4 Rekomendasi Kalimat Penutup Presentasi Paling Menarik dan Ga Ngebosenin!

Halo pelajar! Beberapa diantara kamu pernah nggak sih, bingung atau bosan dengan cara pengucapan kalimat saat penutupan presentasi? Kali ini penulis akan memberi rekomendasi kalimat penutup presentasi yang menarik dan dijamin ga ngebosenin.

Supaya presentasimu semakin baik di mata guru dan nilaimu bertambah deh. So, tanpa menunggu lama lagi, yuk langsung kepoin ulasannya di bawah ini ya.

Rekomendasi Kalimat Penutup Presentasi Paling Menarik

rekomendasi kalimat penutup presentasi
Shot of a young businesswoman delivering a speech during a conference

1. Bisnis atau Program Kerja

Jika kamu sering melakukan presentasi untuk bisnis maupun program kerja, di sini kamu bisa memakai kalimat call to action atau ajakan seperti “hadirin sekalian sekian penyampaian singkat mengenai program kami donasi hari ini akan dibuka di website… uluran tangan anda akan memudahkan ribuan anak Indonesia mendapat akses pendidikan yang lebih baik”

Dengan menyampaikan kalimat ajakan seperti di atas, secara tidak langsung dapat memperkuat tema presentasimu. Selain itu, presentasi yang kamu sampaikan tidak akan membosanakan karena menggunakan variasi kalimat juga yang menarik dari biasanya.

2. Berupa Motivasi

Kemudian untuk kamu yang presentasi bisa mengakhiri dengan quote yang dapat memperkuat poin prentasimu. Contohnya seperti membagikan kutipan dari tokoh-tokoh terkenal, misalnya “Pekerjaan-pekerjaan kecil yang selesai dilakukan lebih baik daripada rencana-rencana yang hanya di diskusikan.- Peter Marshall

Dengan adanya kalimat yang dapat memperkuat presentasimu, maka presentasimu juga akan memiliki nilai dan point plus di mata orang lain. Tentu saja hal tersebut menjadi sesuatu yang baik untuk mengakhiri sebuah presentasi, karena tidak semua orang pandai melakukan presentasi dengan baik dan maksimal.

3. Lingkungan atau Sosial

Dalam hal ini sangat penting bagimu menggunakan kalimat call to action atau kalimat ajakan yang bisa kamu pakai untuk menyampaikan presentasi tentang lingkungan sosial karena berbicara tentang sosial maka sikap juga harus diperhatikan.

Pada hakikatnya, lingkungan dan sosial adalah dua hal yang saling berhubungan. Oleh sebab, itu penting untuk mengetahui kesimpulan yang dapat kamu sampaikan terlebih dahulu kepada pendengar agar apa yang kamu sampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

Contoh kalimat yang daapat kamu pakai seperti “Sebagai penutup, kiranya saya dapat menyampaikan akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia. maka sebagai warga negara yang baik sepatutnya kita juga dapat menjadi contoh yang baik untuk menjaga lingkungan guna melestarikan keadaan alam sekitar”

4. Presentasi di Kelas atau Kompetisi

Terdapat tiga hal yang dapat kamu terapkan dan pakai untuk menyampaikan presentasi. Pertama, kamu bisa tutup dengan kesimpulan. Kedua, kamu juga bisa menutup presentasi dengan quote atau pernyataan yang bisa memperkuat presentasi kamu, contohnya “Sebagai penutup presentasi saya izinkan saya membagikan kutipan dari…”

Ketiga, pertegas identitas kamu seperti nama kamu atau nama kelompok (jika persentasi dilakukan berkelompok) dan tema presentasi yang kamu sampaikan. Dengan kamu menggunakan tiga hal di atas, maka kamu akan lebih mudah menyampaikan presentasi dengan lebih jelas dan terarah.

Selain itu presentasi, kamu juga akan terlihat tidak berantakan dalam segi bahasa dan kesopanan. Tentu dalam hal ini sangat penting untuk menggunakan tata bahasa yang benar dan tersusun dan yang pasti lebih menarik.

Demikian beberapa contoh kalimat yag dapat dibahas pada artikel kali ini semoga bisa menjadi referensi bagi kamu siswa maupun mahasiswa yang sering melakukan tugas presentasi. Semua dapat dilakukan apabila kita sebagai pelajar yang mau da anak muda yang mau berusaha, tidak akan menerima hasil yang buruk. Tetap semangat belajar dirumah, berharap pandemi saat ini segera berlalu dan kita dapat beraktivitas seperti sedia kala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Belajar yang Tepat dan Efektif

Cara Belajar yang Tepat dan Efektif – Tahukah kamu jika otak berpotensi untuk mengha…