7 PTN dengan Program Studi Kesehatan Masyarakat Akreditasi B di Indonesia

Akreditasi program studi penting untuk dipertimbangkan saat memilih perguruan tinggi yang kamu tuju. Namun, ketika sudah mempunyai perguruan tinggi impian, kadang kita tidak tahu apa akreditasi program studinya.

Bagi kamu yang ingin masuk kuliah dengan program studi Kesehatan Masyarakat, ada banyak pilihan perguruan tinggi yang dapat kamu tuju. Sebelumnya sudah dibahas mengenai daftar perguruan tinggi negeri dengan program studi Kesehatan Masyarakat yang terakreditasi A.

Sekarang, kita bahas yang akreditasi program studinya B. Apa saja perguruan tingginya? Yuk simak informasi berikut!

Program Studi Kesehatan Masyarakat

Program Studi Kesehatan Masyarakat Akreditasi B di Indonesia

1. Sumatera

Terdapat empat perguruan tinggi negeri di wilayah Sumatera yang mempunyai program studi Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Perguruan tinggi negeri tersebut adalah Universitas Teuku Umar, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Universitas Teuku Umar terletak di Meulaboh, Aceh. Program studi Kesehatan Masyarakat berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan Kesehatan Masyarakat di Universitas Teuku Umar, kamu dapat mengunjungi website berikut http://fkm.utu.ac.id/.

Universitas Jambi terletak di Jambi. Program studi ini berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jika kamu penasaran tentang jurusan Kesehatan Masyarakat di Universitas Jambi, kamu dapat mengunjungi website ini https://kesmas.unja.ac.id/.

Universitas Sriwijaya terletak Palembang, Sumatera Selatan. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Sriwijaya berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website http://fkm.unsri.ac.id/id/index.php/menu/11.

Baca Juga:  Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan terletak di Medan, Sumatera Utara. Program studi ini berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, silahkan mengunjungi website ini https://fkm.uinsu.ac.id/.

2. Jawa

Terdapat beberapa perguruan tinggi negeri di pulau Jawa yang mempunyai program studi Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT, yaitu dua PTN di Jakarta, satu PTN di Jawa Barat, satu PTN di Jawa Tengah, dan tiga PTN di Jawa Timur.

Perguruan tinggi negeri di Jakarta dengan program studi Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B adalah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Perguruan tinggi negeri di Jawa Barat yaitu Universitas Siliwangi yang terletak di Tasikmalaya. Perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah yaitu Universitas Jenderal Soedirman yang terletak di Purwokerto.

Sedangkan perguruan tinggi negeri yang terletak di Jawa Timur, yaitu Universitas Negeri Malang yang terletak di Malang, Universitas Jember yang terletak di Jember, dan Universitas Airlangga kampus Banyuwangi yang terletak di Banyuwangi.

3. Bali dan sekitarnya

Terdapat dua perguruan tinggi negeri di wilayah Bali dan sekitarnya yang mempunyai program studi Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT, yaitu Universitas Udayana dan Universitas Nusa Cendana.

Universitas Udayana terletak di Denpasar, Bali. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Udayana berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Udayana, kamu bisa mengunjungi website ini https://fk.unud.ac.id/?page_id=2457.

Universitas Nusa Cendana terletak di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Nusa Cendana berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut kamu bisa mengunjungi website ini https://fkm.undana.ac.id/.

Baca Juga:  10 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

4. Sulawesi

Terdapat empat perguruan tinggi negeri di wilayah Sulawesi yang mempunyai program studi Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Empat perguruan tinggi negeri tersebut adalah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Tadulako, Universitas Haluoleo, dan Universitas Sam Ratulangi.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut kamu bisa mengunjungi website http://ksm.fkik.uin-alauddin.ac.id/sambutan.

Universitas Tadulako terletak di Palu, Sulawesi Tengah. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Tadulako berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, silahkan mengunjungi website berikut https://fkm.untad.ac.id/

Universitas Haluoleo terletak di Kendari, Sulawesi Tenggara. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Haluoleo berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan ini, kamu dapat mengunjungi website berikut http://fkm.uho.ac.id/.

Universitas Sam Ratulangi terletak di Manado, Sulawesi Utara. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Sam Ratulangi berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jika kamu ingin tahu info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website https://fkm.unsrat.ac.id/.

5. Maluku dan sekitarnya

Perguruan tinggi negeri yang mempunyai program studi Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT adalah Universitas Negeri Gorontalo. Perguruan tinggi ini terletak di Gorontalo.

Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Negeri Gorontalo berada di bawah naungan Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Jika kamu ingin tahu info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website ini http://fok.ung.ac.id/.

6. Papua

Program studi Kesehatan Masyarakat yang terakreditasi B oleh BAN-PT di Papua berada di Universitas Cenderawasih. Universitas ini terletak di Jayapura, Papua. Program Studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Cenderawasih berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Baca Juga:  Tips Hemat Untuk Mahasiswa Rantau

Program studi ini terdiri dari enam bagian peminatan, yaitu program studi kesehatan masyarakat, program studi epidemiologi, gizi masyarakat, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, serta kesehatan ibu dan anak.

Jika kamu ingin tahu info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi website ini https://www.uncen.ac.id/fakultas/fkm/.

7. Kalimantan

Terdapat dua perguruan tinggi negeri di Kalimantan yang mempunyai program studi Kesehatan Masyarakat yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT, yaitu Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Mulawarman.

Universitas Lambung Mangkurat terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Lambung Mangkurat berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai program studi ini, kamu bisa mengunjungi website berikut https://fk.ulm.ac.id/id/program-studi-2/program-studi-kesehatan-masyarakat/.

Universitas Mulawarman terletak di Samarinda, Kalimantan Timur. Program studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Mulawarman berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Jika kamu ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai program studi ini, kamu bisa mengunjungi website berikut http://fkm.unmul.ac.id/.

Itulah beberapa perguruan tinggi negeri yang mempunyai program studi Kesehatan Masyarakat dengan akreditasi B di Indonesia. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Cara Menemukan Passion – Beberapa bulan lagi sudah mau pendaftaran mahasiswa baru. A…