Categories: Bimbel

10 Rekomendasi Sanggar Tari Terbaik yang Ada di Indonesia! Yuk, Buruan Daftar!

Share

Siapa nih di antara kamu yang hobi menari? Yap, menari merupakan salah satu hobi yang super keren menurut penulis. Kenapa? Tentu karena tidak semua orang memiliki bakat dan tubuh yang lentur untuk menari dengan luwes. So, kalau kamu memiliki bakat tersebut maka jangan anggurin aja guys! Kamu bisa mulai berlatih di berbagai sanggar tari terbaik di Indonesia.

Ngomongin soal sanggar, kali ini penulis mau share ke kamu 10 rekomendasi sanggar tari terbaik yang ada di Indonesia nih! Mulai dari Pulau Jawa sampai Bali, semuanya lengkap guys! Penasaran? Kira-kira sanggar apa aja sih? Yuk, buruan kepoin ulasannya di bawah ini Kawan!

10 Rekomendasi Sanggar Tari Terbaik di Indonesia

1. Indonesia Dance Theatre

Sumber: Pinterest

Pertama ada Indonesia Dance Theatre yang terletak di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sanggar tari satu ini ga hanya mengajarkan tari tradisional Indonesia aja lho guys! Melainkan juga berbagai jenis dan genre tari dari seluruh dunia. Mulai dari tari balet, dance hip-hop, tari kontemporer, sampai belly dance. Semua lengkap, hehehe.

Salah satu keunggulan dari IDT sendiri ialah program yang diambil bisa kamu sesuaikan dengan waktumu sendiri. Misalnya, program saat liburan sekolah atau bahkan info kelas yang bisa kamu dapatkan secara bebas di internet guys. Kamu bisa banget nih mengunjungi classpass.com dan pilih menu IDT.

Ga menunggu lama, beragam kelas akan muncul di layar smartphone kamu! Saat itu juga kamu bisa langsung memilih sampai melihat harga per kelasnya sesuai genre tarian yang diinginkan deh!

2. Sanggita Kencana Budaya

Rekomendasi sanggar tari terbaik selanjutnya masih dari Jakarta nih, tepatnya di daerah sekitar Bintaro. Sanggar satu ini membuka kelas untuk anak-anak, remaja, sampai dewasa juga guys. By the way, sanggar Sanggita Kencana Budaya bukan sanggar biasa lho. Tempat menari ini menjadi salah satu wadah terbesar bagi para penari tradisional.

Lebih lanjut guys, sanggar ini juga secara tahunan sampai bulanan menjadi salah satu “pengirim” untuk acara-acara besar di Indonesia. Misalnya saja dalam acara Jakarta Dance Carnival, acara di Balai Kesenian Jakarta, dan masih banyak lagi pentas tahunan yang diadakan sebagai program Sanggita Kencana Budaya.

3. Sanggar Ayodya Pala

Next, rekomendasi sanggar tari terbaik satu ini mungkin udah ga asing bagi sebagian besar dari kamu. Kenapa sih? Tentunya karena sanggar satu ini telah terkenal ga hanya di Indonesia aja guys, melainkan juga di tingkat mancangera. Sanggar Ayodya Pala memang didedikasikan untuk mengajar berbagai jenis tarian tradisional saja.

Selain itu, sanggar ini juga telah membuka cabang di seantero Jakarta guys. Oh iya, hampir aja nih ketinggalan! Sanggar Ayodya Pala juga menjadi salah satu mitra kerja dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia sebagai ‘pengirim’ berbagai pertunjukkan tari baik di dalam maupun luar negeri gengs.

4. Sanggar Tari Getar Pakuan

Beralih ke Bogor sang kota hujan, rekomendasi sanggar tari terbaik ini jatuh kepada Sanggar Tari Getar Pakuan. Sanggar tersebut terletak di daerah Pabaton, Bogor Tengah, Jawa Barat guys. Menariknya, sanggar ini menjadi rumah bagi para putri Korpri untuk berlatih berbagai tarian tradisional, khususnya tari Jaipong.

Eits, ga hanya tari aja guys. Usut punya usut, sanggar ini juga menjadi tempat berlatih melukis, modern dance, sampai seni vokal bagi beberapa remaja dan anak-anak. Soal prestasi sendiri ga perlu diragukan ya gengs! Sanggar ini berulang kali meraih juara di berbagai cabang seni tari di tingkat Jawa Barat sampai nasional juga!

5. Namarina

Sumber: Instagram @namarina_dance_academy

Yuk, selanjutnya! Kalau di atas sudah ngomongin tentang sanggar tari tradisional maka tari genre lain pun ga boleh ketinggalan nih. Kali ini ada sanggar tari Namarina sebagai tempat berlatih berbagai tarian balet sampai jazz guys. Menariknya nih, Namarina juga disebut-sebut sebagai sanggar tari balet tertua yang ada di Asia Tenggara! Wow!

Sanggar tari ini terletak di beberapa tempat seperti Bintaro, Tebet, Kebayoran, sampai Pondok Indah juga Kawan. Untuk harganya sendiri termasuk affordable, yakni mulai dari 300.000 sampai 750.000 guys. So, kalau kamu tertarik maka jangan ragu juga mampir ke Instagramnya @namarina_dance_academy

6. Sanggar Tari Bhineka Nusantara

Yup, rekomendasi sanggar tari terbaik berikutnya mengkhususkan materi pembelajaran di bidang tari kontemporer dan tradisional aja nih guys. Secara khusus Sanggar Tari Bhineka Nusantara menyediakan pengajaran Tari Jawa Barat, Tari Bali, Tari Betawi, Tari Papua, bahkan Tari Saman juga!

Jadwal latihan dari sanggar ini pun hanya diadakan setiap hari Minggu aja guys. Di mana? Di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur ya! Oh iya, sanggar ini juga sering mengisi berbagai acara nasional sampai mendapatkan penghargaan dari Bupati Subang!

7. Sanggar Tari Ayu Bulan

Apakah kamu tertarik untuk mempelajari Tari Legong? Yap, rekomendasi sanggar tari terbaik kali ini masih datang dari Jakarta dan memilih materi khusus untuk mengajar Tari Legong guys! Sanggar satu ini juga membuka beberapa materi pembelajaran lainnya seperti Tari Legong Kuntul, Tari khas Jawa Barat, dan masih banyak lagi. 

Oh iya, untuk usia sendiri Sanggar Tari Ayu Bulan membuka kelas mulai dari usia 5-10 tahun untuk kelas anak-anak. Sementara itu, untuk kelas dewasa mulai dari umur 14 tahun ke atas guys!

8. Sanggar Tari Seni Betawi

Sesuai dengan namanya, Sanggar Tari Seni Betawi memberikan pengajaran tentang seni Tari Betawi aja nih guys. Mulai dari Tari Ronggeng, Tari Getot, sampai Tari Sirih Kuning. Uniknya nih gengs, sanggar satu ini engga hanya mengajar tari aja lho. Melainkan juga lebih dalam tentang budaya atau kultur Betawi juga.

Nah, kalau kamu tanya di mana sih sanggar ini berada? Sanggar Tari Seni Betawi terletak di perkampungan Betawi, Jakarta Selatan ya!

9. Dancewave Center

Sumber: Instagram @dancewavecenterjkt

Rekomendasi sanggar tari terbaik kali ini memang cukup berbeda dari sebelum-sebelumnya guys. Mayoritas di atas mempelajari tari tradisional, maka sanggar satu ini justru berfokus pada modern dance dan berbagai genre tari menarik lainnya.

Terletak di Senayan, Jakarta Selatan, Dancewave Center memiliki resital pribadi yang rutin mengadakan berbagai pertunjukkan seni tiap tahunnya guys.

10. Sanggar Tari Natya Laksita

Last, ada sebuah sanggar tari yang terletak di Jogjakarta nih. Didi Nini Towok? Yup, tentu ga asing dong? Namun, tahu ga sih kalau sanggar ini diasuh langsung oleh beliau? Widih! Keren banget kan?

Kabarnya nih sampai sekarang masih ada sekitar 200 murid di sanggar tari satu ini guys. Soal materi yang diajarkan pun sangat beragam guys (tetapi tetap khusus tari tradisional dan kontemporer. Bahkan tak jarang ada pertunjukkan seni tari drama yang digabungkan juga lho!

Nah, itu tadi guys 10 rekomendasi sanggar tari terbaik yang ada di Indonesia. Gimana nih? Apakah kamu berminat untuk mendaftar di salah satu sanggar tari tersebut? Apabila kamu memang memiliki bakat dan minat dalam menari, maka jangan disia-siakan ya! Yuk, mulai diasah dari sekarang!

This post was last modified on April 25, 2021 5:19 am

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga… Read More

Oktober 13, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 13 Naskah Lakon Teater Modern

Hai teman-teman semua! Masih semangat ya mengikuti pembelajaran Seni Budaya kelas 11? Nah, hari ini… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 12 Konsep Teater Modern

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap bersemangat mengikuti berbagai aktivitas belajar,… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 11 Menerapkan Gerak Tari Kreasi

Halo semua! Selamat datang di materi Seni Budaya kelas 11 bab 11. Bagaimana pelajaran kemarin?… Read More

Oktober 10, 2021

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekaligus berbagai aktivitas sehari-hari?… Read More

Oktober 10, 2021

8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran… Read More

Oktober 7, 2021