catat-mencatat selama rapat.

By the way, di sekolah penulis sendiri, sekretaris juga bertanggung jawab dalam satu kegiatan penting lho, yakni Hari Guru. Kamu juga bisa terapkan proker ini di sekolahmu gengs. Sewaktu offline sendiri, Hari Guru pasti dirayakan dengan meriah.

Akan tetapi, kamu juga tetap bisa merayakan hari guru dengan meriah lho. Contohnya mengirim setangkai bunga beserta surat ucapan terimakasih ke setiap meja guru. Kegiatan ini tentunya tetap bisa dilakukan karena tidak membutuhkan banyak orang.

8. Bendahara

Hand putting Coins in glass jar for giving and donation concept

Program kerja OSIS selama pandemi berikutnya khusus untuk bendahara. Di OSIS sendiri bendahara memiliki tugas untuk mengatur keuangan anggota. Selain itu, bendahara juga bisa mengadakan sebuah kegiatan seru lho.

Salah satunya membuka penggalangan dana untuk mereka yang terdampak Covid-19. Penggalangan ini bisa berupa uang atau barang-barang yang masih layak guna. Mulai dari buku baca, sepatu, atau bahkan seragam layak pakai.

9. Wakil ketua OSIS

Terakhir, ada program kerja OSIS selama pandemi yang wajib dilakukan seorang wakil ketua OSIS nih. Yap, umumnya waketos memiliki job desk untuk membantu ketua OSIS sekaligus mengepalai kegiatan perekrutan anggota baru.

Event ini termasuk ke dalam salah satu agenda penting dari setiap angkatan OSIS. Kamu bisa melakukan serangkaian acara perekrutan secara online dan jangan lupa untuk menyertakan berbagai sesi sampai game yang mampu memancing kekompakan.

Nah, itu tadi  beberapa program OSIS selama pandemi yang bisa kamu terapkan juga di sekolahmu gengs. Penulis harap, berbagai program di atas bisa kamu contoh atau kembangkan dengan lebih kreatif lagi.

Kegiatan OSIS di Masa Pandemi

Oh iya, jangan lupa untuk tetap membagi waktu belajar dan berorganisasi secara adil ya. So, semangat teman-teman semua!

This post was last modified on November 15, 2021 4:48 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

5 Cara Mengajari Anak Menulis dengan Cepat dan Lancar!

Halo Moms, gimana nih kabarnya? Semoga Moms dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan kali… Read More

April 30, 2022

5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau… Read More

April 29, 2022

9 Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri, Gaji Terjamin dengan Peluang Kerja yang Luas

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam… Read More

April 29, 2022

12 Rekomendasi Buku Mahasiswa Ilmu Politik yang Wajib Dibaca Sebelum Masuk Kuliah

Penulis ucapkan selamat kepada kamu yang tahun ini berhasil diterima di berbagai perguruan tinggi impian… Read More

April 28, 2022

Ini Dia 11 Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin di Indonesia, Peluang Besar dan Gaji Menjanjikan

Siapa nih di antara kamu yang tertarik banget untuk masuk ke jurusan teknik mesin? Yap,… Read More

April 28, 2022

Ketahui 4 Fakta Menarik Jurusan Aktuaria yang Belakangan Banyak Digemari Pelajar Indonesia

Halo teman-teman semua! Apa kabar nih? Masih semangat ya untuk masuk ke kampus impian? Tenang… Read More

April 27, 2022