8 Rekomendasi Jurusan Seni di Indonesia yang Menarik untuk Dipelajari!

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang seni? Yap, sebagian besar pelajar di Indonesia mungkin masih cukup ragu untuk melanjutkan pendidikan di bidang seni karena berbagai faktor, salah satunya tidak yakin dengan jurusan yang hendak diambil. 

Nah, karena alasan tersebut kali ini, penulis hendak membagikan beberapa rekomendasi jurusan seni di Indonesia sekaligus membagikan informasi penting di dalamnya untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang seni. So, tanpa menunggu lama, langsung aja yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Daftar Isi

Rekomendasi Jurusan Seni di Indonesia

1. Seni Rupa Murni

Rekomendasi jurusan seni yang pertama adalah seni rupa murni. Yap, jurusan satu ini penulis rekomendasikan bagi kamu yang senang melukis hingga memahat patung. Kedua seni tesebutlah yang umumnya menjadi fokus bagi kamu yang tertarik mempelajari seni rupa murni. 

Di dalam jurusan ini kamu akan belajar berbagai unsur terkait seni rupa guys. Mulai dari seni rupa dasar 2 dimensi hingga 3 dimensi, kemudian fotografi, bahkan sejarah kebudayaan yang ada di Indonesia juga. 

Terdapat beberapa kampus yang penulis rekomendasikan untuk kamu yang hendak menekuni jurusan seni satu ini, antara lain Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Yogyakarta, maupun Institut Seni Denpasar. 

2. Seni Musik

Next, rekomendasi jurusan seni berikutnya adalah seni musik. Yap, musik menjadi salah satu hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Mulai dari menemani aktivitas sehari-hari bahkan sampai menemanimu tidur di malam hari. 

Seni musik sendiri menjadi salah satu mata pelajaran pilihan yang umumnya diajarkan pada saat SMA maupun SMP. Bahkan, beberapa sekolah di Indonesia memasukkan seni musik ke dalam mata pelajaran wajib. 

Nah, untuk kamu yang tertarik mendalami seni musik, maka kamu bisa memilih jurusan seni musik sebagai program studi di perkuliahan nanti guys. Menariknya di jurusan ini, kamu tidak hanya mempelajari cara bermain musik, membuat musik, atau melakukan aransemen, melainkan juga mempelajari sejarah hingga filsafat musik. 

Baca Juga:  4 Syarat Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Beberapa kampus yang menjadi rekomendasi penulis untuk kamu yang hendak melanjutkan pendidikan di jurusan seni musik, antara lain Institut Kesenian Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Seni Indonesia di Surakarta, maupun Universitas Kristen Satya Wacana di Salatiga

3. Seni Teater

Siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk mendalami seni peran? Rasa-rasanya seni peran menjadi passionmu banget sejak kecil dulu. Buat kamu yang ingin masuk ke jurusan seni peran atau teater, tetapi masih ragu-ragu, sini penulis bantu bagikan informasi seputar seni teater. 

Pertama, di jurusan seni teater sendiri kamu tidak hanya belajar tentang bagaimana memerankan seorang tokoh atau menjadi aktor aja guys, melainkan belajar untuk menata panggung, membuat skrip, hingga mengatur musik yang sesuai dengan cerita dan suasana yang hendak dibangun. 

Lantas, prospek kerja dari lulusan seni teater ini apa aja sih? Banyak banget guys, mulai dari menjadi seorang aktor, penulis skrip, penata rias, penata musik, produser, sutradara, bahkan kamu juga bisa menjadi jurnalis di bidang kebudayaan. So, that’s why penulis memasukkan seni teater menjadi salah satu rekomendasi jurusan seni di Indonesia guys. 

Image by Sasin Tipchai from Pixabay

4. Seni Tari

Rekomendasi jurusan seni berikutnya, yakni seni tari. Tak jauh berbeda dengan seni musik, seni tari menjadi salah satu bidang yang mungkin kerap kamu temui dalam pelajaran di tingkat SMP maupun SMA bukan? Ternyata di Indonesia terdapat jurusan yang khusus untuk mempelajari seni tari lho.

Buat kamu yang tertarik mendalami seni tari, maka bisa langsung masuk ke jurusan ini atau mungkin mempertimbangkannya sebagai salah satu program studi yang bisa kamu ambil ketika hendak kuliah nanti. Selain itu, ada banyak kampus yang menyediakan jurusan seni tari di Indonesia guys.

Mulai dari Institut Seni Indonesia di Denpasar, Institut Seni Indonesia Surakarta, hingga Institut Kesenian Jakarta. Kebanyakan kampus yang membuka jurusan seni tari terletak di kota-kota kebudayaan yang kaya akan kesenian maupun sanggar tari.

Baca Juga:  7 Tips Cara Membuat Motivation Letter Untuk Mendaftar Beasiswa

5. Seni Karawitan

Sebagian dari kamu pasti masih asing dengan jurusan satu ini bukan? Eits, jangan salah lho, seni karawitan sendiri menjadi salah satu jurusan seni yang memiliki cukup banyak peminat di Indonesia guys. Umumnya sih karawitan hanya masuk ke ekskul di tingkat SMP maupun SMA. 

Buat kamu yang masih asing dengan jurusan ini, maka penulis akan bantu terangkan sedikit ya. Jadi, seni karawitan sendiri merupakan salah satu cabang seni yang mempelajari instrumen musik tradisional seperti suling, gamelan, gendang, dan berbagai alat musik tradisional asal Indonesia lainnya. 

Tak hanya itu, kalau kamu pernah melihat pagelaran wayang, maka kamu tak akan asing dengan seorang wanita yang menyanyi dengan suara merdu menggunakan Bahasa Jawa. Nah, wanita tersebut disebut sebagai seorang sinden. Sinden sendiri juga menjadi salah satu mata kuliah di seni karawitan ini guys. 

Ada beberapa kampus yang penulis rekomendasikan apabila kamu hendak melanjutkan pendidikan di jurusan seni karawitan ini guys. Mulai dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta di Surabaya, ISI Surakarta, hingga Institut Seni Budaya Indonesia yang terletak di Aceh.

6. Seni Pedalangan

Masih berkaitan dengan seni karawitan, kali ini penulis hendak memberikan rekomendasi jurusan seni di Indonesia yaitu seni pedalangan. Kalau seni karawitan mempelajari musik-musik tradisional yang biasanya menjadi pengiring ketika pagelaran wayang berlangsung, maka seni pedalangan mempelajari cara permainan wayang selama pagelaran guys. 

Di jurusan ini kamu akan mempelajari secara khusus kisah-kisah wayang hingga prosesi pagelaran wayang secara tepat. Tak hanya itu, kamu juga diajarkan untuk menyesuaikan pagelaran wayang supaya sesuai dengan nilai-nilai moral di masa kini. Jurusan ini terbilang unik dan cukup langka di Indonesia!

7. Seni Kriya

Berikutnya, penulis hendak memberikan rekomendasi jurusan seni di Indonesia yang berkaitan dengan pembuatan kerajinan atau akrab disapa dengan seni kriya. Seni kriya sendiri merupakan salah satu cabang seni yang mempelajari pembuatan barang-barang bernilai estetika dengan berbagai material atau bahan. 

Baca Juga:  5 Alasan Mahasiswa di D.O dari Kampus

Kamu pasti seringkali menjumpai berbagai produk dari seni kriya, tapi jarang menyadari bahwa benda tersebut merupakan produk dari seni kriya. Beberapa benda tersebut seperti kain rajut, batik, guci, hingga artefak guys. 

Program studi seni kriya sendiri dibagi menjadi beberapa penjurusan seperti, seni kriya keramik, seni kriya logam, seni kriya tekstil, dan seni kriya kayu. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan passion dan kesenanganmu dalam mengolah bahan-bahan tersebut guys. Gimana, apakah kamu tertarik masuk ke program studi seni satu ini guys?

8. Etnomusikologi

Rekomendasi jurusan seni yang terakhir adalah etnomusikologi. Aduh-duh, susah juga ya penyebutannya. Ga hanya itu, rasanya ga banyak yang mengetahui bahwa ada jurusan bernama etnomusikologi. Nah, kebetulan banget nih, kali ini penulis akan bantu menerangkannya untukmu guys. 

Jadi jurusan ini mempelajari apa sih? Sebelumnya, kamu harus tau dulu guys kalau etnomusikologi sering juga disebut sebagai antropologi musik, secara sederhana di jurusan ini kamu akan mempelajari musik sekaligus ilmu tentang kebudayaan. Mulai dari aspek budaya di tengah kondisi sosial, hingga bagaimana musik maupun tarian mempengaruhi kondisi suatu masyarakat. 

Mungkin kini kamu akan bertanya-tanya, jurusan etnomusikologi bisa bekerja sebagai apa aja sih? Banyak lho guys, mulai dari ahli antropologi, jurnalis, instrumentalist, pemandu wisata, hingga menjadi seorang dosen maupun kurator seni. Pastinya ga hanya berprospek di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri juga guys. 

Yap, di atas adalah 8 rekomendasi jurusan seni di Indonesia untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan lebih lanjut di bidang seni guys. Menjadi seorang seniman sendiri tidak hanya tentang penghasilan yang akan kamu dapatkan guys, melainkan juga tentang sebuah cara untuk melestarikan sebuah kebudayaan untuk generasi mendatang.

Jadi, penulis sangat mendukungmu apabila memiliki keinginan dalam melanjutkan pendidikan di bidang seni, apapun itu seninya. Kalau kamu yakin dan bekerja dengan sepenuh hati, pasti akan ada jalan yang diberikan guys! So, selalu semangat ya teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

3 Informasi Penting Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan, Hanya Ada Satu di Indonesia!

Melihat bintang-bintang di langit menjadi salah satu kegemaran bagi beberapa orang. Rasi b…