Categories: Buku

Wajib Baca! Rekomendasi Buku Paling Kece Abis!

Share

Hayoo, siapa di antara kamu yang ngaku pecinta buku? Pasti kamu udah ga asing kan dengan kata kutu buku? Tau ga sih ada istilah yang lebih keren untuk kutu buku lho. Kutu buku atau pecinta buku biasa disebut bibliofil.

Eits, istilah ini berbeda dengan nerd yang cenderung dikaitkan dengan anak yang introvert atau pemalu ya! Bibliofil sendiri umumnya memiliki aturan tidak tertulis lho guys tentang buku yang hendak mereka baca.

Mulai dari cover buku, genre, tahun terbit, penerbit buku, sampai penulis! Nah, ngomongin penulis nih kamu sudah kenal belum dengan penulis klasik seperti Prmoedya Ananta Toer, NH. Dini, Chairil Anwar,  atau Andrea Hirata?

Kira-kira kamu udah baca buku-bukunya belum? Oh iya, by the way sudah berapa buku yang kamu habiskan selama setengah tahun ini guys? Atau mungkin ada di antara kamu yang selama pandemi berlangsung, sudah kehabisan bahan bacaan?

Tenang guys, kali ini ada beberapa buku yang wajib kamu baca sebagai generasi muda Indonesia nih. Buku apa aja ya kira-kira? Yuk, simak di bawah ini!

Rekomendasi Buku Paling Kece Abis!

1. Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer

Buku yang telah terbit menjadi film layar lebar ini memang patut diancungi 10 kalau bisa 20 jempol guys! Buku ini luar biasa epic. Aku engga berlebihan ya guys, hanya saja sebagai pecinta buku Bumi Manusia sangat layak untuk dibaca semua kalangan usia, khususnya remaja!

Kenapa? Karena tulisan beliau selalu membuat kamu kehabisan kata-kata. Wah banget pokoknya!

Bumi manusia sendiri bercerita mengenai seorang pribumi bernama Minke yang terlibat asmara dengan perempuan blasteran Indo-Belanda bernama Annelies. Kisah roman yang dihadirkan ga sembarangan guys!

Banyak isu sosial yang diangkat Pram dalam Bumi Manusia dan membuat setiap dari kita tak bisa mengelak realita tersebut. Bumi Manusia adalah buku yang wajib kamu baca! Kalau bisa sih sekalian dengan tetralogi Pulau Buru ya!

2. Cinta Dalam Gelas karya Andrea Hirata

Kalau kamu mendengar nama Andrea Hirata pasti yang terlintas adalah novel sekaligus film berjudul Laskar Pelangi bukan? Tak hanya Laskar Pelangi yang mengangkat kisah seorang anak luar biasa, tetapi novel Andrea Hirata yang lain berjudul Cinta Dalam Gelas juga mengangkat sebuah kisah luar biasa lainnya.

Novel ini bercerita mengenai seorang anak perempuan bernama Enog dengan berbagai polemik di kehidupannya. Tentang mimpi, cita-cita, keluarga, hingga cinta turut dihadirkan guys di novel ini!

Pastinya novel ini akan menguras habis air matamu!

3. Burung-Burung Manyar karya Y.B Mangunwijaya

Yap, mungkin sebagian dari kamu terdengar asing dengan novel ini. Namun, jangan salah sangka dahulu guys. Novel ini keren abis, sampai-sampai diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Walaupun buku ini diterbitkan pada tahun 1981, tetapi jangan salah sangka ya! Cerita yang dihadirkan tetep seru dan timeless guys! Untuk kamu pecinta roman sejarah, wajib banget baca buku ini.

Novel ini bercerita mengenai kisah hidup Teto. Kamu akan diajak bepertualang kembali ke 3 masa sekaligus. Mulai dari masa penjajahan Belanda, Jepang, hingga Indonesia modern.

4. Rindu – Tere Liye

Oke, sekilas aku pernah ketipu dengan buku ini guys. Kenapa? Aku pikir ini adalah buku roman percintaan biasa karena sinopsis yang tertera di buku bercerita tentang kerinduan seseorang dan dalam bentuk sajak guys!

FYI, ini adalah buku pertama dari Tere Liye yang aku baca. Sejak baca buku ini, aku langsung jatuh cinta dengan tulisan Tere Liye. Cerita yang dihadirkan engga sedangkal roman percintaan biasa guys!

Bang Tere Liye menghadirkan suatu kisah perjalanan yang super mengaduk-aduk perasaan kamu. Masa lalu yang pilu, kehidupan yang mau gamau harus dijalani, dan yang paling aku suka adalah kisah tersirat tentang toleransi.

Kece parah pokoknya!

5. Sepotong Senja Untuk Pacarku karya Seno Gumira Adjidarma

Next, Seno Gumira Adjidarma termasuk salah satu penulis favoritku guys! Tulisannya keren bingitz, parah! Beliau menceritakan sebuah cerita percintaan yang super tidak biasa. Dari SGA aku belajar bahwa senja tidak se-mainstream itu guys!

Senja punya arti dalam banget bagi beberapa orang. Selain itu, yang buat kepala geleng-geleng karena bagusnya adalah kisah cinta antara Sukab sebagai tokoh utama dan Alina dengan alur super keren plus kata-kata yang bikin kalian meleleh!

Pokoknya Sukab dan Alina adalah definisi cinta uwu guys!

6. 1984 karya George Orwell

Lanjut guys, setelah beberapa novel Indonesia kali ini aku bakal kasih rekomendasi novel luar yang ga kalah kece! George Orwell penulis yang akan membuat kamu terheran-heran. Imajinasi luar biasa secara rapi diceritakan untuk mengangkat berbagai peristiwa di jamannya.

Kalian akan diajak berkelana menyusuri pemikiran, kehidupan sosial, maupun psikologi masyarakat pasca Perang Dunia ke-2. Kalau kalian suka novel berbau psikologi, science social, harus banget baca buku ini!

Tak hanya itu, kesuksesan buku ini dibuktikan dengan penerbitan ke berbagai bahasa dan diterbitkan di seluruh dunia. Tau ga sih guys, buku ini dikabarkan sebagai buku bestseller sepanjang masa lho!

Tak hanya itu, dalam ranking 100 besar buku paling berpengaruh di abad 21, karangan George Orwell dalam novel 1984 menduduki ranking 40 besar.

7. Anna Karenina karya Leo Tolstoy

Kamu perlu tahu nih, kalau sastrawan Rusia itu kece badai parah! Hampir semua tulisan sastrawan Rusia minim yang ga masuk jajaran novel bestseller, buku paling berpengaruh, dan berbagai penghargaan lainnya!

Tulisan yang diangkat sangat tajam dan keren banget. Kalau kamu suka buku roman tetapi, diikuti isu sosial, kemanusiaan, perempuan, sampai keluarga, kamu cocok banget baca buku ini!

Jangan salah, buku ini termasuk ke dalam novel terbaik. Ranking pun ga main-main guys, Anna Karenina karya Leo Tolstoy menduduki 3 besar buku paling laris, paling berpengaruh versi Forbes.

8. Pride and Prejudice karya  Jane Austen

Next, adalah buku karya Jane Austen yang paling laris. Buku ini berhasil diterbitkan sebanyak 20 juta eksemplar dalam berbagai bahasa di seluruh dunia guys!

Pride and prejudice sendiri bercerita mengenai kaum menengah atas pada abad 18. Karakter Elizabeth Benner dan Fitzwilliam Darcy menjadi topik yang sering diperbincangkan sekaligus diperdebatkan oleh berbagai macam mahasiswa sastra di seluruh dunia.

Selain itu, novel ini juga diangkat ke layar lebar dan diperankan oleh aktris yang ga kalah keren. Siapa kalau bukan Emma Watson! Kamu yang hendak masuk jurusan sastra Inggris wajib banget baca buku ini sebagai bahan literature!

Nah, di atas adalah beberapa buku yang wajib bingitz di baca untuk kamu pecinta buku! Isi bukunya engga main-main, sangat berbobot, dan akan membuka cakrawala pemikiran kamu. Paling tidak kamu harus membaca buku di atas satu kali seumur hidup. Jangan sampai ketinggalan guys!

This post was last modified on July 25, 2020 1:01 am

Aruna Kavin

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel. Puisi maupun sajaknya dapat dibaca di Instagram @arunakavin.

Leave a Comment
Published by
Aruna Kavin

Recent Posts

Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Film Bad Genius

Film tentang remaja nggak melulu soal cinta-cintaan lho. Ada juga film yang berfokus pada permasalahan… Read More

September 25, 2020

Selain Perangko, Benda-Benda Ini Juga Dikoleksi Oleh Filatelis Lho!

Masih ingatkan siapa itu filatelis? Sebelumnya sudah ada artikel yang membahas seputar kegiatan filateli, siapa… Read More

September 25, 2020

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skripsi kita ke depannya.… Read More

September 25, 2020

Resensi Buku Aku Ahli Gizi

Buat kamu yang sedang berpikir untuk masuk kuliah ilmu gizi dan bingung mencari referensi, kamu… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Dapat Kamu Ambil Dari Lagu ICY

Lagu yang fresh dan menyenangkan memang asyik di dengar. Tidak hanya untuk didengarkan saja, tetapi… Read More

September 25, 2020

5 Pelajaran Yang Bisa Kamu Ambil Dari Film A Long Visit

Salah satu film yang asyik untuk ditonton selama masa pandemic adalah film yang berjudul “My… Read More

September 25, 2020