Robot Hidrolik Penerapan Hukum Pascal

Share

Robot Hidrolik Penerapan Hukum Pascal | Hukum pascal merupakan salah satu materi IPA Terpadu untuk siswa kelas 8 semster genap, atau lebih tepatnya untuk siswa kelas 2 SMP. Untuk siswa SMA biasanya terdapat pada mata pelajaran Fisika.

Penerapan konsep Hukum Pascal banyak kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari, seperti pada dongkrak hidrolik, truk dam, alat angkat mobil, rem cakram motor yang kita gunakan sehari-hari, dan banyak lagi yang lainnya.

Foto : Robot Hidrolik

Untuk melihat video aksi dan kemampuan dari Robot Hidrolik ini silahkan klik link di bawah  ROBOT HIDROLIK

Untuk postingan kali ini, kami ingin mencoba mempublikasikan salah satu penerapan konsep Hukum Pascal yang sangat sederhana, namun memiliki konsep yang sama pada penerapan Hukum Pascal.

Penerapan konsep hukum pascal yang ingin kami publikasikan adalah sebuah robot hidrolik.

Robot Hidrolik Penerapan Hukum Pascal

Konsep Dasar Hukum Pascal

Sesuai dengan konsep Hukum Pascal yang menyatakan bahwa, gaya pada ruang tertutup akan diteruskan sama besar.

Konsep dasar inilah yang menjadi ide untuk membuat karya robot hirolik ini. Sebagai bentuk penerapan dari ilmu Fisika sederhana. Agar ilmu yang didapatkan oleh siswa benar-benar bermanfaat, dan tidak hanya sekedar memepelajari teori dan menghapal rumus semata, namun siswa mampu membuat karya nyata dari ilmu tersebut.

Penjelasan Robot Hidrolik Penerapan Hukum Pascal

Robot hidrolik merupakan sebuah robot yang sangat sederhana pembuatannya, sistem penggerak dari robot hidrolik ini berupa air, sesuai dengan namanya hidroyang berarti zat cair, cairan tekanan tinggi disebut hidrolik fluida ditransmisikan seluruh mesin ke berbagai hidrolik motor dan silinder hidrolik.

Yakni air dimasukkan ke dalam sebuah bejana yaitu bekas alat suntik yang digunakan oleh dokter kemudian dihubungkan dengan pipa atau selang infus.

Alat ini bisa anda beli di apotek terdekat, jika anda menggunakan alat suntik dan infus bekas pakai, kami menyarakan anda untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan air bersih atau air hangat, agar bakteri yang terdapat pada alat suntik dan infus tersebut tidak menginfeksi anda karena bekas digunakan.

Bagian Depan Robot Hidrolik

Alat dan Bahan Pembuatan Robot Hidrolik Penerapan Hukum Pascal

Selain alat suntik dan infus, komponen dasar penyusun dari robot hidrolik ini adalah, berupa kardus bekas yang menjadi kerangka dasar pembuatannya. Sepintas terlihat seperti terbuat dari kayu, namun itu hanyalah sebuah kardus yang disusun ganda sehingga terlihat menebal seperti kayu, dan dicat.

Dan bahan lain yang anda butuhkan adalah stik es krim, bambu yang diraut dengan ukuran kecil, lem alteko, kawat, dan tali plastik yang banyak dijual di bengkel motor.

Robot Hidrolik Terlihat dari Samping

Kemapuan dari Robot Hidrolik ini

Robot hidolik ini mampu bergerak, mengangkat beban ringan dan memindahkannya, layaknya robot beneran. Dengan sistem penggerak yang terpasang di belakang yaitu 4 buah penggerak yang terbuat dari stik eskrim, masing-masing penggerak memiliki fungsi yang berbeda.

Misalnya, penggerak satu berfungsi ini menggerakkan jepitan pada robot, penggerak kedua berfungsi untuk mengangkat dan menurunkan beban, penggerak ketiga berfungsi untuk memajukan dan menggerakkan benda untuk mundur, dan penggerak yang terakhir berfungsi untuk menggeser benda agar bergerak kekiri dan kanan.

Itulah penjelasan singkat dari Robot Hidrolik ini. Lihat videonya di sini : ROBOT HIDROLIK

Robot Hidrolik Tanpak dari Belakang dengan 4 Penggerak

Kami berharap, dengan karya dalam menerapkan ilmu IPA ini khususnya ilmu Fisika, dapat menambah kecintaan anda pada mata pelajaran IPA atau Fisika. Karena banyak orang memandang ilmu Fisika ilmu yang paling sulit dan membosankan.

Jika kita menekuninya, ilmu itu tidak ada yang sulit, dan yang paling menarik dari ilmu fisika adalah kita bisa membuat karya-karya yang menarik dalam bidang sains dan teknologi. Semoga apa yang kami publikasikan ini bermanfaat untuk anda, dan dapat menginspirasi anda untuk menghasilkan karya-karya baru yang lebih inovatif.

This post was last modified on Oktober 10, 2020 5:21 pm

Lalu UWK

Mengajar mata pelajaran IPA untuk SMP sejak 2009 sampai sekarang, suka berbagi pengalaman lewat tulisan.

Leave a Comment
Published by
Lalu UWK

Recent Posts

7 Keuntungan Jadi Kpopers, Gak Selalu Merugikan Kok!

Anyyeonghaseyo! Hi Readers! Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata tersebut, baik yang kpopes… Read More

November 21, 2020

Kisi – Kisi Soal PAS IPA Kelas 8 Semester 1 Tahun 2020/2021

Buat kamu yang sedang mencari kisi - kisi soal PAS IPA kelas 8 semester 1,… Read More

November 19, 2020

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Kamu sedang bingung mau masuk jurusan apa saat kuliah nanti? Memilih jurusan memang susah-susah gampang.… Read More

November 18, 2020

Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Mengerjakan skripsi memang tidak mudah. Kadang kita semangat, kadang juga muncul rasa lelah dan bosan.… Read More

November 18, 2020

6 Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik untuk Pelajar

Di tengah pandemi ini, banyak pelajar jadi bersikap acuh tak acuh terhadap tugas yang menumpuk… Read More

November 18, 2020

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

Berikut rangkuman lengkap materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. Rangkuman… Read More

November 16, 2020