Ilmu Gizi

Daftar Program Studi S1 Ilmu Gizi Terakreditasi A di Indonesia

Share

Program studi S1 ilmu gizi merupakan salah satu program studi yang paling diminati oleh siswa SMA yang ingin melanjutkan kuliah. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih program studi salah satunya adalah akreditasi program studi itu sendiri.

Akreditasi program studi dapat menunjukkan kualitas program studi tersebut. Tidak semua program studi ilmu gizi di Indonesia terakreditasi A lho. Berikut adalah daftar program studi S1 ilmu gizi yang terakreditasi A dari beberapa universitas di Indonesia.

10 Kampus Terbaik untuk Jurusan Ilmu Gizi

1. Institut Pertanian Bogor

Program studi Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor berada di bawah naungan Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Tahukah kamu bahwa Fakultas Ekologi Manusia IPB adalah satu-satunya Fakultas Ekologi di Indonesia?

Selain itu, program studi Ilmu Gizi di IPB merupakan program studi ilmu gizi yang pertama kali mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Program Studi S1 Ilmu Gizi IPB juga tersertifikasi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Peminat program studi Ilmu Gizi di IPB selalu menjadi peringkat pertama saat penerimaan mahasiswa baru di IPB. Total daya tampung program studi Ilmu Gizi IPB pada tahun 2020 sebanyak 95. Sedangkan persentase keketatan peminat SNMPTN pada tahun 2019 sebesar 37,37% sedangkan SBMPTN sebesar 17,43%. Semakin besar presentase, maka persaingan semakin tinggi.

Kamu bisa melihat info lebih jauh mengenai program studi Ilmu Gizi IPB dengan mengakses website ini http://gizi.fema.ipb.ac.id/program-studi-s1/.

2. Universitas Indonesia

Program studi Gizi di Universitas Indonesia berada di bawah naungan Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Program studi Gizi UI sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Daya tampung program studi Gizi UI pada tahun 2020 yaitu 12 untuk SNMPTN, 18 untuk SBMPTN, dan 30 untuk SIMAK UI.

Program studi Gizi menempati urutan pertama untuk presentase keketatan pada tahun 2019 di Fakultas Kesehatan Masyarakat, yaitu sebesar 6,96% untuk pendaftar SNMPTN dan 8,60% untuk pendaftar SBMPTN. Sedangkan untuk pendaftar SIMAK UI menempati peringkat kedua di Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan presentase keketatan sebesar 1,39%. Semakin kecil presentase keketatan maka persaingan semakin tinggi.

Jika kamu berminat masuk S1 Gizi UI, kamu bisa melihat info lengkapnya di website ini https://www.fkm.ui.ac.id/gizi-s-gz/.

3. Universitas Diponegoro

Program studi Gizi di Universitas Diponegoro berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Program S1 Gizi Undip sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Daya tampungnya pada periode 2019/2020 sebesar 180 dengan rincian 36 untuk SNMPTN, 90 untuk SBMPTN, dan 54 untuk seleksi mandiri.

Total jumlah pendaftar sebesar 3949 orang, dengan rasio keketatan 1:21. Artinya, kamu harus bersaing dengan 21 orang untuk mendapatkan 1 peluang masuk ke program studi S1 Gizi Undip. Kamu bisa mencari info lebih jauh mengenai program studi Gizi Undip di website ini https://um.undip.ac.id/fakultas/detail/4/jurusan/36.

4. Universitas Airlangga

Program studi Ilmu Gizi di Universitas Airlangga berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Program S1 Ilmu Gizi Unair sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Daya tampung Gizi Unair pada tahun 2020 sebanyak 24 untuk SNMPTN, 36 untuk SBMPTN, dan 60 untuk Mandiri.

Program studi Ilmu Gizi Unair menempati peringkat kedua untuk keketatan jalur SNMPTN pada tahun 2019/2020 dengan presentase sebesar 4,58%. Untuk jalur SBMPTN menempati peringkat keenam dengan presentase 7,77%. Sedangkan untuk jalur mandiri menempati peringkat ketujuh dengan presentase 12,3%. Semakin rendah persentase keketatan menunjukkan semakin ketat persaingan untuk masuk jurusan tersebut.

Jika kamu berminat untuk masuk ke S1 Ilmu Gizi Unair, kamu bisa mencari info lebih lanjut pada website ini https://s1gizi.fkm.unair.ac.id/.

5. Universitas Hasanuddin

Program studi Ilmu Gizi di Universitas Hasanuddin berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Program S1 Ilmu Gizi Unhas sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Daya tampung SNMPTN tahun 2020 sebanyak 16 sedangkan SBMPTN sebanyak 45 dengan jumlah peminat SBMPTN tahun 2019 sebanyak 927 orang.

Kamu dapat mencari info lebih lanjut mengenai program S1 Ilmu Gizi Unhas pada website ini https://fkm.unhas.ac.id/ilmu-gizi/.

6. Universitas Brawijaya

Program studi Ilmu Gizi di Universitas Brawijaya berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Program studi S1 Ilmu Gizi UB sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Daya tampung SNMPTN tahun 2020 sebanyak 48 sedangkan untuk SBMPTN sebanyak 64 dengan jumlah pendaftar SBMPTN sebanyak 783 orang.

Jika kamu berminat untuk masuk Ilmu Gizi UB, kamu dapat mencari info lebih lanjut pada website ini http://gizi.fk.ub.ac.id/.

7. Universitas Gadjah Mada

Program studi Gizi Kesehatan di Universitas Gadjah Mada berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Program studi S1 Gizi Kesehatan UGM sudah terakreditas A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia sejak tahun 2014.

Total daya tampung untuk tahun 2020 sebanyak 100 orang. Peminat program studi Gizi Kesehatan UGM melalui jalur SBMPTN pada tahun 2019 sebanyak 596 dengan daya tampung tahun 2020 sebanyak 35.

Apabila kamu berniat untuk masuk Gizi Kesehatan UGM, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut pada website https://gizikesehatan.ugm.ac.id/.

8. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Program studi Ilmu Gizi di UPN Veteran Jakarta berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan. Program studi Ilmu Gizi tersebut berdiri pada bulan September 2010. Program studi Ilmu Gizi UPN Veteran Jakarta sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia.

Total daya tampung untuk SBMPTN tahun 2020 sebanyak 53 dengan peminat pada tahun 2019 sebanyak 952 orang. Jika kamu ingin masuk S1 Ilmu Gizi UPN Veteran Jakarta, kamu dapat mengakses website ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut https://fikes.upnvj.ac.id/id/program-studi/ilmu-gizi-s-1.html.

9. Universitas Jenderal Soedirman

Program studi Ilmu Gizi di Universitas Jenderal Soedirman berada di bawah naungan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. Program studi Ilmu Gizi Unseod sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Prodi Ilmu Gizi Unseod merupakan salah satu program studi dalam rumpun saintek yang mempunyai daya saing tertinggi di Indonesia dengan menempati peringkat 9.

Kamu dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai Ilmu Gizi Unseod pada website http://gizi.fikes.unsoed.ac.id/.

10. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program studi Ilmu Gizi di Universitas Muhammadiyah Surakarta berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan. Program studi Ilmu Gizi UMS sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia pada tahun 2020 dengan No.SK 0002/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/II/2020 yang masih berlaku hingga tahun 2025.

Jika kamu ingin kuliah S1 Ilmu Gizi di UMS, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut di website http://gizi.ums.ac.id/.

Adakah universitas impianmu disini? Yuk, bagikan informasi ini ke teman-temanmu yang ingin kuliah di program studi Ilmu Gizi. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Juni 11, 2021 5:48 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Pelangi Bisa Muncul di Malam Hari

Fakta Sains tentang Pelangi ⎮ Pelangi adalah suatu busur yang berwarna - warni dan sangat… Read More

Desember 2, 2023

Sepanjang Tahun Turun Hujan di Tempat Ini!

Fakta Sains Tentang Hujan| merupakan salah satu jenis musim di Indonesia. Indonesia memiliki iklim tropis,… Read More

Desember 1, 2023

Mengapa Telapak Tangan Berkeringat? Ini Penyebabnya!

Mengapa Telapak Tangan Bisa Berkeringat?|Tangan berkeringat bisa terjadi karena masalah yang wajar dan juga tidak… Read More

November 30, 2023

Tryout UTBK SNBT 2024 Ruangguru, untuk Para Siswa Menghadapi Ujian PTN

Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 mungkin masih lama. Namun, bukan berarti kamu bisa bersantai tanpa ada persiapan… Read More

November 29, 2023

Jantung Bisa Berdenyut, Meskipun Berpisah dari Tubuh

Fakta SainsTentang Otot Jantung|Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Jantung berfungsi sebagai… Read More

November 29, 2023

Sering Cegukan? Hati-Hati Bisa Kena Operasi!

Cegukan atau hiccups adalah kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang terjadi secara tak sengaja. Dalam istilah… Read More

November 28, 2023