10 Prospek Kerja Teknik Lingkungan Paling Menjanjikan di Masa Depan!

Hai guys! Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita untuk masuk ke jurusan teknik lingkungan? Yap, teknik lingkungan merupakan salah satu jurusan yang selalu mengalami peningkatan peminat dari tahun ke tahun. Di kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan beberapa prospek kerja teknik lingkungan untuk kamu ketahui.

Siapa tahu nih, ada di antara kamu yang masih dilematis untuk memilih jurusan juga. Setelah mengetahui berbagai prospek menarik jurusan ini, jadi tambah yakin untuk masuk teknik lingkungan. So, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya.

Daftar Isi

Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Paling Menjanjikan

1. Peneliti

prospek kerja teknik lingkungan
Micorscope is used by researcher who use her hands holding and adjusting while science research in laboratory

Prospek kerja teknik lingkungan yang pertama ialah peneliti. Bagi kamu yang gemar melakukan riset sampai membuat berbagai kajian ilmiah, menjadi peneliti tentu hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Ga hanya itu, peneliti sangat dibutuhkan untuk terus mengembangkan teknologi berbasis lingkungan, membantu mengatasi permasalahan lingkungan, dan memberikan berbagai alternatif terbaik bagi keseimbangan lingkungan guys.

By the way, salah satu teman penulis juga ada yang mengambil jurusan teknik lingkungan. Berkat kecintaannya terhadap lingkungan dan rajin melakukan riset mendalam, kini dia bisa bersekolah di London (UCL) dengan beasiswa 100% didanai penuh.

2. Dosen atau Akademisi

Prospek kerja teknik lingkungan berikutnya adalah dosen atau akademisi. Kalau kamu senang belajar sekaligus mengajar, maka dosen bisa menjadi salah satu pertimbangan profesi di masa depan guys.

Bahkan kini ada banyak universitas baru yang membuka program studi teknik lingkungan. So, menjadi kesempatan emas banget apabila kamu tertarik untuk menjadi seorang dosen suatu hari nanti.

Baca Juga:  Info Jurusan Ilmu Gizi yang Wajib Kamu Ketahui Beserta 5 Prospek Pekerjaan Paling Menjanjikan!

Masalah pendidikan? Tenang guys, di jenjang Master sampai Doktor nanti, akan ada banyak beasiswa yang akan menunjang pendidikanmu. Tentu dengan catatan kamu sungguh-sungguh menekuni bidang ini.

3. Teknisi Konservasi Lingkungan

prospek kerja teknik lingkungan
Woman Biological Researcher Taking a Water Sample

Next, siapa nih di antara kamu yang hobi berpetualang? Mulai dari naik gunung, menyusuri hutan, sampai berkemah? Untuk kamu yang memiliki hobi demikian dan kebetulan masuk ke teknik lingkungan, maka pekerjaan satu ini bisa banget menjadi pertimbanganmu ke depan guys.

Yap, kamu bisa menjadi seorang teknisi konservasi lingkungan. Pekerjaan satu ini terbilang gampang-gampang susah. Pertama, membutuhkan dedikasi yang besar untuk bekerja di tempat konservasi. Kedua, kamu yang menyukai keadaan alam tentu sangat menyenangkan bisa bekerja di dalamnya.

4. Staff Negara

Siapa bilang prospek kerja teknik lingkungan hanya berkisar mengenai alam langsung atau perusahaan swasta? Jangan salah gengs, kamu yang masuk ke teknik lingkungan tetapi ingin bekerja di sektor pemerintahan juga bisa kok.

Kamu bisa melamar menjadi seorang staff badan-badan pemerintah. Mulai dari BUMN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sampai berbagai kelembagaan lain di bidang lingkungan. Pekerjaan ini juga terbilang menyenangkan dengan gaji yang meyakinkan guys.

5. Konsultan Lingkungan

prospek kerja teknik lingkungan
Businesswoman working in a crop field

Next, prospek kerja teknik lingkungan satu ini disebut sebagai konsultan lingkungan. Kerjanya ngapain aja sih? Tentunya kamu akan melakukan beberapa penelitian atau identifikasi terkait kasus-kasus yang sedang dibahas. Misalnya, pengelolahan limbah, pencemaran udara, dan masih banyak lagi.

Umumnya setiap perusahaan swasta yang berhubungan dengan sumber daya alam seperti pertambangan atau pabrik tekstil akan memerlukan seorang konsultan lingkungan. Tugasnya ialah membantu mengelolah limbah yang telah dihasilkan agar tidak merugikan masyarakat sekitar.

6. Penulis atau Jurnalis

Buat kamu yang menyukai lingkungan sekaligus kegiatan tulis-menulis, maka menjadi jurnalis bisa kamu pertimbangkan sebagai profesi di kemudian hari. Yap, ternyata seorang lulusan teknik lingkungan juga bisa menjadi penulis atau jurnalis lho.

Baca Juga:  20 Kampus Jurusan Psikologi PTS di Indonesia

Apalagi kamu memang menyukai kegiatan membaca atau riset, wah cocok banget deh! Kamu bisa bekerja sebagai jurnalis di berbagai media nasional sampai internasional guys. Ga hanya itu, pekerjaan menulis ini juga bisa menjadi sampingan apabila kamu memiliki pekerjaan utama yang berkaitan langsung dengan teknik lingkungan.

7. Manajer Lingkungan

prospek kerja teknik lingkungan
Mid adult businesswoman presents corporate charity opportunities to a group of colleagues.

Dalam suatu perusahaan, apalagi yang berhubungan dengan sumber daya mentah, maka seorang manajer lingkungan akan snagat diperlukan. Bahkan dalam lembaga pemerintahan sampai organisasi nirlaba, profesi ini tetap dibutuhkan guys. Lantas, apa aja sih jobdesk seorang manajer lingkungan?

Tentunya, mereka bertanggung jawab untuk mengawasi staff atau pekerja yang ada di perusahaan sekaligus memikirkan keputusan-keputusan jangka panjang berkaitan dengan sumber daya dan lingkungan. Seorang manajer lingkungan juga memiliki tanggung jawab yang besar, terutama apabila berkaitan dengan pekerja di divisinya.

8. Konten Kreator

Prospek kerja teknik lingkungan berikutnya ialah menjadi konten kreator. Di zaman digital ini guys, ada banyak media massa berbasis social media yang dengan mudah didirikan di penjuru dunia.

Tentu kamu udah ga asing dengan berbagai media berbasis lingkungan seperti Greenpeace, Earthrise Studio, Eart.org, dan masih banyak lagi. Seluruh media tersebut dibentuk oleh beberapa konten kreator.

Apabila kamu tertarik untuk berkecimpung di dunia tersebut, maka ada banyak media sosial yang bisa menjadi saranamu menyumbangkan ide. Mulai dari Youtube, Instagram, bahkan Tiktok yang kini marak digunakan masyarakat Indonesia.

9. Filmmaker

prospek kerja teknik lingkungan
Woman with stabilized camera rig filming outdoors on a sunny afternoon

Selain konten kreator, prospek kerja teknik lingkungan satu ini juga ga jauh-jauh dari sosial media guys. Bagi kamu lulusan teknik lingkungan dan kebetulan memiliki kecintaan terhadap kamera dan sinematografi, filmmaker mungkin menjadi profesi yang tepat untukmu.

Baca Juga:  Ingin Bekerja di PBB? Yuk, Kenalan Dulu Dengan MUN dan Rules yang Ada di Dalamnya!

Kamu bisa membuat berbagai film pendek bertema lingkungan sampai film dokumenter seperti Jack Harries dari Earthrise Studio. Selain itu, pekerjaan ini tergolong fleksibel sehingga ada banyak filmmaker atau konten kreator lingkungan yang juga menjadi seorang aktivis di berbagai organisasi non-profit.

10. Pengusaha

Prospek kerja teknik lingkungan yang terakhir ialah menjadi pengusaha, tentunya pengusaha yang bergerak di bidang lingkungan. Kamu bisa bekerja menjadi seorang pengusaha bibit tanaman, pertanian, pengusaha pangan, atau bahkan serangkaian inovasi terbaru untuk lingkungan yang lebih baik.

Dikarenakan kamu memiliki basic sebagai lulusan teknik lingkungan, maka akan ada banyak pengalaman sekaligus ilmu yang sangat berguna untuk mengembangkan inovasi di bidang lingkungan dan alam guys.

Nah, itu tadi beberapa prospek kerja teknik lingkungan yang paling menjanjikan sekaligus sangat diperlukan di masa depan. Lingkungan menjadi salah satu disiplin ilmu yang ga akan pernah mati guys.

Sampai kapanpun dan di manapun, disiplin ilmu ini akan terus dipelajari dan mengalami perkembangan. Terlebih lagi saat kondisi bumi semakin tua dan perubahan iklim di depan mata, sudah saatnya generasi muda turut andil dalam memperjuangkan lingkungan.

So, penulis sangat berharap untuk kamu yang memiliki passion di bidang lingkungan agar memantapkan hati dan keinginanmu ya. Maksimalkan segala potensimu untuk membantu sesama sekaligus menyelamatkan lingkungan. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

5 Fakta Kelas IUP yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk ke kelas IUP? Yap, IUP atau Internation…