Mau Masuk Jurusan Bahasa? Eits, Kamu Harus Tahu Nih 6 Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan Bahasa!

Halo temen-temen! Kali ini penulis mau share ke kamu tentang skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa nih! Yap, penulis membawakan tema ini karena melihat banyak banget nih kamu yang masih ragu-ragu untuk masuk kelas bahasa.

Padahal kelas bahasa itu super seru lho! Kamu bisa mengeksplorasi hobi atau bahkan passionmu lebih dalam lagi! Eits, ga pake lama deh, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya gengs! Jangan di skip!

Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan Bahasa

1. Rajin membaca

yellow tassel
Photo by Pixabay on Pexels.com

Yap, hal pertama yang wajib banget nih dimiliki sebagai basic sebelum kamu masuk kelas bahasa ialah kemampuan membaca. Mau ga mau sih guys, kamu harus membiasakan diri untuk membaca. Mulai dari artikel, jurnal, sampai buku.

Nah, menurut salah satu teman penulis yang lulus dari kelas bahasa, kegiatan membaca ini akan sangat bermanfaat untuk kamu. Apalagi di mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia.

Lalu gimana sih cara agar gemar membaca? Yup, kamu bisa mulai dengan membaca sebuah artikel setiap harinya dan menambah jumlah artikel yang dibaca dari hari ke hari. Baru deh, kalau kamu udah betah membaca artikel maka coba untuk membaca buku fiksi. Dijamin seru gengs!

2. Komunikasi yang baik

Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa yang kedua adalah komunikasi. FYI, di kelas bahasa ini banyak banget lho gengs materi praktiknya. Berbeda dengan kelas MIPA yang sebagian besar praktiknya dilakukan dengan serius dan tenang, kelas bahasa justru meminta kamu untuk berimprovasi sebaik mungkin!

Baca Juga:  8 SMA Swasta Terbaik di Indonesia! Yuk, Masih Ada Waktu Untuk Mendaftar Guys!

Nah, improvasi ini tentunya membutuhkan skill komunikasi yang baik gengs. By the way, ga hanya itu lho! Kelas bahasa juga memiliki banyak sekali diskusi ringan di tiap mata pelajarannya guys.

So, udah bisa dibayangin kan bagaimana pentingnya komunikasi di kelas bahasa ini?

3. Teliti

Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Gengs, tahu ga sih kalau di kelas bahasa ga hanya hafalan aja lho isinya?! Yap, kamu akan diminta untuk menganalisa berbagai pernyataan, kalimat, sampai frasa. Karena itu, ga hanya kelas MIPA atau IPS aja yang membutuhkan ketelitian.

Kamu yang masuk kelas bahasa pun harus siap untuk teliti terhadap setiap kata, kalimat, sampai tanda baca. Belum lagi di beberapa pelajaran seperti Bahasa Indonesia sampai Bahasa Inggris, yang diperhatikan banget nih tanda bacanya.

Oh iya, skill teliti ini juga diperlukan kalau kamu mengerjakan soal dari mapel antropologi gengs! Kalau kamu sampai ga teliti dengan soal yang diminta, maka jawaban yang dihasilkan pun akan salah. Yap, dikarenakan soal di mapel antropologi ini bisa dibilang mirip-mirip gengs.

So, gimana apakah kamu merasa sudah cukup teliti untuk masuk kelas bahasa?

4. Aktif

Yup, selanjutnya ada keaktifan gengs. Aktif menjadi salah satu skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa nih. Apalagi kalau kamu ingin menjadi murid bahasa yang berprestasi atau bahkan murid teladan tahunan.

FYI, kelas bahasa memang cenderung lebih membebaskan tiap siswanya untuk menerima pelajaran. Bisa melalui diskusi, pelajaran biasa, atau bahkan tanya-jawab. Nah, di sinilah kamu membutuhkan skill aktif ini.

Apabila kamu ga memanfaatkan waktu sampai situasi di kelas dengan baik, maka sayang sekali! Waktumu akan terbuang sia-sia gengs. Kalau kamu menggunakan keaktifan ini maka bukan mustahil kamu bisa menjadi anak organisasi, siswa berprestasi, sekaligus murid teladan di kelas.

Baca Juga:  Perbedaan Sekolah Internasional dengan Sekolah Nasional

Asalkan kamu mau aktif saja pasti bisa kok! Hal ini karena kelas bahasa memang lebih “longgar” daripada MIPA atau IPS gengs.

5. Imajinatif

confident black young man relaxing with raised arms and closed eyes in nature
Photo by Hebert Santos on Pexels.com

Yap bener banget! Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa berikutnya adalah imajinatif. Kamu pastinya tahu dong kalau sebagian besar mata pelajaran di kelas ini berhubungan dengan proses kreatif.

Seperti menulis, mengarang, bermain drama, sampai membaca puisi? Yap, hampir semua kegiatan di kelas bahasa memerlukan banget skill imajinatif gengs. Dengan imajinasi dijamin kamu bisa mengerjakan berbagai tugas dan portofolio dengan baik.

Nah, gimana sih cara melatih skill imajinatif ini? Jawabannya ga lain dan ga bukan dengan memperbanyak pengetahuanmu. Kamu bisa membaca buku fiksi, cerpen, atau bahkan komik untuk mengasah imajinasi di kepala gengs.

6. Berani

Di atas sempat disinggung kan kalau berbagai aktivitas di kelas bahasa memang berhubungan dengan penampilan panggung gengs. Nah, kalau kamu udah memiliki naskah yang epic, latihan sepanjang waktu, maka eksekusi terakhir ialah berani untuk tampil dengan percaya diri gengs.

Ini penting banget lho! Apalagi nantinya sebagian besar jurusan di kuliah yang berhubungan dengan bahasa akan bersinggungan dengan penampilan. Seperti drama teater, membaca puisi, monolog, dan masih banyak lagi.

So, yuk tingkatkan kepercayaan diri kamu dan mulai berani tampil dengan pede ya!

Apakah Kamu Cocok di Kelas Bahasa?

content young male student using laptop in library
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Yap, di atas tadi penulis sudah memberikan gambaran tentang skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa nih. Kini penulis juga mau memberikan kamu beberapa pertanyaan, apakah kamu beneran cocok di kelas bahasa?

1. Kamu ga masalah menjadi pusat perhatian?

Pertanyaan pertama nih, apakah kamu merasa tidak nyaman apabila menjadi pusat perhatian? Yup, kamu perlu tahu gengs kalau kelas bahasa memang banyak praktik yang memaksamu dilihat banyak orang.

Baca Juga:  10 Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan MIPA! Dijamin Sukses di SMA!

Bahkan apabila ada pertukaran pelajar asing, umumnya anak-anak kelas bahasa inilah yang menjadi ‘teman’ bagi para pelajar asing tersebut. Dikarenakan mereka memiliki kemampuan verbal yang lebih dibandingkan MIPA atau IPS.

So, kalau kamu menjadi pusat perhatian karena penampilan, menjadi ‘teman’ bagi pelajar asing, atau bahkan koordinator sebuah acara, apakah kamu merasa nyaman?

2. Apakah kamu menyukai kegiatan mengarang sampai membaca buku?

Sebenarnya ga harus masuk kelas bahasa sih untuk menyukai buku. Kamu dari kelas IPS dan MIPA juga boleh kok menjadikan membaca sebagai hobi. Namun, berdasarkan wawancara yang sempat penulis lakukan terhadap anak bahasa, sebagian besar mengatakan bahwa membaca menjadi hal yang penting nih.

Untuk masuk ke kelas bahasa, kamu akan menjumpai berbagai bacaan, novel, sampai jurnal dengan berbagai bahasa. Di sekolah penulis sendiri terdapat Sastra Indonesia, Bahasa Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Perancis, sebagai mapel di kelas bahasa.

3. Kamu senang memperhatikan dan menganalisa sesuatu?

Last nih, pertanyaan sederhana ini mungkin terasa ringan banget buat kamu. Namun, percaya deh gengs di kelas bahasa kamu juga wajib banget nih kritis sampai peka terhadap lingkungan. Ga hanya peka dalam membaca, tetapi juga lingkungan kelas.

By the way, di kelas ini juga kamu akan bertemu dengan banyak bacaan yang ga hanya dibaca aja gengs. Melainkan juga dianalisa, dirasakan emosi dari tiap tulisan, sampai riset latar belakang di balik tulisan tersebut gengs!

Nah, itu tadi beberapa skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa sampai pertanyaan singkat tentang kecocokkanmu masuk kelas bahasa. Gimana, apakah kamu cocok untuk masuk kelas bahasa gengs?

Pertanyaan di atas memang ga sepenuhnya akurat. Oleh karena itu, kalau kamu masih dilema maka melakukan tes bakat-minat adalah solusi paling tepat gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…