Categories: Kuliah

10 Prospek Kerja Lulusan Filsafat! Engga Harus Jadi Filsuf Guys!

Share

Prospek Kerja Lulusan Filsafat – Heyoo guys! Siapa nih di antara kamu yang suka banget baca buku? Mulai dari buku fiksi sampai buku non-fiksi? Atau mungkin ada ga sih di antara kamu yang sering banget menanyakan segala sesuatu yang kamu lihat. Bisa berupa benda, peristiwa, sampai perhitungan matematika? Mungkin sekilas hal ini dirasa biasa-biasa aja bagi kamu. Namun, tau ga sih guys bisa jadi kamu ini memang kritis dan menyukai cabang ilmu filsafat.

Mungkin bagi sebagian orang filsafat adalah ilmu yang sulit atau tak jarang juga diremehkan guys. Eits, kamu tahu ga sih kalau para pemikir atau ilmuwan zaman dahulu didominasi oleh orang yang pandai filsafat lho! Siapa coba dari kamu yang ga kenal Plato atau Archimedes? By the way, ilmu filsafat sendiri ga melulu ngomongin filsuf guys. Ada banyak pekerjaan lainnya yang mencakup ilmu filsafat.

10 Prospek Kerja Lulusan Filsafat

Penasaran? Ini dia 10 prospek kerja lulusan filsafat!

Photo by James Wheeler on Pexels.com

1. Guru atau dosen

Prospek pekerjaan yang pertama adalah guru atau dosen guys. Di ilmu filsafat sendiri kamu akan mempelajari berbagai macam materi secara meluas guys. Tidak hanya soal bacaan, literature, melainkan juga peradaban seperti di ilmu sosial sampai perhitungan di ilmu matematika. Pembelajaran di jurusan filsafat ini terhitung kompleks. Sehingga, kamu bisa mencoba melamar menjadi seorang guru.

Selain itu, apabila kamu ingin menekuni ilmu filsafat lebih medalam hingga menyelesaikan sekolah doctor atau S3 maka tak ayal kamu bisa mendaftarkan diri menjadi dosen di tempatmu kuliah tadinya. Jadi, untuk kamu yang menyukai dunia pembelajaran atau belajar mengajar bisa banget nih guys melamar sebagai seorang dosen atau guru.

2. Penulis buku

Nah, prospek pekerjaan yang kedua adalah penulis buku. Tau ga sih guys, ternyata engga semua penulis buku berasal dari lulusan sastra Indonesia. Masih banyak jurusan lain yang menghasilkan penulis-penulis berkualitas. Beberapa di antaranya memang menulis untuk kepentingan akademik, misalnya buku pelajaran matematika, ilmu sains, dan lain-lain. Cuma, ga sedikit juga yang menulis berbagai jenis genre buku seperti sastra.

Apabila kamu lulusan filsafat dan memiliki bakat di dunia tulis-menulis, ga ada salahnya guys untuk mencoba berkecimpung sebagai penulis buku. Selain karena pekerjaannya yang bisa dilakukan di mana saja, melalui buku kamu bisa mengungkapkan gagasan dan hitung-hitung sebagai kenang-kenanganmu untuk dunia guys. Pernah ada sebuah kutipan yang berkata, “Menulislah, karena dengan menulis kamu abadi.”

3. Jurnalis atau wartawan

Oke, pekerjaan selanjutnya engga jauh beda dengan prospek pekerjaan di atas guys. Apabila kamu senang bertemu dengan orang baru atau melihat berbagai peristiwa langsung di lapangan kejadian serta memiliki keingintahuan yang tinggi, maka kamu cocok banget untuk mendaftar sebagai seorang jurnalis atau wartawan.

Tau ga sih guys, biasanya lulusan dari jurusan filsafat memiliki tingkat kekritisan di atas rata-rata. Hal ini terasah seiring dengan tuntutan dari matkul yang membuatmu untuk selalu teliti dan kritis terhadap segala peristiwa yang terjadi. Hal inilah yang sangat dibutuhkan sebagai seorang jurnalis atau wartawan.

4. Rohaniawan atau pastor

Ilmu yang dipelajari dalam filsafat terhitung kompleks guys. Selain mempelajari ilmu science atau social science, kamu juga mempelajari berbagai hal mengenai agama. Bisa dari sejarah agama atau bahkan eksistensi agama itu sendiri. Tentunya hal ini diimbangi dengan fakta atau pendapat yang tepat dari para ahli guys.

Sehingga, ga sedikit pula para lulusan dari jurusan filsafat yang menjadi seorang rohaniawan, pastor, sampai pemuka agama lainnya. Mereka yang memilih jalan demikian juga didukung karena adanya dorongan nurani atau panggilan sekaligus ilmu yang pernah mereka dapatkan sewaktu kuliah.

5. Psikoterapis

Selanjutnya, ada psikoterapis. Engga hanya jurusan psikologi saja yang mempelajari tentang pikiran atau perilaku manusia. Di dalam ilmu filsafat kamu juga akan mempelajari berbagai tingkah laku atau pikiran dari manusia itu sendiri guys. Bermacam-macam teori tentang manusia, pikiran manusia, sampai sejarah manusia juga akan kamu pelajari di ilmu filsafat ini.

Oleh karena itu, apabila kamu tertarik lebih dalam mengenai manusia dan pemikirannya kamu juga bisa banget mendaftarkan diri sebagai seorang psikoterapis. Namun, juga ada batasa tertentu ya guys apabila kamu hendak menjadi psikoterapis dari lulusan filsafat.

6. Pejabat daerah atau politikus

Tentu kamu tidak asing menjumpai berbagai ahli filsafat di bidang politik Indonesia. Sebut saja Bapak Rocky Gerung. Beliau adalah pengamat politik yang berasal dari jurusan filsafat. Seperti yang pernah diungkapkan di atas guys, umumnya mahasiswa jurusan filsafat memiliki pemikiran kritis yang mendalam dan jangka panjang. Pengamatannya pun tak main-main guys.

Sehingga apabila seorang jurusan filsafat hendak berkecimpung ke dalam dunia politik maka bukanlah hal yang baru bagi mereka. Terlebih para jurusan filsafat juga biasa bersinggungan dengan berbagai macam jurnal atau buk-buku tebal lainnya. Kemampuannya juga berdasarkan manajemen sekaligus olah SDM yang akan dipelajari saat menempuh kuliah filsafat.

7. Departemen pariwisata atau agama

FYI guys, setiap tahunnya pemerintah Indonesia membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan jurusan filsafat untuk bekerja di departemen pariwisata atau agama. Sesuai dengan apa yang mereka pelajari sewaktu kuliah, maka lulusan filsafat setidaknya memiliki kemampuan untuk mengolah sumber daya dengan baik.

Tak hanya itu guys, kemampuannya yang mendalam mengenai literasi dan kekritisannya dalam menganalisis berbagai prospek pariwisata atau sumber daya alam di Indonesia patut diperhitungkan. Sehingga apabila kamu tertarik untuk bekerja dengan alam dan mengolah berbagai sumber daya yang ada di Indonesia, kamu bisa banget mendaftar ke departemen pariwisata atau agama.

8. Konsultan perusahaan

Di era yang kian maju ini guys, berbagai perusahaan seringkali membutuhkan orang-orang dengan daya analisis yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk membandingkan sekaligus memberikan saran yang tepat bagi tiap-tiap perusahaan dalam memilih suatu keputusan. Kebanyakan dari mereka berasal dari berbagai jurusan dan salah satunya adalah ilmu filsafat.

9. Eksekutif pemasaran

Melihat segala kemungkinan dan mengolah sumber daya manusia adalah keterampilan yang dimiliki seorang lulusan filsafat. Mereka terbiasa untuk melihat segala sesuatu berdasarkan riset atau analisis tertentu. Sehingga, kini cukup banyak perusahaan yang meminta lulusan filsafat untuk bekerja sebagai eksekutif pemasaran. Mereka akan diminta untuk menganalisis pasar dan membuat strategi pasar yang efektif.

10. Paralegal

Mungkin istilah paralegal ini cukup asing di telinga sebagian besar dari kamu, hanya saja tanpa kamu sadari paralegal ini adalah pekerjaan yang cukup umum di Indonesia. Secara sederhana, paralegal adalah beberapa orang yang bekerja di bidang hukum. Mereka bekerja di bawah pengacara ataupun jaksa.

Tugas mereka yaitu membantu para ahli hukum dalam menyelesaikan suatu permasalahan sampai mengkaji beberapa pasal dan UU. Pekerjaan ini dapat menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai dunia hukum sekaligus filsafat secara bersamaan.

Nah, di atas adalah beberapa prospek kerja lulusan filsafat guys. Ngomongin filsafat engga harus menjadi filsuf seperti para ilmuwan zaman dahulu guys. Namun, kini lulusan filsafat memang banyak diperlukan bahkan hampir semua bidang di Indonesia.

This post was last modified on Oktober 8, 2020 4:35 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

7 Inspirasi Membuat Agenda Belajar yang Menarik!

Gimana nih kabar belajar kamu selama pandemi ini? Apakah selama pandemi ini kamu jadi semakin… Read More

Oktober 23, 2020

Pengalaman Menggunakan Pahamify, Worth It Gak Sih?

Kali ini aku mau share tentang pengalamanku menggunakan Pahamify, salah satu aplikasi belajar online terbaik… Read More

Oktober 22, 2020

10 Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari Sebelum Lulus Kuliah

Bahasa yang Wajib Kamu Pelajari - Siapa nih di antara kamu yang suka mempelajari bahasa… Read More

Oktober 22, 2020

Nyari Guru Les Privat? Pake Fitur Ruangles Aja, Lengkap Banget!

Siapa nih di antara kamu yang mungkin kebingungan untuk mencari les? Padahal untuk ujian, UTBK,… Read More

Oktober 20, 2020

Harga Paket UTBK Pahamify

Harga Paket UTBK Pahamify - Tahukah kamu bahwa rasio tingkat kegagalan siswa saat seleksi masuk… Read More

Oktober 18, 2020

5 Keunggulan Try Out UTBK di Pahamify

Try out merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif, baik untuk persiapan ujian semester,… Read More

Oktober 17, 2020