Categories: JurusanKuliah

8 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Gizi yang Menjanjikan di Indonesia

Share

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Semoga kamu dalam keadaan sehat dan selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas ya. Belakangan, penulis sempat dibanjiri pertanyaan mengenai prospek kerja lulusan ilmu gizi nih. Sebagian pelajar ternyata masih salah kaprah terhadap jurusan satu ini.

Padahal, kalau dipikir-pikir, jurusan ilmu gizi termasuk salah satu program studi yang memiliki prospek pekerjaan luas. Buat kamu yang mungkin masih dilematis untuk memilih jurusan ini, yuk langsung simak ulasan di bawah ya!

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Gizi

1. Konsultan Gizi

Prospek kerja lulusan ilmu gizi yang pertama ialah menjadi seorang konsultan gizi. Tanpa kamu sadari, profesi sebagai konsultan gizi merupakan hal yang penting lho dalam sebuah masyarakat.

Biasanya sih kamu akan bekerja pada pemerintahan khususnya di departemen kesehatan, perusahaan swasta, atau bahkan klinik guys. Oh iya, baru-baru ini juga, pusat kebugaran seperti gym juga membuka lowongan pekerjaan khusus bagi seorang konsultan gizi terutama untuk memberi petunjuk tepat dalam diet sehat.

Sebagai seorang konsultan gizi kamu bertugas untuk membantu para klien yang sedang berkonsultasi terkait masalah gizi, seperti diet, pola makan untuk diabetes, pola makan paruh baya atau lansia, dan masih banyak lagi.

2. Ahli Gizi di Rumah Sakit

Prospek kerja lulusan ilmu gizi kali ini berbeda dengan konsultan gizi ya guys. Sebagai seorang ahli gizi di rumah sakit, kamu lebih berfokus menangani berbagai permasalahan klien di suatu rumah sakit khususnya di unit gizi.

Selain itu, kamu juga bertanggung jawab untuk memilih dan mengawasi menu makanan pasien sesuai dengan kebutuhan gizi yang tepat guys. Tak lupa disesuaikan dengan penyakit yang menyerang pasien atau alergi yang mungkin dimiliki.

Akan tetapi, kamu juga bisa membuka konseling untuk setiap orang yang membutuhkan bantuan ahli gizi. Sama seperti konsultan gizi di luar rumah sakit, kamu juga akan bertemu dengan berbagai pasien yang hendak melakukan diet sehat, mengembangkan massa otot, atau mencoba mengatur pola makan yang tepat.

3. Dosen Ilmu Gizi

Next, prospek kerja lulusan ilmu gizi berikutnya ialah menjadi seorang dosen. Dosen sendiri menjadi profesi yang dibutuhkan dan pasti ada di hampir semua jurusan yang ada di perkuliahan dan cabang ilmu pengetahuan.

Profesi satu ini cocok apabila kamu seseorang yang senang belajar sekaligus mengajar guys. Pertama, kamu bisa mengajar di jenjang mahasiswa (S1 maupun S2) baik di universitas negeri maupun swasta.

Kedua, sebagai seorang akademisi, menjadi tanggung jawabmu juga untuk selalu memperbaharui dan mengembangkan pengetahuan yang dimiliki dengan belajar. Kamu juga bisa menulis journal atau penelitian untuk jenjang lanjutan seperti doktoral atau apabila mengincar posisi kehormatan sebagai profesor.

4. Quality Control di Industri Makanan

Eits, jangan salah, pekerjaan menjadi pengawas atau quality control di industri makanan sendiri sangat diperlukan dalam setiap perusahaan atau pabrik makanan dan bahan makanan guys.

Sebagai seorang lulusan ilmu gizi, kamu wajib nih untuk melakukan pengawasan mengenai makanan yang diproduksi, apakah makanan tersebut layak untuk beredar di masyarakat dan memiliki kandungan yang aman untuk dikonsumsi manusia baik dalam jangka waktu panjang maupun pendek.

Salah satu tanggung jawab yang paling umum dilakukan seorang quality control dalam industri makanan ialah memeriksa nutrition fact yang akan dicantumkan ke label makanan dan minuman yang dipasarkan guys. Kamu wajib memastikan bahwa nutrition fact tersebut tepat dan aman dikonsumsi oleh manusia.

5. Penulis

Prospek pekerjaan satu ini penulis rekomendasikan khusus untuk kamu yang senang menulis, juga menjadi lulusan dari ilmu gizi. Kalau kamu memiliki bakat demikian, maka jangan disia-siakan begitu saja!

Siapa tahu, kamu bisa menjadi seorang penulis atau jurnalis di bidang ilmu gizi. Kini ada banyak penerbit yang siap membantumu menerbitkan tulisan di berbagai genre dan juga berbagai media online yang membuka lowongan pekerjaan bagi jurnalis di bidang gizi, kesehatan, dan kecantikan.

Di sisi lain, kamu bisa menjadikan pekerjaan sebagai seorang jurnalis atau penulis sebagai sampingan belaka. Siapa tahu di waktu luangmu, kamu bisa menulis dan mengirimkannnya ke berbagai media online.

6. Wirausaha

Kamu yang memiliki jiwa bisnis cocok banget nih untuk berkarier di bidang wirausaha. Prospek kerja lulusan ilmu gizi satu ini ialah menjadi seorang pengusaha kuliner atau mungkin bahan makanan yang sehat dan ramah lingkungan.

Profesi satu ini bisa menjadi pilihan pekerjaan di masa depan karena sebelumnya kamu memiliki bekal pelajaran gizi yang tepat bagi kebutuhan manusia dan bisa menyusun menu nikmat sekaligus sehat bagi kesehatan.

Salah satu inspirasi wirausaha kuliner seperti membuka catering diet yang sehat atau menjual makanan yang tepat untuk mereka yang ingin mengubah pola makan atau bahkan mulai menggunakan berbagai bahan makanan yang berbahan alami.

7. Staff Pemerintahan

Shot of a young woman doing inventory in a pharmacy on a digital tablet with her colleague in the background

Selain berbagai prospek kerja lulusan ilmu gizi di luar pemerintahan, ternyata program studi ini juga memungkinkanmu untuk bekerja di sektor pemerintahan guys. Kamu bisa bekerja menjadi seorang pegawai negeri sipil atau PNS, staff lembaga kesehatan masyarakat, atau bahkan staff kementerian.

Salah satunya ialah BPOM yang mengawasi berbagai peredaran makanan di pasaran, sebagai lulusan ilmu gizi kamu bisa meneliti apakah gizi yang dikeluarkan oleh setiap produsen makanan sudah tepat dan aman untuk kesehatan manusia.

Selain itu, apabila kamu bekerja di lembaga kesehatan masyarakat maka kamu juga bisa untuk membantu penyuluhan kesehatan atau gizi terhadap masyarakat yang membutuhkan. Mungkin juga melalui lembaga seperti posyandu, puskesmas, atau bahkan klinik.

8. Chef atau Koki

Prospek kerja lulusan ilmu gizi yang terakhir ialah berkarier di bidang kuliner khususnya menjadi seorang koki atau chef. Oh iya, pekerjaan satu ini juga bisa menjadi batu loncatan sebelum kamu berkiprah sebagai seorang wirausahawan di bidang kuliner atau bahan makanan guys.

Kalau kamu senang memasak, maka chef dan koki bisa menjadi pilihan yang penulis rekomendasikan. Namun, kalau kamu kurang menyukai memasak maka menjadi staff sebuah restoran atau hotel bisa menjadi pertimbangan profesi juga guys.

Tugasmu sebagai seorang staff di hotel atau restoran ialah memastikan serta memantau keseimbangan gizi makanan yang ada di tempat tersebut. Jadi, menu yang dihadirkan tidak hanya mengenyangkan, sedap di mata, tetapi juga mengandung gizi yang tepat bagi kebutuhan manusia.

Nah, di atas adalah beberapa prospek kerja lulusan ilmu gizi yang mungkin bisa menjadi pertimbangan profesi di masa depan. Penulis hanya menyarankan, apabila kamu bersungguh-sungguh dalam mempelajari ilmu gizi maka jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi UTBK atau ujian masuk perguruan tinggi.

Semangat teman-teman semua!

This post was last modified on April 22, 2022 12:28 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Download Poster Qurban Idul Adha 1445H Format PSD

Qurban adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Setiap tahun, umat Muslim… Read More

Mei 13, 2024

Cara Membuat Visi Misi OSIS

Cara membuat visi misi OSIS - Dari beberapa chat di wa saya, banyak banget yang… Read More

Mei 12, 2024

Nama Squad Terbaru Ruangguru

Perusahaan pendidikan dan teknologi Ruangguru, kini telah berkembang sangat pesat, sajak pertama kali diluncurkan pada… Read More

Mei 11, 2024

Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik

Banyak banget yang nanya di WA tentang cara menjadi ketua OSIS? Untuk menjawab pertanyaan tersebut,… Read More

Mei 10, 2024

Kisah Sukses Pendiri Ruangguru, Iman Usman

Muhammad Iman Usman (lahir di Padang, 21 Desember 1991) adalah seorang aktivis sosial, penulis, dan pembicara publik di berbagai… Read More

Mei 9, 2024

Cara Beli Kaos Ruangguru

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki kaos dari Ruangguru, kamu bisa ikut petunjuk berikut. Sebenarnya… Read More

Mei 8, 2024