Sekolah Kedinasan yang ada di Jogja

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Berdomisili di Jogja atau ingin bersekolah di Jogja? saat ini Jogja memang merupakan salah satu destinasi pendidikan yang cukup banyak di minati oleh masyarakat. Mulai dari masyarakat dari ujung timur, hingga ujung barat. Tak hanya sekolah tinggi maupun universitas, namun sekolah kedinasan di Jogja pun telah cukup banyak berdiri.

Sekolah kedinasan di daerah utamanya disesuaikan dengan potensi daerah dan kebutuhan tenaga utama instansi maupun tempat atau pusat instansi pendukung lembaga pendidikan itu berdiri. Jogja memiliki banyak potensi maupun instansi penting, seperti sekolah penerbangan, pusat TNI AU maupun potensi lainnya yang cukup potensial di wilayah Jogja, seperti berikut.

Sekolah Kedinasan di Jogja

1. AAU (Akademi Angkatan Udara)

Akademi Angkatan Udara atau di singkat sebagai AAU berdiri sejak tahun 1965 di bawah naungan TNI Angkatan Udara dan di pimpin oleh Gubernur Akademi Angkatan Udara. Sekolah ini bertujuan dan bertugas untuk mencetak calon perwira Angkatan Udara yang tangguh dan profesional. Pusat pendidikan AAU terletak di Jalan Laksda Adi Sucipto KM 10, Yogyakarta.

Peta Lokasi

Pendidikan di Akademi Angkatan Udara ini menggunakan sistem pendidikan Tri Tungga Terpadu yang meliputi pengajaran, Jasmani militer dan latihan, serta berperan untuk menghasilkan perwira dengan pangkat Letnan Dua. Untuk tingkat pendidikan dalam AAU memiliki 5 tingkat dengan jenjang pendidikan berbeda, yakni:

  • Prajurit Karbol tingkat 1 dengan masa pendidikan selama 4 bulan.
  • Kopral Karbol tingkat 1 dengan masa pendidikan selama 9 bulan.
  • Sersan Karbol tingkat 2 dengan masa pendidikan selama 12 bulan.
  • Sersan Mayor Dua Karbol tingkat 3 dengan masa pendidikan selama 12 bulan.
  • Sersan Mayor Satu Karbol tingkat 4 dengan masa pendidikan 12 bulan.
Baca Juga:  Tanggal Penting Pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2014/2015

2. POLTEKES KEMENKES (Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan) Yogyakarta

POLTEKES KEMENKES Yogyakarta telah berdiri sejak tahun 2001 di bawah asuhan kementrian Kementrian Kesehatan dengan jenjang pendidikan diploma III hingga diploma IV. Sekolah teknik kesehatan ini mempersiapkan putra putri Yogyakarta untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan profesional dalam bidang kesehatan.

Lembaga pendidikan ini berada di jalan Tatabumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman Yogyakarta. POLTEKES KEMENKES Yogyakarta di pimpin oleh seorang Direktur yang berada di bawah struktural organisasi Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM).

Peta Lokasi

Beberapa program studi yang ditawarkan oleh POLTEKES KEMENKES Yogyakarta adalah:

  • Program Studi DIII dan D IV Analis Kesehatan
  • Program Studi DIII dan DIV Gizi
  • Program Studi DIII dan DIV Kebidanan
  • Program Studi DIII dan DIV Keperawatan
  • Program Studi DIII dan DIV Keperawatan Gigi
  • Program Studi DIII dan DIV Kesehatan Lingkungan

3. STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir)

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir atau yang biasa di singkat sebagai STTN di selenggarakan oleh BATAN atau Badan Tenaga Nuklir Nasional sejak tahun 2001. Jenjang pendidikan yang di tawarkan oleh STTN adalah diploma IV atau setara dengan Strata 1. Sekolah tinggi ini di siapkan khusus untuk mencetak tenaga ahli dan profesional dalam bidang teknologi nuklir.

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir terletak di jalan Babarsari, Yogyakarta. Pelopor berdirinya STTN adalah PATN atau Pendidikan Ahli Teknik Nuklir yang berdiri sejak tahun 1985 di bawah naungan BATAN dan memiliki jenjang pendidikan diploma III. Kemidian PATN di ubah namanya menjadi STTN dan di tambahkan jenjang pendidikan diploma IV ke dalam program studinya.

Peta Lokasi

Berikut merupakan program studi yang di tawarkan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir adalah:

  • Jurusan Teknofisika Nuklir dengan program studi Elektronika Instrumentasi dan program sturi Elektromekanik.
  • Jurusan Teknokimia Nuklir dengan program studi Teknokimia.
Baca Juga:  3 Tips Menentukan Jurusan Favorit dari Maudy Ayunda

4. STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Negara)

Sekolah Tinggi Pertanahan Negara atau yang di singkat sebagai STPN merupakan sekolah tinggi di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional atau BPN dan berdiri sejak 1963 dengan nama Akademi Agraria. Sekolah tinggi ini memiliki jenjang diploma III hingga diploma IV yang mengacu pada pengembangan pembelajaran Pertanahan negara.

Sekolah kedinasan di Jogja ini memiliki 2 jurusan, yakni jurusan Manajemen Pertanahan dan jurusan Perpetaan. Keduanya di dasarkan untuk mencetak tenaga pertanahan yang mandiri dan profesional. STPN terletak di jalan Tata Bumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Tujuan di dirikannya STPN adalah agar ada pemfokusan keilmuan tentang pertanahan.

Peta Lokasi STPN Jogja


Tak hanya itu, kebutuhan akan tenaga ahli yang mampu memberikan dan mengaplikasikan keilmuan pertanahan, membuat BPN berfokus pada jurusan pertanahan dan pemetaan.

5. POLTEK ATK (Politeknik Akademi Teknologi Kulit) Yogyakarta

Politeknik ATK atau Politeknik Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan teknik kementrian dan berada di bawah naungan Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Politeknik yang berdiri di jalan Professor Doktor Wirjono Projodikoro, Glugo, Sewon, Yogyakarta ini di resmikan sejak tahun 1958.

Peta Lokasi

Pendidkan tinggi ini memiliki tugas untuk mencetak tenaga ahli dan profesional dalam pengolahan dan pengelolaan kulit untuk di jadikan bahan pengembangan industri yang mampu mendongkrak ekonomi nasional. Sejak tahun 2014, Politeknik ATK Yogyakarta memiliki 2 jurusan utama dengan konsentrasi studi sebagai berikut:

• Teknologi Pengolahan Kulit
Jurusan ini memiliki konsentrasi Teknologi Penyamakan Kulit dan Teknologi Bahan Kulit.

• Desain dan Teknologi Kulit
Jurusan Desain dan Teknologi Kulit memiliki bidang konsentrasi berupa Desain dan Teknologi Barang Kulit serta Penyuluhan Lapangan Industri Kecil dan Menengah.

Baca Juga:  Ini Penyebab Kamu Tidak Lulus SBMPTN!

Selain sekolah kedinasan di atas, ada pula Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Yogyakarta, di bawah Kementrian Pertanian dan Sekolah Tinggi Multi Media atau STMC Yogyakarta, yang berada di bawah kementrian Komunikasi dan Informatika.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Bimbel Online Untuk Persiapan Masuk STAN

Kamu pengen punya kesempatan lebih besar untuk bergabung jadi mahasiswa Politeknik Keuanga…