5 PTN Terbaik 2021 Berdasarkan Skor UTBK SAINTEK!

Hai, kamu anak SMA yang bercita-cita melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Namun, tahu gak sih kalau Indonesia memiliki banyak banget perguruan tinggi?

Kali ini penulis ingin membagikan beberapa PTN terbaik 2021 berdasarkan skor rata-rata UTBK SAINTEK. Eits, sebelumnya kamu udah tahu belum, kalau jalur masuk perguruan tinggi negeri dibagi menjadi 3. Salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri ialah SBMPTN atau UTBK.

Seleksi UTBK menggunakan ujian tes tulis sebagai bahan pertimbangan diterimanya mahasiswa. Ujian ini dilaksanakan serentak untuk seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. UTBK juga terdiri dari 2 golongan, yaitu SOSHUM dan SAINTEK.

Dari banyaknya perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya memiliki kualitas di atas rata-rata. Penasaran apa aja? Yuk, langsung simak ulasan di bawah ini ya!

Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Jurusan SAINTEK

1. Universitas Indonesia

ptn terbaik 2021
Depok, Indonesia – August 19, 2018: The rectorate building of the University of Indonesia in West Java.

Universitas Indonesia biasa disingkat UI terletak di Provinsi Jawa Barat. UI cukup terkenal di kalangan pelajar Indonesia, hal ini karena kualitas pendidikan yang dimiliki UI. Selain itu, banyak alumni UI yang menjadi orang penting di Indonesia seperti Sri Mulyani yang merupakan Menteri keuangan Indonesia saat ini.

Popularitas yang dimiliki UI membuat UI memiliki banyak peminat, sehingga daya saing disana juga menjadi cukup ketat. ahun ini UI juga masuk dalam daftar 300 universitas terbaik di dunia berdasarkan QS World University.

Tahun lalu, berdasarkan rata-rata UTBK, UI masuk dalam peringkat ke-2 dengan nilai 620,01. Sedangkan pada tahun 2021 ini UI berhasil naik menjadi peringkat pertama dengan rata-rata nilai UTBK 693,52. Tak cukup menjadi nomor satu di Indonesia, UI sudah mulai menduduki peringkat dunia

Baca Juga:  Jurusan Sepi Peminat dan Unik, Mungkin Cocok Denganmu!

2. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau biasa disingkat ITB. Sesuai namanya, ITB terletak di Kota Bandung. ITB sudah didirikan sejak tahun 1920, namun baru diresmikan menjadi Institut Teknologi Bandung pada tahun 1959.

ITB memiliki alumni yang menjadi tokoh penting. B.J Habibie merupakan mantan Presiden Indonesia ke-3. Beliau salah satu lulusan penting dari ITB yang berjasa pada pembangunan pesawat terbang di Indonesia.

Dilihat dari poplaritas serta alumni pentingnya, tak heran ITB menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Bahkan sejak 2013, ITB menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum yang memiliki otonomi pengelolaan baik dalam akademik maupun non akademik.

Sejak tahun 2007 hingga 2020, ITB menduduki peringkat 1. Pada tahun ini, ITB menduduki peringkat 2 dengan nilai 683,90.

3. Universitas Gadjah Mada

ptn terbaik 2021

Univesitas Gadjah Mada ini biasa juga disebut UGM. UGM terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIY menjadi kota rekreasi yang memiliki banyak peminat, sehingga UGM juga memiliki banyak peminat dari pelajar di luar DIY.

UGM merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah Indonesia merdeka. UGM didirikan pada tahun 1949. UGM juga memiliki banyak peminat di kalangan pelajar.

Menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik, UGM juga memiliki alumni yang menjadi tokoh penting seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Peminat yang banyak dari seluruh Indonesia menjadikan persaingan untuk masuk UGM juga cukup ketat. Dari rata-rata UTBK, UGM konsisten menduduki peringkat ke-3 selama tiga tahun, dan tahun ini nilai UTBK UGM 656,52.

4. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga juga biasa disingkat Unair atau UA. UA terletak di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, UNAIR merupakan NIAS yang didirikan oleh pemerintah Belanda. NIAS didirikan sebagai tempat pendidikan dokter di Surabaya.

Baca Juga:  5 Jenis Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Kamu Wajib Tahu Nih!

Hal ini terjadi karena adanya usul kepada pemerintah Belanda untuk mendidik para pemuda di Jawa menjadi ahli praktik kesehatan. Sehingga, saat ini UNAIR memiliki FK yang cukup baik.

Bersaing dengan universitas terbaik lain, UNAIR juga memiliki beberapa alumni penting seperti Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Gubernur Jawa Timur saat ini, hingga Ari Lasso. UA memiliki banyak peminat terutama pelajar yang ingin berkuliah di bidang kedokteran.

Tahun-tahun sebelumnya UNAIR tidak masuk dalam PTN terbaik berdasarkan rata-rata nilai UTBK, tetapi tahun 2021 UNAIR berhasil meraih peringkat 4 dengan nilai 639,97.

5. Universitas Diponegoro

ptn terbaik 2021

Universitas Diponegoro akrab disingkat sebagai UNDIP. UNDIP terletak di Semarang, Jawa Tengah. Sebelumnya UNDIP adalah perguruan tinggi swasta, kemudian pada tahun 1960 berganti status menjadi perguruan tinggi negeri.

Pada tahun 2015, UNDIP juga diresmikan menjadi perguruan tinggi negeri badan hukum seperti UGM. Pada tahun 2020 UNDIP menjadi peringkat ke-4 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Segudang prestasi dan alumni penting yang dimiliki, membuat UNDIP menjadi salah satu universitas terbaik yang memiliki banyak peminat. Sehingga seleksi UTBK di UNDIP penuh persaingan antar pelajar. Tahun ini 2021, UNDIP berhasil meraih peringkat 5 dengan nilai 631.86

Sekarang kamu sudah mengetahui urutan dan informasi singkat mengenai perguruan tinggi negeri terbaik berdasarkan rata-rata nilai UTBK saintek 2021. Kamu bisa menggunakan informasi ini sebagai bahan acuan untuk memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Terutama jika kamu ingin masuk dalam jurusan SAINTEK ketika kuliah nanti dan akan mengikuti seleksi UTBK untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Nilai rata-rata ini dapat kamu jadikan sebagai salah satu acuan untuk mempersiapkan diri mengikuti UTBK.

Baca Juga:  5 Cara Menemukan Masalah Penelitian Saat Mengerjakan Skripsi

Persiapkanlah dari jauh-jauh hari agar kamu dapat berjuang dan mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Buatlah target nilai yang akan kamu capai selama try out hingga pengerjaan UTBK. Semangat selalu pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…