Categories: Kuliah

10 Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

Share

Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia – Hai guys, siapa nih di antara kalian yang ingin masuk jurusan sastra Indonesia? Sastra Indonesia selalu identik dengan kegiatan tulis menulis, tetapi engga semua lulusan sastra Indonesia harus jadi penulis guys!

Sebenarnya ada banyak juga lho prospek kerja lainnya bagi lulusan sastra Indonesia. Namun, sering banget nih dibaikan atau bahkan diremehkan oleh beberapa orang.

Padahal, perlu kamu tahu bahwa di Indonesia sendiri program sastra juga memiliki peminat yang banyak guys. Jadi, buat kamu yang ingin masuk ke program sastra Indonesia harus menyiapkan mental dan pikiran sebaik mungkin.

Untuk memantapkan hati, aku bakal share nih ke kalian beberapa prospek pekerjaan bagi lulusan sastra Indonesia. Simak ulasannya di bawah ini ya guys!

10 Prospek Kerja Lulusan Sastra Indonesia

1. Leksikografer

Pertama, ada leksikografer guys. Mungkin bagi sebagian besar dari kalian masih asing nih dengan pekerjaan satu ini. Namun, pekerjaan ini tak bisa diremehkan juga guys. Kira-kira apa sih leksikografer ini?

Jadi, leksikografer adalah seorang yang bekerja untuk selalu memperbaharui KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pasti kamu udah ga asing kan karena di setiap pelajaran bahasa Indonesia biasanya para pengajar meminta kalian untuk membawa KBBI.

Leksikografer memiliki peranan penting untuk selalu mengembangkan bahasa maupun memperbanyak kosakata yang ada di Bahasa Indonesia guys. Pekerjaan ini membutuhkan lulusan sastra Indonesia juga lho! Apakah kamu tertarik?

2. Penerbitan

Photo by Markus Winkler on Pexels.com

Kedua, kamu bisa banget nih guys bekerja di penerbitan buku impian kamu. Misalnya, Gramedia, Bentang Pustaka, atau bahkan berbagai penerbitan indie lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa kok untuk membuka penerbitan sendiri guys. Pastinya kamu akan bergumul dengan  berbagai karya dan kertas-kertas dari setiap penulis di Indonesia guys!

Apalagi kamu juga bisa lho berjumpa dengan penulis favorit kamu, khususnya ketika kamu bekerja di sebuah penerbitan besar! Seru sekali bukan?!

3. Dosen

Photo by fauxels on Pexels.com

Selanjutnya, adalah dosen guys. Lulusan sastra Indonesia pastinya mampu mengajar di prodi sastra Indonesia, apalagi kamu sebagai alumni yang mengajar di kampusmu sendiri. Tentunya kesempatan ini lebih besar guys.

Oh iya, di semester awal setiap jurusan pastinya masih ada beberapa mata pelajaran inti yang harus kamu pelajari guys. Di dalam pelajaran inti tersebut pastinya terdapat pelajaran bahasa guys. Nah, tentunya pengajar bahasa Indonesia sangat dibutuhkan untuk setiap intsitut atau universitas.

4. Penerjemah

Photo by Pixabay on Pexels.com

Apakah kamu termasuk orang yang senang bertemu orang baru? Atau kamu tertarik bertemu dengan akademisi sampai turis yang berasal dari luar Indonesia? Apabila iya, kamu bisa menjadi seorang penerjemah bahasa Indonesia.

Seringkali Indonesia kedatangan berbagai akademisi maupun turis yang datang khusus untuk melakukan penelitian atau kebudaayan di Indonesia sehingga penerjemah khusus dalam bahasa Indonesia dapat menjadi rekan yang tepat dalam menyelesaikan sebuah penelitian tersebut.

Selanjutnya, penerjemah juga tak harus bertemu orang. Di sisi lain, terdapat beberapa buku asal luar negeri yang bisa banget dinikmati dalam bahasa Indonesia.

Hal ini lagi-lagi tak lepas dari peranan penerjemah yang membantu untuk mengubah bahasa asing menjadi bahasa Indonesia. Maka dari itu, tak jarang kamu akan menemukan beberapa novel asing dalam bahasa Indonesia.

5. Pustakawan

Photo by Pixabay on Pexels.com

Selanjutnya, saat kamu lulus sebagai sarjana sastra Indonesia tentunya buku bukanlah hal yang asing bagimu. Sebaliknya, tentu kamu bergaul dengan buku dong guys! Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari pekerjaan kedepannya.

Kamu bisa melamar sebagai seorang pustakawan. Tentunya sebagai seseorang yang menyukai buku, menjadi pustakawan adalah pekerjaan idaman karena kamu akan bekerja langsung dengan  berbagai buku.

Oh iya guys, umumnya di perpustakaan daerah atau provinsi pastinya memerlukan lebih dari 1 pustakawan. Hal ini dikarenakan banyaknya buku-buku atau jurnal yang harus dirawat. Sehingga menjadi pustakawan tidak akan kesepian karena terlalu suntuk dengan berbagai buku.

6. Guru bahasa Indonesia

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Selain dosen, pengajar bahasa Indonesia juga sangat dibutuhkan di berbagai jenjang guys. mulai dari SD, SMP, sampai SMA hampir tiap sekolah memerlukan guru bahasa Indonesia untuk mengajar para muridnya. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang suka dengan anak-anak dan kegiatan belajar mengajar.

Tak lupa, sebagai seorang guru bahasa Indonesia kamu juga akan berhubungan dengan berbagai kegiatan sosial dan berkolaborasi dengan guru lain dalam satu sekolah untuk membantu membuat kurikulum bagi anak-anak. Tentunya pekerjaan ini sangat menyenangkan dan penuh tantangan guys.

7. SEO Specialist

Photo by Tobias Dziuba on Pexels.com

Nah, siapa nih di antara kalian yang hobi menulis? Mulai dari artikel atau opini? Pastinya buat kalian yang gemar menulis atau bahkan memiliki blog sendiri kalian tidak akan asing dengan SEO bukan?

SEO atau singkatan dari Search Engine Organization adalah sebuah teknik atau cara untuk meningkatkan traffic sebuah blog guys. Cara ini dapat memaksimalkan sebuah artikel agar selalu muncul di laman pertama dari Google.

Buat kamu yang menyelesaikan pendidikan di jurusan sastra Indonesia, pastinya bisa banget nih untuk bergabung sebagai SEO spesialis. Biasanya berbagai media besar yang memuat artikel membutuhkan SEO untuk memaksimalkan websitenya. Contohnya seperti IDN Times atau Detik.com yang membutuhkan SEO spesialis.

Pekerjaan ini akan selalu berhubungan dengan pengolahan kata dan kemampuanmu dalam menganalisis suatu artikel untuk dibedah dan diperdalam isi atau kata kunci terkait.

8. Wartawan atau jurnalis

Photo by Redrecords ©️ on Pexels.com

Kamu termasuk sebagai orang yang suka terjun ke lapangan langsung? Bertemu dan berbincang dengan orang asing? Tentunya, kamu bisa banget nih untuk menjadi seorang jurnalis atau wartawan. Bahkan kebanyakan mahasiswa jurusan sastra Indonesia bercita-cita sebagai jurnalis atau wartawan.

Berbagai perusahaan media di Indonesia juga memerlukan wartawan atau jurnalis sebagai penggerak di tiap-tiap berita yang ditayangkan guys. Seperti Kompas, CNN, BBC, dan berbagai media lainnya tak lepas dari seorang jurnalis yang handal. Selain itu, jurnalis atau wartawan juga memiliki jobdesk tertentu sesuai dengan bagian yang diberikan guys.

Misalnya, wartawan yang khusus untuk update berita terbaru, jurnalis gaya hidup, maupun wartawan selebriti dan berbagai bidang lainnya guys. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan hobi atau bakatmu ya guys!

9. Editor

Photo by Peter Olexa on Pexels.com

Tahu ga sih guys, di balik semua artikel, esai, sampai novel yang kamu baca sekarang ada seorang yang tak kalah penting selain penulis. Siapa lagi kalau bukan editor yang handal yang secara teliti menoreksi setiap tanda baca, huruf, sampai frasa dari setiap karya yang kamu buat.

Pekerjaan ini cocok banget nih buat kamu yang menyukai dunia tulis-menulis dan juga membaca atau membedah sebuah karya. Apabila kamu bekerja sebagai seorang editor maka dijamin setiap hari kamu akan bertemu dengan berbagai karya dari setiap orang maupun penulis fenomenal.

10. Penulis

Photo by Kaboompics .com on Pexels.com

Terakhir, pekerjaan yang paling diinginkan dari semua lulusan sastra Indonesia adalah penulis. Di dunia ini terdapat berbagai macam jenis penulis. Mulai dari penulis novel (novelis), cerpenis, esais, sampai ghost writer yang termasuk ke dalam kategori penulis.

Namun, perlu kamu ketahui guys ga harus menjadi seorang lulusan sastra Indonesia kok untuk menjadi seorang penulis. Kamu bisa menulis, mengekspresikan apapun melalui kata bahkan sebelum kamu duduk di bangku kuliah. Hal ini dikarenakan menulis adalah sarana untuk meditasi atau menenangkan hati bagi beberapa orang.

Nah, di atas adalah 10 Prospek kerja lulusan sastra Indonesia yang wajib banget nih kamu ketahui. Sejatinya guys, apapun pekerjaan yang nantinya kamu jalani pastikan untuk melakukannya sebaik mungkin. Berikan seluruh tenaga dan waktumu secara maksimal untuk melakukan pekerjaan tersebut ya guys! Selalu Semangat!

This post was last modified on Oktober 4, 2020 6:45 pm

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

Harga Paket UTBK Pahamify

Harga Paket UTBK Pahamify - Tahukah kamu bahwa rasio tingkat kegagalan siswa saat seleksi masuk… Read More

Oktober 18, 2020

5 Keunggulan Try Out UTBK di Pahamify

Try out merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif, baik untuk persiapan ujian semester,… Read More

Oktober 17, 2020

Rekomendasi Kelas Prakerja di Skill Academy yang Wajib Kamu Coba!

Rekomendasi Kelas Prakerja - Gimana rasanya udah 7 bulan kalian selama di rumah aja? Apakah… Read More

Oktober 15, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Semester 1 K13 Revisi!

Buat kamu yang sedang mencari rangkuman materi IPS kelas 7 sebagai bahan belajar atau persiapan… Read More

Oktober 14, 2020

Daftar KI dan KD IPA SMP Kelas 7, 8, dan 9 K13 Revisi Terbaru!

Bagi Bapak/Ibu guru IPA yang sedang mencari daftar Kompetensi Intin (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)… Read More

Oktober 14, 2020

Soal Semester Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 10

Sebagai bahan persiapan kamu menghadapi ujian semester ganjil pada mata pelajaran Ekonomi, berikut ini saya… Read More

Oktober 13, 2020