Categories: OSIS

3 Tahapan Seleksi Anggota OSIS yang Wajib Banget Kamu Ketahui!

Share

Sebelum menjadi seorang anggota OSIS, setiap murid harus melewati tahap seleksi. Seleksi anggota OSIS ini terdiri dari beberapa tahapan dan beragam jenis seleksi untuk melihat karakter dan kemampuan calon-calon anggota OSIS. Berikut adalah seleksi yang akan kamu lewati sebelum menjadi anggota OSIS.

Seleksi Anggota OSIS

1. Tes Tulis

Tes Tulis biasanya dilakukan pertam adalam rangkaian seleksi anggota OSIS. Dilihat dari tingkat kesulitannya, tes tulis merupakan tahapan seleksi yang paling mudah dan dasar dibanding tes lainnya. Hal ini karena tes tulis hanya menjawab soal-soal di kertas yang disediakan sehingga meminimalisir rasa gugup calon anggota OSIS.

Soal-soal di dalam tes tulis berisi pengetahuan umum mengenai OSIS dan juga niat kamu ketika menjadi seorang anggota OSIS. Biasanya juga ditanyakan mengenai sejarah OSIS yang dapat kamu cari dan pelajari sebelum mengikuti tes tulis ini. Selain sejarah OSIS, juga ada soal tentang lambang OSIS, makna, serta struktur keanggotaan OSIS.

Niat-niat kamu juga bisa jadi ditanyakan di dalam tes tulis, seperti kamu ingin menjabat sebagai apa di keanggotaan OSIS atau kamu ingin berada di sekbid apa beserta alasannya. Meski terlihat mudah, tetapi pertanyaan-pertanyaan ini membuat penyeleksi dapat membaca kepribadian dan niat yang kamu miliki.

2. Tes Wawancara

Tes wawancara merupakan tahapan kedua dalam seleksi anggota OSIS. Tes wawancara merupakan tahap seleksi yang mungkin akan membuat kamu merasa gugup. Karena disini kamu akan diberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan dan kamu akan menjawab secara lisan pula.

Dalam tes wawancara kamu akan dihadapkan secara langsung dengan penyeleksi. Jika di SMP biasanya penyeleksi merupakan seorang guru, sedangkan di SMA penyeleksi merupakan seorang angggota OSIS yang sedang menjabat saat itu. Di setiap sekolah pun berbeda, ada tes wawancara yang dilakukan sendiri-sendiri dan ada yang dengan beberapa calon anggota OSIS secara langsung.

Pertanyaan dalam tes wawancara biasanya tentang motivasi, niat, harapan, dan komitmen kamu untuk menjadi seorang anggota OSIS. Kemudian kamu akan diberi suatu kondisi permasalahan yang sedang terjadi atau mungkin akan terjadi, dan kamu diminta menjelaskan bagaimana kamu menanggapi atau menyelesaikan masalah tersebut.

Seleksi wawancara merupakan cara penyeleksi melihat pemikiran kamu. Hal ini dapat terlihat dari jawaban dan bagaimana cara kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Terkadang pula penyeleksi akan memberi kamu pertanyaan jebakan tambahan untuk melihat bagaimana cara kamu menanggapinya. Yang harus kamu lakukan adalah menjawab segala pertanyaan dengan baik, yakin, jelas, serta konsisten.

3. Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar

Setelah lolos tes tulis dan tes wawancara, biasanya calon anggota OSIS akan mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar atau disingkat LKTD. Kegiatan ini dilakukan guna melihat karakter yang ada dalam diri calon anggota OSIS. Meski merupakan latihan kepemimpinan, tetapi kegiatan ini juga dijadikan seleksi bagi calon anggota OSIS.

Di setiap sekolah memiliki cara yang berbeda dalam melaksanakan kegiatan ini. Ada sekolah yang mengadakannya di luar sekolah selama 2 hari 1 malam dan ada pula yang hanya sehari. Biasanya kegiatan ini berisi materi-materi pendalaman mengenai OSIS dan permainan-permainan tim yang dapat menujukkan karakter para calon.

Terkadang para calon anggota OSIS, akan lupa jika ini merupakan seleksi sehingga mereka akan bersikap seperti biasa dan terlihat karakter asli mereka. Disini kamu harus menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, dapat diandalkan, dan dapat bekerja sama. Dengan begitu kamu menjadi pribadi yang memenuhi kriteria untuk menjadi seorang anggota OSIS.

Setelah menyelesaikan 3 tahapan seleksi anggota OSIS, baru akan diumumkan siapa saja yang lolos menjadi seorang anggota OSIS. Setelah itu, akan ada pelantikan bagi anggota OSIS yang baru. Jika kamu merupakan calon anggota OSIS, jangan lupa mempersiapkan untuk mengikuti berbagai tahapan seleksi ini.

Semangat!

This post was last modified on April 17, 2021 10:04 pm

Klara Dinda

Klara Dinda Aura Yolanda biasa dipanggil Dinda. Lahir dan besar di kota Malang, saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Katolik di kota Malang.

Leave a Comment
Published by
Klara Dinda

Recent Posts

Ingin Masuk UI? Simak Dulu 10 Jurusan Sastra di Universitas Indonesia yang Wajib Diketahui Siswa SMA

Halo teman-teman semua! Apa kabarnya nih? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya. Nah, ga… Read More

Oktober 13, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 13 Naskah Lakon Teater Modern

Hai teman-teman semua! Masih semangat ya mengikuti pembelajaran Seni Budaya kelas 11? Nah, hari ini… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 12 Konsep Teater Modern

Hai teman-teman semua! Apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap bersemangat mengikuti berbagai aktivitas belajar,… Read More

Oktober 11, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 11 Menerapkan Gerak Tari Kreasi

Halo semua! Selamat datang di materi Seni Budaya kelas 11 bab 11. Bagaimana pelajaran kemarin?… Read More

Oktober 10, 2021

10 Rekomendasi Karya Sastra Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Baca Sebagai Penggemar Sastra!

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pembelajaran online sekaligus berbagai aktivitas sehari-hari?… Read More

Oktober 10, 2021

8 Tips Menghadapi Ujian Tengah Semester Khusus Untuk Sekolah Daring, Dijamin Lulus dengan Hasil Terbaik

Wah, ga terasa ya teman-teman, sudah 3 bulan kamu melakukan kegiatan belajar-mengajar di tahun ajaran… Read More

Oktober 7, 2021