9 Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri, Gaji Terjamin dengan Peluang Kerja yang Luas

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran ya. Kali ini, penulis akan membagikan informasi mengenai beberapa prospek kerja jurusan teknik industri.

Yap, jurusan ini sendiri termasuk ‘laris-manis’ digemari oleh pelajar Indonesia lho. Bahkan peminatnya selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya guys. Lantas, kenapa sih jurusan teknik industri ini seringkali lebih rame dibandingkan jurusan teknik lainnya?

Usut punya usut sih, salah satu penyebabnya karena peluang karir yang dimiliki cukup tinggi dan luas khususnya di Indonesia guys. So, tanpa menunggu lama, yuk langsung simak ulasan lengkap tentang prospek kerja jurusan teknik industri di bawah ini!

Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

1. Manajer Teknisi

prospek kerja jurusan teknik industri

Prospek kerja jurusan teknik industri yang pertama ialah menjadi seorang manajer teknisi. Yap, kamu perlu tahu kalau mata kuliah di program stud ini tidak hanya berkisar mengenai perhitungan matematis ataupun mekanik saja guys, melainkan lebih luas daripada berbagai jurusan teknik lainnya.

Kamu akan belajar mengenai ekonomi hingga sumber daya manusia juga, ya terbilang agak ‘nyerempet’ materi dari sosial-humaniora guys. Oleh karena itu, kamu sangat berpeluang banget untuk menapaki jenjang karir sebagai seorang manajer teknisi.

Sebagai seorang manajer, kamu tidak hanya dituntut untuk menguasai kemampuan ‘perteknikan’ saja guys, melainkan juga manajemen sekaligus bagaimana menghadapi dan mengolah sumber daya manusia yang ada.

2. Quality Control Engineer

Berikutnya ada peluang karir sebagai seorang quality control engineer. Sebenarnya kebanyaka dari lulusan teknik sendiri sangat berpeluang untuk menapaki profesi satu ini guys. Tak terkecuali dengan jurusan teknik industri.

Baca Juga:  10 Alasan Masuk BEM Saat Kuliah

Bahkan wilayah pekerjaanmu bisa lebih luas karena tidak terbatas pada satu jenis industri atau bidang. Kamu bisa bekerja sebagai quality control manager di perusahaan mesin, tekstil, kimia, dan berbagai perusahaan yang memebutuhkan tenaga operaional yang mampu mengawasi di lapangan.

3. Insiyur Teknik

prospek kerja jurusan teknik industri

Prospek kerja jurusan teknik industri berikutnya ialah sebagai seorang insiyur teknik. Karir satu ini penulis tujukan kepada kamu yang menyukai perhitungan matematis daripada mengolah sumber daya manusia atau bekerja di bidang manajemen.

Sebagai seorang insinyur teknik, kamu akan bergabung ke dalam berbagai project lapangan yang bisa berkaitan dengan pembangunan, pembuatan produk, dan berbagai hal teknis lainnya guys. By the way, prospek kerja ini sendiri sangat menguntungkan dan termasuk memiliki gaji menjanjikan di Indonesia.

4. Project Manager

Next, peluang karir satu ini memadukan perhitungan matematis, analisis, sekaligus penerapan dan pengolangan sumber daya manusia. Kalau kamu termasuk seseorang yang senang menjadi pemimpin dan turun ke lapangan, maka prospek sebagai project manager akan sangat sesuai untukmu guys.

Sebagai seorang project manager, kamu bertugas untuk membuat rencana kerja terkait project yang sudah didiskusikan dengan klien hingga mengatur berbagai sumber daya dalam suatu proyek tersebut. Mulai dari sumber daya manusia, bahan, bahkan alat-alat besar yang akan digunakan.

Sebagai seorang project manager, kamu wajib memiliki kemampuan dalam menganalisis maupun melakukan perhitungan yang matang terkait harga bahan hingga jangka waktu pembuatan atau pembangunan suatu proyek.

5. Sales di Bidang Mekanik

prospek kerja jurusan teknik industri

Tahukah kamu kalau sales di bidang mekanik sendiri tidak bisa sembarang orang? Yap, prospek kerja jurusan teknik industri kali ini ialah menjadi seorang sales mekanik atau otomotif. Kebanyakan orang tentu sedikit underestimate pekerjaan ini karena harus turun ke lapangan maupun pergi berjumpa dengan banyak pengusaha atau investor.

Baca Juga:  Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk, Siapkan Bahasa Inggris Kamu!

Sayangnya, pekerjaan ini memiliki gaji yang besar bahkan untuk ukuran fresh-graduate guys. Hanya saja, kamu memerlukan beberapa keunggulan dalam bidang komunikasi persuasi diiringi dengan pengetahuanmu yang matang mengenai barang produksi.

Belum lagi apabila kamu memiliki kemampuan sedikit-banyak mengenai menganalisis market place, maka akan menjadi perpaduan yang sangat menggiurkan untuk bekerja sebagai seorang sales engineer. Jadi, kamu bisa menjelaskan produk dengan baik sekaligus menjalin relasi dengan banyak orang seperti pengusaha hingga investor.

6. Dosen

Untuk kamu yang senang belajar maupun mengajar, maka prospek kerja jurusan teknik industri berikutnya akan sangat cocok dengan passionmu guys. Kamu bisa memilik peluang karir menjadi seorang dosen, tentunya dosen teknik industri.

Eits, jangan salah guys, dosen teknik industri juga sangat diperlukan di masa kini mengingat ada program studi ini memiliki banyak peminat dari tahun ke tahun. Mulai dari perguruan tinggi swasta hingga negeri, tentu sangat membutuhkan tenaga pengajar.

Ga hanya itu, perkara melanjutkan pendidikan hingga jenjang S3 sendiri bisa kamu lakukan sembari bekerja sekaligus mengambil beasiswa. Ada banyak kok beasiswa dalam maupun luar negeri untuk kamu yang tertarik di bidang teknik industri.

7. Product Analyst

prospek kerja jurusan teknik industri

Selain bekerja sebagai seorang pengajar maupun teknisi lapangan, jurusan teknik industri yang juga digemari oleh mahasiswa Indonesia memiliki peluang kerja yang termasuk menyenangkan dan umumnya berada di dalam ruangan.

Kali ini ada profesi sebagai seorang produk analysis yang umumnya diperlukan dalam perusahaan-perusahaan besar sekaligus internasional. Tugasmu ialah melakukan analisis terhadap proses produksi dan produk yang dihasilkan, membandingkan dengan market maupun saingan, sehingga mampu menghasilkan produk dengan efisien.

Jobdesk lain yang dimiliki oleh seorang product analyst ialah melakukan pemeliharaan terhadap berbagai alat-alat produksi, sehingga mampu mengendalikan keseluruhan kinerja produksi dengan baik guys. Pekerjaan ini sendiri sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dengan gaji belasan juta untuk ukuran pemula.

Baca Juga:  10 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

8. Spesialis Logistik

Yap, pekerjaan satu ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian dari kamu, tetapi tahukah kamu kalau spesialis logistik sendiri menjadi salah satu prospek kerja jurusan teknik industri yang paling menjanjikan guys?

Secara sederhana, spesialis logistik sendiri bertanggung jawab melakukan analisis terhadap pasokan produk maupun bahan dalam sebuah kegiatan produksi. Pekerjaan ini sangat esensial dan memiliki tanggung jawab yang cukup besar, sehingga gaji yang ditawarkan pun bisa berkisar antara 8-10 juta untuk pemula.

9. Wirausahawan

prospek kerja jurusan teknik industri

Prospek kerja jurusan teknik industri yang terakhir ialah menjadi seorang wirausahawan. Jangan salah guys, pekerjaan menjadi seorang pengusaha sendiri memang tidak mudah pada awalnya, tetapi sangat menjanjikan untuk jangka panjang.

Dengan kemampuan manajemen yang cukup, serta pengetahuan di bidang mekanik membuatmu mampu menciptakan inovasi di bidang teknologi atau produksi. Bisa jadi kamu membangun pabrik sendiri atau perusahaan pribadi yang bergerak di bidang tekstil hingga teknologi.

Nah, itu tadi beberapa prospek kerja jurusan teknik industri guys. Gimana? Sampai sini, apakah kamu menjadi semakin semangat untuk masuk ke jurusan ini? Yap, memang penulis akui bahwa jurusan teknik industri sendiri memiliki prospek yang besar, lapangan kerja yang luas, dengan gaji yang menjanjikan di Indonesia.

So, kalau kamu benar-benar jatuh hati dengan jurusan satu ini maka jangan lupa untuk semangat dalam belajar khususnya kalau kamu pejuang SBMPTN maupun Mandiri. Tetap semangat dan jangan lupa bahagia teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi b…