Categories: Ilmu GiziKuliah

Prospek Kerja Ilmu Gizi, Sangat Menjanjikan!

Share

Ilmu Gizi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Banyak dari siswa yang ingin masuk jurusan ilmu gizi namun masih ragu. Keraguan tersebut terletak pada prospek kerja apa yang akan dijalani setelah lulus dari kuliah jurusan ilmu gizi. Jika kamu merupakan salah satunya, maka jangan ragu. Simak informasi berikut untuk mengetahui prospek kerja lulusan ilmu gizi.

Prospek Kerja Ilmu Gizi

1. Ahli gizi

Prospek kerja lulusan ilmu gizi yang pertama adalah menjadi ahli gizi. Saat di bangku perkuliahan, mahasiswa ilmu gizi diberikan mata kuliah yang merupakan cakupan gizi klinis. Hal ini membuat mahasiswa ilmu gizi mempunyai kemampuan untuk menjadi ahli gizi ke depannya. Lulusan ilmu gizi bisa menjadi ahli gizi di puskesmas, klinik, rumah sakit, catering. Selain itu, bisa juga menjadi ahli gizi bagi atlet, artis, dan masih banyak lagi.

Bagi mereka yang melanjutkan studi profesi dietisien, dapat membuka praktek sebagai ahli gizi di rumah atau membuat kantor sendiri setelah mengurus beberapa perizinan. Tentu saja ahli gizi menjadi salah satu profesi yang mulia karena kamu membantu masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit untuk mengatur pola makan dan memenuhi kebutuhan zat gizi sehari-hari.

2. PNS

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi PNS, kamu tetap bisa mengambil kuliah jurusan ilmu gizi. Setelah lulus, kamu dapat mendaftar menjadi PNS apabila ada pembukaan rekrutmen CPNS. Banyak posisi yang dapat kamu lamar saat mendaftar CPNS. Seperti ahli gizi, pengelola program gizi, auditor kesehatan, dan masih banyak lagi. Penempatannya juga bermacam-macam, bisa di rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan, Kementerian Kesehatan, Bappenas, Badan Ketahanan Pangan, dan masih banyak lagi.

3. Dosen

Setelah lulus kuliah, kamu dapat melanjutkan studimu hingga S2 atau S3. Setelah lulus, kamu bisa menjadi dosen di universitas negeri maupun swasta. Bagi kamu yang mempunyai passion menjadi pendidik, tentu saja ini menjadi salah satu prospek kerja yang baik.

4. Peneliti

Seperti perkuliahan pada umumnya, mahasiswa di tingkat akhir diberikan tugas untuk penelitian. Melalui tugas ini, mahasiswa dapat membangkitkan rasa ingin tahu serta kemampuan dalam melakukan penelitian. Terkadang, mahasiswa akan tumbuh rasa sukanya terhadap penelitian sehingga bercita-cita menjadi peneliti. Lulusan gizi juga bisa menjadi peneliti. Kamu dapat mengikuti proyek penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun badan penelitian lainnya.

5. Konsultan

Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh lulusan ilmu gizi adalah memberikan konsultasi di bidang gizi. Prospek kerja ini cocok bagi kamu yang suka berinteraksi secara personal maupun dengan banyak orang untuk memberikan pelayanan dan pengetahuan di bidang gizi. Kamu dapat bergabung bersama organisasi maupun membuka praktek konsultan gizi di rumah atau membuka kantor sendiri.

6. Penulis

Prospek lulusan ilmu gizi juga dapat menjadi penulis. Kebutuhan akan literasi dan pengetahuan mengenai gizi menjadi salah satu peluang bagi ahli gizi yang suka menulis. Jika kamu bercita-cita menjadi penulis walaupun kamu masuk kuliah jurusan ilmu gizi, kamu dapat menjadi penulis pengetahuan gizi populer, buku panduan gizi, dan buku-buku gizi lainnya. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sama dengan dosen maupun peneliti dalam menulis buku.

7. QC/QA

Quality Control (QC) atau Quality Assurance (QA) menjadi salah satu prospek kerja yang baik bagi lulusan ilmu gizi. Bagi kamu yang suka dalam pengawasan mutu, teliti, dan ingin bekerja di perusahaan di bidang makanan maupun minuman, pekerjaan ini cocok untukmu. Kamu bertugas untuk mengawasi mutu suatu produk serta menjamin mutu produk.

8. R&D

Research and Development (R&D) merupakan salah satu prospek kerja yang banyak diincar oleh lulusan ilmu gizi. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk kreatif dan berpikir cepat dalam menciptakan formula atau produk baru. Kamu tidak perlu khawatir, karena saat di bangku perkuliahan kamu akan mendapatkan materi mengenai pengembangan produk. Sehingga kamu sudah mempunyai dasar dalam mengerjakan pengembangan produk makanan atau minuman mulai dari pemilihan bahan hingga produk jadi.

Tertarik masuk ilmu gizi? Yuk baca juga artikel tentang Syarat Masuk Kuliah Ilmu Gizi. Kamu juga wajib baca tentang Program Studi Ilmu Gizi Akreditasi A di Indonesia.

Itulah beberapa daftar pekerjaan yang menjadi prospek kerja bagi lulusan ilmu gizi. Kamu dapat bekerja sesuai kemampuan dan passion yang kamu miliki. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on August 10, 2020 3:45 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih… Read More

September 22, 2020

Program ARMADA Ruangguru, Solusi Cerdas Menunjang Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal terpenting yang menjadi hak bagi setiap siswa di Indonesia. Tak terkecuali bagi… Read More

September 22, 2020

Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya sudah ada artikel tentang filateli yang harus kamu tahu. Apakah kamu sudah membacanya? Kalau… Read More

September 21, 2020

Moral Value dari Film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Siapa yang tidak tahu film series legendaris Harry Potter yang diadaptasi dari novel Harry Potter?… Read More

September 21, 2020

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju. Tentu saja… Read More

September 20, 2020

Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, apalagi kalau bukan mengoleksi perangko serta benda-benda… Read More

September 20, 2020