Categories: EdukasiTeknologi

Sepatu Listrik Buatan Anak SMP dari Lombok

Share
Sepatu Listrik Buatan Anak SMP dari Lombok | Kreatifitas dan inovasi yang ditunjukkan oleh anak-anak Indonesia patut kita berikan apresiasi dan dukungan yang setinggi-tingginya, sebuah hasil karya siswi anak SMP dari Lombok yang membuat energi listrik dari sebuah sepatu bekas, kemudian listrik yang dihasilkan ini mampu digunakan untuk mengecas ponsel.
Kisah ini memang sudah berlangsung cukup lama, yakni pada tahun 2010. Namun tidak ada salahnya kami ulas kembali untuk membangkitkan rasa bangga kita terhadap bangsa ini. Salah seorang siswa SMP yang berasal dari Lombok mampu membuat sepatu yang mampu menghasilkan listrik. Bagaimana bisa sepatu fashion ini dapat menghasilkan listrik? Itulah pertanyaan yang muncul dari benak para pembaca. Safira Dwi Tyas Putri berhasil membuat inovasi yang mencengangkan dunia.
Safira berhasil membuat sepatu yang dapat menghasilkan listrik. Safira juga berhasil menyabet juara dalam ajang Asian Young Inventions of Energy Exhibition (AYEE 2010) di Taiwan. Prinsip kerja dari sepatu berlistriknya ini bisa dibilang cukup sederhana. Setiap orang dapat menggunakan sepatu ini dan dapat mengecas handphone atau gadget mereka dengan mudah. Hal yang perlu anda lakukan adalah berjalan. Hal ini diawali dari kesulitan Safira dalam mengecas baterai. Dia mengeluh karena seringnya baterai handphone miliknya habis ketika digunakan. Oleh karenanya, dia berinisiatif untuk membuat cara alternatif untuk membuat charger sendiri.
Artikel Terkait : Charger Ponsel Tercanggih Buatan Anak Indonesia
Bersama ayahnya, Safira memulai proyek kecil-kecilannya ini. Kebetulan ayah Safira ini adalah seorang guru Fisika. Sehingga sepatu ini dapat sukses karena dibantu oleh pemikiran ayahnya ini. Sepatu ini berhasil menghasilkan daya listrik sebesar 5 watt setiap langkahnya. Jika kita berjalan sebanyak 100 langkah, maka bisa mengisi ulang baterai handphone milik Safira ini. Hasilnya, sepatu ini berhasil menyabet medali emas dalam ajang yang diadakan di Taiwan.
Saat ini, Safira sudah duduk di bangku SMA dan merupakan salah satu siswi berprestasi di Sampoerna Academy Bogor. Memang sedari kelas 5 SD Safira telah sering bergabung dalam berbagai ajang kompetisi. Meski jarang menyabet gelar juara, paling tidak dia sudah meu mencoba dan mengambil hikmah dari ajang tersebut. Hal ini akan menjadi pengalaman yang berharga bagi Safira sekaligus untuk dapat bertemu dengan teman baru. Berkat sepatu ajaibnya ini, Safira dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri untuk mengunjungi Amerika Serikat. Disana, Safira berkeliling ke berbagai kota dan juga universitas ternama di Amerika Serikat. Salah satu universitas yang dikunjungi oleh Safira adalah Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Hal ini membuktikan bahwa Indonesia memang masih memiliki potensi untuk bisa dikembangkan lagi. Orang tua, dan sosok guru di sekolah Safira menjadi sosok yang dapat mendorongnya untuk terus maju.

This post was last modified on December 26, 2018 9:41 am

wirahadiecom

Leave a Comment
Published by
wirahadiecom

Recent Posts

Materi Getaran dan Gelombang IPA Kelas 8

Pada kesempatan ini saya ingin membahas materi IPA kelas 8 semester genap tentang Materi Getaran… Read More

April 3, 2020

Bimbel Intensif Terbaik untuk Persiapan SBMPTN

Masuk di perguruan tinggi negeri favorit merupakan impian bagi siswa yang mendaftar di SBMPTN. Tapi,… Read More

April 2, 2020

Cara Membuat Soal Online dengan Quizizz

Panduan cara membuat soal online untuk keperluan tugas siswa yang sedang belajar di rumah. Aplikasi… Read More

March 31, 2020

3 Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp, Terbaru!

Cara membuat polling - WhatsApp merupakan aplikasi chating yang paling populer di dunia, banyak digunakan… Read More

March 31, 2020

Lokasi Bimbel Brain Academy di Cibinong

Cibinong adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan juga pusat pemerintahan Kabupaten… Read More

March 30, 2020

Pengalaman Belajar Menggunakan Skill Academy

Pada artikel ini saya ingin berbagi tentang pengalaman menggunakan Skill Academy Ruangguru. Mungkin kamu berencana… Read More

March 28, 2020

Website ini menggunakan Cookie