Kepoin Yuk 8 Rekomendasi Beasiswa S1 di Kampus Terbaik Dalam dan Luar Negeri!

Siapa sih di antara kamu yang tidak tertarik untuk mendapatkan beasiswa? Yap, beasiswa menjadi salah satu cara untuk setiap siswa tetap melanjutkan pendidikan, baik di jenjang SMA hingga perkuliahan. Berhubung saat ini sedang ramai penerimaan mahasiswa baru, maka penulis hendak membagikan beberapa rekomendasi beasiswa. 

Rekomendasi beasiswa S1 di bawah ini tersedia bagi kamu yang sedang melanjutkan pendidikan di dalam negeri, maupun kamu yang hendak melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Menariknya berbagai beasiswa di bawah tersedia fully funded atau partial funded guys. So, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya!

Daftar Isi

Rekomendasi Beasiswa S1

1. Beasiswa Teladan Tanoto

rekomendasi beasiswa s1

Rekomendasi beasiswa S1 yang pertama adalah beasiswa Teladan Tanoto. Beasiswa satu ini sendiri masih dibuka hingga akhir Agustus nanti guys, jadi kamu yang tertarik bisa langsung mendaftar ya. 

Beasiswa Teladan Tanoto sendiri hanya tersedia bagi kamu yang tengah menempuh pendidikan di beberapa PTN yang menjadi mitra bagi Tanoto Fondation guys, mulai dari UGM, ITB, IPB, UI, Unbraw, dan beberapa universitas lainnya. 

Lantas cakupan dari beasiswa ini apa aja sih guys? Pertama pembiayaan kuliah hingga kamu lulus atau 8 semester, kemudian kamu juga akan mendapat beberapa pelatihan kepemimpinan, kesempatan internship di mitra Tanoto Fondation, hingga relasi yang luas. 

2. Beasiswa Kemdikbud

Mungkin Sebagian dari kamu sudah tidak asing dengan beasiswa LPDP, tetapi tahukah kamu kalua pemerintah juga memberikan beasiswa bagi kamu untuk melanjutkan pendidikan di S1? Yap, rekomendasi beasiswa S1 kali ini akrab disapa sebagai Beasiswa Pendidikan Indonesia sebagai perluasan dari LPDP. 

Baca Juga:  9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost

Beasiswa S1 yang ditawarkan antara lain S1/D4 untuk calon guru, S1 pelaku budaya, dan beasiswa MAJU yang tersedia di dalam maupun luar negeri guys. Terdapat beberapa persyaratan untuk kamu yang hendak mendaftar beasiswa satu ini. 

Mulai dari surat keterangan sehat hingga esai yang berisi komitmenmu terhadap negara atau instansi tempatmu melanjutkan pendidikan. Hal menarik dari beasiswa ini adalah tersedia untuk kamu penyandang disabilitas juga guys. So, bagaimana? Apakah kamu tertarik mendaftar beasiswa ini? 

3. Djarum Beasiswa Plus

rekomendasi beasiswa s1

Selain dari pemerintah, rekomendasi beasiswa S1 berikutnya berasal dari perusahaan swasta di Indonesia yakni Djarum. Sebagai salah satu perusahaan raksasa, Djarum juga menyediakan beasiswa bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan S1 atau D4 guys. 

Fasilitas yang ditawarkan dari beasiswa ini adalah cakupan untuk biaya kuliah hingga studimu selesai. Selain itu, beasiswa ini juga meminta beberapa persyaratan untuk kamu yang hendak mendaftar guys. 

Mulai dari pengisian formular online, tes tertulis, wawancara, hingga berkas administrasi yang harus kamu dikirimkan ke panitia. Untuk kamu yang tertarik, beasiswa ini biasanya dibuka sebanyak 1 kali dalam 1 tahun dan hanya bisa diakses bagi kamu yang tengah menempuh semester 4 guys. 

4. Global Korea Scholarship 

Berikutnya ada Global Korea Scholarship atau GKS. Di luar berbagai beasiswa untukmu melanjutkan pendidikan di dalam negeri, kini penulis juga hendak memberikanmu rekomendasi beasiswa S1 di luar negeri. Pertama, ada beasiswa yang berasal dari Korea Selatan yaitu Global Korea Scholarship. 

Program ini dibagi menjadi dua guys, yakni jalur universitas atau university track dan jalur kedutaan besar Korea atau embassy Track. Oh iya, beasiswa ini termasuk fully funded ya guys. So, apa aja sih yang akan kamu dapatkan ketika menjadi awardee dari beasiswa ini? 

Pertama, kamu akan mendapatkan pembiayaan kuliah full, tiket kedatangan hingga kepulangan, tunjangan hidup selama belajar di Korea Selatan, hingga asuransi kesehatan guys. Yap, cukup lengkap ya?

Baca Juga:  Kegiatan yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah

Oh iya, buat kamu yang mungkin belum terlalu fasih dalam berbahasa Korea, tenang aja guys, beasiswa ini juga menyediakan training Bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan dimulai. Jadi, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa Global Korea Scholarship ini? 

5. Beasiswa Turkiye Burslari

rekomendasi beasiswa s1

Rekomendasi beasiswa S1 berikutnya khusus untuk kamu yang hendak melanjutkan pendidikan ke Turki guys! Yap, Turki menjadi salah satu incaran pelajar Indonesia dalam menempuh pendidikan lho. Untuk kamu yang tertarik bisa mencoba beasiswa Turkiye Burslari ini. 

Eits, sebelum masuk ke berbagai fasilitas yang akan kamu dapat apabila menjadi awardee dari beasiswa ini, penulis ingin memberitahumu kalua beasiswa ini tersedia bagi S1, S2, hingga S3 guys. Bahkan untuk masing-masing jenjang, kamu akan mendapatkan kursus Bahasa Turki sebelum keberangkatan guys. Menarik bukan?

Nah, cakupan dari beasiswa ini apa aja sih? Pertama, beasiswa ini akan memberikanmu tunjangan penuh uang kuliah hingga kamu lulus guys. Kamu juga akan mendapat tunjangan bulanan untuk biaya hidup hingga akomodasi atau tempat tinggal. Eits, ga lupa ada tiket pulang-pergi juga untukmu di awal dan akhir studi guys. 

6. Stipendium Hungaricum

Ada ga sih di antara kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Hungaria? Yap, Hungaria merupakan salah satu negara menarik di bagian Eropa Timur yang terkenal dengan kesenian, gedung-gedungnya yang indah, maupun selera musik yang menarik.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Eropa khususnya, maka beasiswa ini bisa menjadi salah satu pilihanmu guys. Biasanya sih beasiswa ini dibuka di awal tahun sekitar bulan Januari. 

Lalu cakupan dari beasiswa ini apa aja sih? Tentu kamu akan mendapat tunjangan pembiayaan kuliah full hingga lulus studi, kemudian tunjangan biaya hidup, asrama sebagai tempat tinggal, hingga jaminan kesehatan gratis guys. Oh iya, buat kamu yang belum bisa Bahasa Hungaria, maka jangan khawatir karena tersedia kelas gratis juga. 

Baca Juga:  Daftar Program Studi S1 Ilmu Gizi Terakreditasi A di Indonesia

Lantas dokumen apa aja sih yang diperlukan? Pertama kamu memerlukan formular pendaftaran yang bisa kamu dapatkan di laman resmi beasiswa ini, kemudian transkrip nilai selama SMA, sertifikat prestasi, dan tak lupa sertifikat kemahiran Bahasa seperti TOEFL maupun IELTS. Jadi, apakah kamu tertarik guys? 

7. Mext Scholarship

rekomendasi beasiswa s1

Rekomendasi beasiswa S1 yang terakhir adalah MEXT Scholarship atau beasiswa Monbukagakusho yang berasal dari Jepang. Yap, penulis sendiri sangat menganjurkanmu untuk mengambil beasiswa ini apabila kamu tertarik melanjutkan pendidikan di bidang Teknik atau sains khususnya, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang tertarik di bidang SOSHUM. 

Beasiswa ini memberikanmu waktu belajar selama 7 tahun apabila kamu mendaftar di jurusan kedokteran, sedangkan 5 tahun apabila kamu mendaftar di jurusan di luar kedokteran. Lantas fasilitas apa aja sih yang akan kamu dapat dari beasiswa satu ini? 

Pertama, kamu akan mendapat pembiayaan penuh untuk biaya kuliah maupun biaya sekolah persiapan guys, kemudian tunjangan hidup selama studi, tiket pesawat pulang-pergi, hingga biaya pengurusan visa pelajar. Menariknya lagi, beasiswa ini tidak terikat oleh dinas, jadi kamu terbebas dari tanggungan setelah lulus kuliah nanti. 

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi beasiswa S1 yang bisa kamu coba guys. Mulai dari universitas di dalam negeri hingga luar negeri. Penulis berharap apabila kamu benar-benar ingin melanjutkan pendidikan ke luar, maka jangan lupa untuk menyiapkan berkas hingga persyaratan yang diminta ya guys. 

Semangat selalu pelajar Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

9 Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert Paling Menjanjikan Sesuai Tes MBTI

Bagi kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA atau awal perkuliahan, pasti sedikit banyak …