Categories: EdukasiKuliah

Tertarik Menekuni Bidang Seni? So, Ini Dia 8 Sekolah Seni Terbaik di Dunia! Siapa Tahu Ada yang Cocok Denganmu!

Share

Seni adalah salah satu disiplin ilmu yang menurut penulis paling sulit sekaligus menarik untuk dipelajari, dipahami, dan tentunya dibuat. Ada banyak pameran seni atau mungkin galeri-galeri yang jarang dipahami orang awam. Namun, karena hal ini juga ada banyak pelajar yang tertarik untuk mempelajari seni.

Oleh karena itu, kali ini penulis akan membagikan 8 sekolah seni terbaik di dunia khusus untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tenang gengs, kebanyakan sekolah di bawah juga menyediakan beasiswa tahunan sampai berbagai jurusan yang mungkin sesuai dengan passionmu. So, yuk langsung simak ulasan di bawah ini ya!

Sekolah Seni Terbaik di Dunia

1. Royal College of Art

Sumber: archello.com

Yap, sekolah pertama yang menjadi rekomendasi penulis kepadamu ialah Royal College of Art yang terletak di South Kensington, London. Sekolah satu ini disebut-sebut sebagai akademi kesenian terbaik yang ada di dunia gengs. Ga hanya itu, hal ini juga dibuktikan dengan ranking 1 di bidang seni dan desain versi QS Worlds Ranking.

Secara sederhana, sekolah ini dibagi menjadi 4 jenis disiplin ilmu gengs. Pertama, ada sekolah khusus arsitektur, sekolah khusus seni, sekolah khusus komunikasi, dan yang terakhir sekolah khusus desain.

Selain itu, Royal Colleg of Art juga menawarkan berbagai program pascasarjana seperti maste dan juga doctoral. Menariknya lagi, sekolah seni satu ini sering banget memberikan beasiswa bagi siswa internasional sampai pendanaan bagi kamu mahasiswa postgraduate yang ingin mengadakan penelitian.

2. University of The Arts London

Masih di kota London, sekolah seni terbaik di dunia kali ini adalah University of The Arts London. Sekolah satu ini menduduki ranking 2 di bidang seni dan desain menurut QS Worlds Ranking for University.

Seperti kebanyakan universitas di luar negeri yang terdiri dari beberapa sekolah khusus, UAL juga terdiri dari 6 sekolah khusus di bidang seni dan desain. Mulai dari Sekolah Tinggi Camberwell, Central Saints Martins (By the way, ini yang paling terkenal di antara 6 jenis sekolah khusus di UAL)

Kemudian ada Chelsea College of Arts, London College of Communication, London College of Fashion, dan Wimbledon College of Arts. Semua sekolah ini mempunyai keunggulannya masing-masing gengs.

3. Rhode Island School of Design

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Berpindah ke Amerika Serikat, ada Rhode Island School of Design yang terletak di Providence, Rhode Island. FYI gengs, sekolah satu ini termasuk ke dalam Ivy League atau sejenis pengelompokkan universitas swasta unggulan (secara akademik dan non-akademik) di Amerika Serikat.

Bahkan Rhode Island School of Design juga menghasilkan berbagai alumni terkenal di bidang seni dan desain gengs. Salah satunya ialah Francesca Woodman, seorang fotografer asal New York yang memiliki berbagai karya terkenal di bidang fotografi sampai Bryan Konietzko yakni co-creator animasi Avatar The Last Air Bender.

Ga hanya itu, Rhode Island School juga secara teratur memberikan beasiswa bagi siswa internasional yang berbakat di bidang seni dan desain gengs. Beasiswa tersebut ditujukan bagi kamu yang ingin menyelesaikan pendidikan sarjana sampai pasca-sarjana di universitas bergengsi ini.

4. Parsons School of Design

Next, sekolah seni terbaik di dunia kali ini ialah Parson School of Design. Sekolah ini terletak di Greenwich Vilage, New York City dan menjadi salah satu universitas seni super bergengsi yang ada di Amerika Serikat.

Oh iya, Parsons School of Design juga tergabung dengan asosiasi internasional NASAD (National Association of School of Art and Design) dan juga AICAD (Association of Idenpendent Colleges of Art and Design).

Artinya, ketika kamu masuk sekolah ini maka tersedia ribuan relasi atau jaringan dari NASAD dan AICAD yang mungkin bisa menjadi kolegamu di kemudian hari gengs. Alumni dari Parsons pun ga main-main gengs. Ada activist dan director dokumenter film asal London Finn Harries sampai model papan atas Bella Hadid.

5. School of Art Chicago

Sumber: saic.edu

Yap, masih di Amerika Serikat tepatnya di negara bagian Illinois, terdapat sebuah institusi seni paling bergengsi berikutnya. School of Art Chicago menjadi universitas seni yang super bergengsi sampai masuk ke film Parasite juga gengs! (Ingat tokoh Ki-Jung yang mengaku lulusan Chicago?)

Sekolah satu ini memang telah terakreditasi sempurna oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari Komisi pendidikan, NASAD, AICAD, sampai Badan Arsitektur Nasional. Hal ini juga didukung dengan fasilitas sekolah ini yang menyediakan masing-masing 1 galeri di setiap bangunannya (5 bangunan utama).

School of Arts Chicago menawarkan berbagai program seperti sejarah seni, pendidikan seni dan terapi seni, seni keramik, desain mode dan fashion, arsitektur, jurnalistik, melukis, fotografi, seni grafis, dan masih ada banyak lagi gengs.

6. California Institute of The Arts

Sekolah seni terbaik di dunia berikutnya berasal dari California, tepatnya di Santa Clara, Los Angeles. Sekolah satu ini memiliki program unggulan khususnya di bidang seni visual dan juga pertunjukkan.

Californis Institute of The Arts juga memiliki beberapa program lain seperti sekolah khusus seni, sekolah studi kritis, sekolah tari, sekolah khusus film dan video, sekolah musik, dan tentunya sekolah khusus teater.

Oh iya, sekolah ini juga menawarkan program di jenjang bachelor (sarjana) dan juga master (pasca-sarjana). Selain berbagai program teater yang menjadi unggulan di sekolah ini, ada akademi khusus writing yang juga menjadi program paling terkenal dari California Institute of The Arts.

7. Pratt Institute

Photo by Anastasia Zhenina on Pexels.com

Kita kembali lagi ke New York, tepatnya di Brooklyn terdapat sebuah universitas swasta yang terkenal dengan reputasi baiknya di bidang seni dan desain. Pratt Institute sendiri termasuk sebagai salah satu sekolah seni paling tua di dunia, yakni didirikan sekitar tahun 1887.

Program paling terkenal sekaligus unggulan dari Pratt Institute adalah sekolah khusus arsitektur dan desain interior. Kampus ini dibagi menjadi 6 sekolah khusus dengan 28 departemen dan 25 jurusan khusus untuk pendidikan pasca-sarjana.

Dikarenakan program paling terkenal dari universitas ini adalah arsitektur, maka Pratt sendiri memiliki bermacam-macam bangunan dengan gaya arsitektur unik dari berbagai era. Mulai dari era perang dunia kedua, victoria, neoklasik, dan masih banyak lagi.

8. Central Academy of Fine Arts

Sekolah seni terbaik di dunia yang terakhir ialah Central Academy of Fine Arts yang terletak di Beijing, China. Akademi seni ini termasuk ke dalam 10 besar sekolah seni terbaik yang ada di dunia sekaligus satu-satunya yang berasal dari Asia.

Yap, sekolah ini memiliki program terbaik di bidang seni drama dan film yang menjadi unggulan di China. Ada banyak aktris asal China yang menjadi alumni dari sekolah satu ini, khususnya mereka yang berasal dari kelas teater dan drama film.

Nah, itu tadi 8 sekolah seni terbaik di dunia gengs. Sebenarnya masih ada banyak lagi sekolah seni dengan kapasitas unggulan di dunia, seperti Glasgow School of Arts, Politecnio di Milan, sampai Central Academy and Art di Seoul, Korea Selatan.

So, gimana? Apakah kamu tertarik untuk masuk ke salah satu sekolah di atas?

This post was last modified on September 9, 2021 6:00 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi ini… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 1 Apresiasi Seni Rupa, Seni Tari, dan Seni Teater

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya. Oh… Read More

September 23, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 16 Pementasan Teater Tradisional

Wah ga terasa ya guys, kita sudah sampai nih di penghujung pembelajaran seni budaya di… Read More

September 23, 2021

Cek Yuk, 5 Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik Dengan Harga Terjangkau di Bawah Ini

Halo! Bagi kamu yang saat ini sedang mencari buku panduan, buku tes, kisi-kisi, dan bingung… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 K13 Revisi Super Lengkap + PDF

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu tetap semangat mengikuti pembelajaran baik melalui… Read More

September 23, 2021

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Penulis harap kamu dalam keadaan sehat dan semangat untuk… Read More

September 23, 2021