Categories: Kuliah

Gunadarma Masuk Sebagai PTS Terbaik di Indonesia, Ini Alasannya

Share

Pada tahun 2020, Universitas Gunadarma telah dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia oleh situs survei webometrics. Menurut situs webometrics, Universitas Gunadarma menduduki peringkat ke-6 PTS terbaik di Indonesia.

Universitas yang berpusat di kota Depok ini, telah berhasil mencetak berbagai prestasi. Sehingga tidak mengherankan apabila Universitas Gunadarma menjadi salah satu PTS terbaik di Indonesia. Lalu, apa saja bukti lain yang dapat mendukung Universitas Gunadarma menjadi PTS terbaik? Mari kita bahas satu per satu.

kumparan.com

6 Alasan Gunadarma Masuk Sebagai PTS Terbaik di Indonesia

1. Kampus Terakreditasi A

Universitas Gunadarma telah mendapatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan predikat A. Tidak hanya itu, sebagian besar program studi (prodi) di Universitas Gunadarma juga telah mendapatkan akreditasi A. Akreditasi ini secara resmi diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

2. PTS Terbaik di Bidang IT

Universitas Gunadarma memang sudah dikenal sebagai PTS terbaik di Indonesia di bidang IT. Hal ini karena fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Universitas Gunadarma telah banyak memanfaatkan IT untuk menunjang proses pembelajaran.

Diharapkan dengan adanya IT, proses pembelajaran dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, dan tidak hanya di kelas atau di laboratorium saja. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Universitas Gunadarma telah menggunakan fasilitas berupa virtual class, video conference, atau TV digital dalam penerapan pembelajaran online kepada mahasiswa.

3. Menciptakan Ventilator COVID-19

suara.com

Menghadapi pandemi COVID-19 tidak menjadikan Universitas Gunadarma berhenti untuk berinovasi. Sebaliknya, dalam menghadapi situasi pandemi, Universitas Gunadarma justru berhasil menciptakan inovasi yang dapat membantu pasien COVID-19, inovasi ini adalah alat pernapasan ventilator.

Penciptaan inovasi ini melibatkan tiga fakultas sekaligus yaitu Fakultas Teknik Industri, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Ilmu Komputer. Dengan alat ini diharapkan dapat membantu lebih banyak pasien COVID-19 untuk penyembuhan dari virus.

Selain dapat membantu banyak orang, inovasi yang diciptakan oleh Universitas Gunadarma ini menggunakan material yang hampir semuanya berasal dari dalam negeri. Tujuannya adalah agar ventilator ini bisa diproduksi dengan cepat dan efisien.

4. Mengembangkan PAPR

Masih berkaitan dengan ventilator, Universitas Gunadarma juga mengembangkan inovasi lain yaitu perangkat PAPR (Powered Air Purifying Respirator). Perangkat PAPR memiliki kegunaan sebagai pelengkap APD.

Cara kerja dari perangkat ini adalah modifikasi masker dengan menambahkan saluran inspirasi dan ekspirasi yang dilengkapi sensor pendeteksi tekanan inspirasi dan ekspirasi. Modifikasi dilakukan agar dapat memberikan pernapasan yang sesuai dengan ritme pernapasan penggunanya. Kelebihan lainnya dari perangkat ini adalah bebas dari bakteri dan virus.

5. Gunadarma Techno Park

Gunadarma Techno Park merupakan pusat terpadu pengembangan teknologi, manajemen, pendidikan dan bisnis. Gunadarma Techno Park ini merupakan salah satu fasilitas yang didirikan oleh Universitas Gunadarma sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pengabdiannya dikhususkan pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau teknologi tepat guna pada berbagai bidang ilmu.

Saat memasuki kawasan Gunadarma Techno Park (GTP), Pengunjung akan disuguhkan dengan cluster atau area yang secara khusus menitikberatkan pada pengembangan dan penerapan teknologi. Gunadarma Techno Park memiliki beberapa area, antara lain yaitu Agropark, Technopark, Ecopark, Agroscience, Edupark, Tourism Park, dan Sport Science Park. Semuanya terintegrasi dalam sebuah Taman Wisata Agro Ekonomi.

Masing-masing area ini memiliki tujuan yang berbeda-beda. Misalnya, Agrotechnopark adalah kawasan untuk pengembangan industri pertanian yang berbasis teknologi seperti peternakan, perikanan dan pertanian. Sedangkan untuk wilayah pengembangan industri pengolahan berbasis teknologi, yaitu pengolahan pasca panen, bengkel teknologi yang tepat guna, pengolahan limbah industri terletak di kawasan Techno Park. Sementara itu, Ecoedupark merupakan ruang edukasi tentang teknologi informasi, pariwisata dan belanja.

Sedangkan Park Agroscience dan Park Agrotechno merupakan kawasan fungsional untuk penerapan berbagai teknologi bidang pertanian tanaman pangan, hortikultura, peternakan, dan perikanan, dan pengolahan produk (pasca panen) yang telah dipelajari oleh banyak LPNK, swasta, PTN/PTS untuk diterapkan dalam skala ekonomi, serta balai pelatihan dan pusat transfer teknologi ke masyarakat luas.

Dengan adanya Gunadarma Techno Park diharapkan mahasiswa dapat mengimplementasikan  pembelajaran yang diperoleh kepada masyarakat luas, misal menggunakan metode project-based learning atau pengembangan kewirausahaan mahasiswa melalui bisnis startup berbasis teknologi.

6. Mendukung e-Government

Tidak hanya menyediakan fasilitas berdaya guna seperti Gunadarma Techno Park (GTP), Universitas Gunadarma juga telah meluncurkan inovasi lain yang tidak kalah bermanfaat yaitu e-government atau teknologi yang dapat diterapkan di pemerintahan. Hingga saat ini, peluncuran ini telah berjalan di Pekalongan dan Aceh.

Dalam peluncuran inovasi ini, mahasiswa dilibatkan secara langsung, dimana mahasiswa diminta memberikan pelatihan IT bagi para PNS. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan pemerintahan yang berjalan efektif, cepat, dan bersih. Selain itu, inovasi ini juga mulai dijalankan di Depok, dimana proyek yang tengah berjalan adalah menciptakan kota cyber dan kota pintar (smart city).

Itulah beberapa alasan yang menjadikan Universitas Gunadarma menjadi PTS terbaik. Bagi para calon mahasiswa, jangan ragu untuk memilih Universitas Gunadarma sebagai PTS idaman, karena Universitas Gunadarma terbukti sebagai PTS terbaik di Indonesia.


This post was last modified on Juli 19, 2022 4:23 pm

Admin

Temukan informasi seputar dunia pendidikan, tips belajar, tips memilih jurusan, persiapan UN, dan SBMPTN.

Leave a Comment
Published by
Admin

Recent Posts

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi bintang yang saling… Read More

November 28, 2022

Informasi Terlengkap Jurusan Manajemen Hutan, Program Studi Langka di Indonesia

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Kali ini, seperti biasa penulis akan membagikan berbagai informasi terkait… Read More

November 28, 2022

Simak Yuk 4 Cara Membuat Pembatas Buku Cantik dengan Mudah dan Cepat

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bagi sebagian orang. Kebiasaan ini sendiri… Read More

November 27, 2022

Informasi Terlengkap Jurusan Rekayasa Nanoteknologi Beserta 5 Prospek Pekerjaannya di Indonesia

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat dan bahagia dimanapun… Read More

November 27, 2022

Ini Dia 3 Jenis Kata Imbuhan dalam Bahasa Indonesia yang Paling Sering Digunakan

Kata imbuhan menjadi salah satu materi yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Dimulai sewaktu… Read More

November 27, 2022