Categories: JurusanSMA

Mau Masuk Jurusan Bahasa? Eits, Kamu Harus Tahu Nih 6 Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan Bahasa!

Share

Halo temen-temen! Kali ini penulis mau share ke kamu tentang skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa nih! Yap, penulis membawakan tema ini karena melihat banyak banget nih kamu yang masih ragu-ragu untuk masuk kelas bahasa.

Padahal kelas bahasa itu super seru lho! Kamu bisa mengeksplorasi hobi atau bahkan passionmu lebih dalam lagi! Eits, ga pake lama deh, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini ya gengs! Jangan di skip!

Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan Bahasa

1. Rajin membaca

Photo by Pixabay on Pexels.com

Yap, hal pertama yang wajib banget nih dimiliki sebagai basic sebelum kamu masuk kelas bahasa ialah kemampuan membaca. Mau ga mau sih guys, kamu harus membiasakan diri untuk membaca. Mulai dari artikel, jurnal, sampai buku.

Nah, menurut salah satu teman penulis yang lulus dari kelas bahasa, kegiatan membaca ini akan sangat bermanfaat untuk kamu. Apalagi di mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia.

Lalu gimana sih cara agar gemar membaca? Yup, kamu bisa mulai dengan membaca sebuah artikel setiap harinya dan menambah jumlah artikel yang dibaca dari hari ke hari. Baru deh, kalau kamu udah betah membaca artikel maka coba untuk membaca buku fiksi. Dijamin seru gengs!

2. Komunikasi yang baik

Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa yang kedua adalah komunikasi. FYI, di kelas bahasa ini banyak banget lho gengs materi praktiknya. Berbeda dengan kelas MIPA yang sebagian besar praktiknya dilakukan dengan serius dan tenang, kelas bahasa justru meminta kamu untuk berimprovasi sebaik mungkin!

Nah, improvasi ini tentunya membutuhkan skill komunikasi yang baik gengs. By the way, ga hanya itu lho! Kelas bahasa juga memiliki banyak sekali diskusi ringan di tiap mata pelajarannya guys.

So, udah bisa dibayangin kan bagaimana pentingnya komunikasi di kelas bahasa ini?

3. Teliti

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Gengs, tahu ga sih kalau di kelas bahasa ga hanya hafalan aja lho isinya?! Yap, kamu akan diminta untuk menganalisa berbagai pernyataan, kalimat, sampai frasa. Karena itu, ga hanya kelas MIPA atau IPS aja yang membutuhkan ketelitian.

Kamu yang masuk kelas bahasa pun harus siap untuk teliti terhadap setiap kata, kalimat, sampai tanda baca. Belum lagi di beberapa pelajaran seperti Bahasa Indonesia sampai Bahasa Inggris, yang diperhatikan banget nih tanda bacanya.

Oh iya, skill teliti ini juga diperlukan kalau kamu mengerjakan soal dari mapel antropologi gengs! Kalau kamu sampai ga teliti dengan soal yang diminta, maka jawaban yang dihasilkan pun akan salah. Yap, dikarenakan soal di mapel antropologi ini bisa dibilang mirip-mirip gengs.

So, gimana apakah kamu merasa sudah cukup teliti untuk masuk kelas bahasa?

4. Aktif

Yup, selanjutnya ada keaktifan gengs. Aktif menjadi salah satu skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa nih. Apalagi kalau kamu ingin menjadi murid bahasa yang berprestasi atau bahkan murid teladan tahunan.

FYI, kelas bahasa memang cenderung lebih membebaskan tiap siswanya untuk menerima pelajaran. Bisa melalui diskusi, pelajaran biasa, atau bahkan tanya-jawab. Nah, di sinilah kamu membutuhkan skill aktif ini.

Apabila kamu ga memanfaatkan waktu sampai situasi di kelas dengan baik, maka sayang sekali! Waktumu akan terbuang sia-sia gengs. Kalau kamu menggunakan keaktifan ini maka bukan mustahil kamu bisa menjadi anak organisasi, siswa berprestasi, sekaligus murid teladan di kelas.

Asalkan kamu mau aktif saja pasti bisa kok! Hal ini karena kelas bahasa memang lebih “longgar” daripada MIPA atau IPS gengs.

5. Imajinatif

Photo by Hebert Santos on Pexels.com

Yap bener banget! Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa berikutnya adalah imajinatif. Kamu pastinya tahu dong kalau sebagian besar mata pelajaran di kelas ini berhubungan dengan proses kreatif.

Seperti menulis, mengarang, bermain drama, sampai membaca puisi? Yap, hampir semua kegiatan di kelas bahasa memerlukan banget skill imajinatif gengs. Dengan imajinasi dijamin kamu bisa mengerjakan berbagai tugas dan portofolio dengan baik.

Nah, gimana sih cara melatih skill imajinatif ini? Jawabannya ga lain dan ga bukan dengan memperbanyak pengetahuanmu. Kamu bisa membaca buku fiksi, cerpen, atau bahkan komik untuk mengasah imajinasi di kepala gengs.

6. Berani

Di atas sempat disinggung kan kalau berbagai aktivitas di kelas bahasa memang berhubungan dengan penampilan panggung gengs. Nah, kalau kamu udah memiliki naskah yang epic, latihan sepanjang waktu, maka eksekusi terakhir ialah berani untuk tampil dengan percaya diri gengs.

Ini penting banget lho! Apalagi nantinya sebagian besar jurusan di kuliah yang berhubungan dengan bahasa akan bersinggungan dengan penampilan. Seperti drama teater, membaca puisi, monolog, dan masih banyak lagi.

So, yuk tingkatkan kepercayaan diri kamu dan mulai berani tampil dengan pede ya!

Apakah Kamu Cocok di Kelas Bahasa?

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Yap, di atas tadi penulis sudah memberikan gambaran tentang skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa nih. Kini penulis juga mau memberikan kamu beberapa pertanyaan, apakah kamu beneran cocok di kelas bahasa?

1. Kamu ga masalah menjadi pusat perhatian?

Pertanyaan pertama nih, apakah kamu merasa tidak nyaman apabila menjadi pusat perhatian? Yup, kamu perlu tahu gengs kalau kelas bahasa memang banyak praktik yang memaksamu dilihat banyak orang.

Bahkan apabila ada pertukaran pelajar asing, umumnya anak-anak kelas bahasa inilah yang menjadi ‘teman’ bagi para pelajar asing tersebut. Dikarenakan mereka memiliki kemampuan verbal yang lebih dibandingkan MIPA atau IPS.

So, kalau kamu menjadi pusat perhatian karena penampilan, menjadi ‘teman’ bagi pelajar asing, atau bahkan koordinator sebuah acara, apakah kamu merasa nyaman?

2. Apakah kamu menyukai kegiatan mengarang sampai membaca buku?

Sebenarnya ga harus masuk kelas bahasa sih untuk menyukai buku. Kamu dari kelas IPS dan MIPA juga boleh kok menjadikan membaca sebagai hobi. Namun, berdasarkan wawancara yang sempat penulis lakukan terhadap anak bahasa, sebagian besar mengatakan bahwa membaca menjadi hal yang penting nih.

Untuk masuk ke kelas bahasa, kamu akan menjumpai berbagai bacaan, novel, sampai jurnal dengan berbagai bahasa. Di sekolah penulis sendiri terdapat Sastra Indonesia, Bahasa Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Perancis, sebagai mapel di kelas bahasa.

3. Kamu senang memperhatikan dan menganalisa sesuatu?

Last nih, pertanyaan sederhana ini mungkin terasa ringan banget buat kamu. Namun, percaya deh gengs di kelas bahasa kamu juga wajib banget nih kritis sampai peka terhadap lingkungan. Ga hanya peka dalam membaca, tetapi juga lingkungan kelas.

By the way, di kelas ini juga kamu akan bertemu dengan banyak bacaan yang ga hanya dibaca aja gengs. Melainkan juga dianalisa, dirasakan emosi dari tiap tulisan, sampai riset latar belakang di balik tulisan tersebut gengs!

Nah, itu tadi beberapa skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan bahasa sampai pertanyaan singkat tentang kecocokkanmu masuk kelas bahasa. Gimana, apakah kamu cocok untuk masuk kelas bahasa gengs?

Pertanyaan di atas memang ga sepenuhnya akurat. Oleh karena itu, kalau kamu masih dilema maka melakukan tes bakat-minat adalah solusi paling tepat gengs!

This post was last modified on Juni 12, 2021 8:25 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Tokoh Dunia yang Sukses Setelah Gap Year

Gap year adalah kondisi ketika seseorang memutuskan untuk nggak kuliah di tahun pertama setelah lulus… Read More

Maret 28, 2024

5 Tips Lolos Kedokteran UGM dan UI Sekaligus, Berdasarkan Pengalaman!

Tips Lolos Kedokteran - Salah satu kisah inspiratif dari Fatrian Dwicahya, yang pernah lolos Kedokteran… Read More

Maret 27, 2024

Ucapan Selamat Ulang Tahun Ke-5 untuk Ruangguru dari Menkeu Sri Mulyani

Ucapan selamat untuk ulang tahun Ruangguru yang ke-5 oleh salah satu Menteri Keuangan Republik Indonesia.… Read More

Maret 26, 2024

Contoh Visi Misi OSIS SMP dan SMA

Apakah kamu punya rencana untuk masuk OSIS? Atau mungkin kamu sedang mencari referensi untuk contoh… Read More

Maret 25, 2024

Cara Bayar Ruangguru Lewat Alfamart

Cara Bayar Ruangguru Melalui Alfamart - Setelah mendaftar di Ruangguru, mungkin Kamu masih bingung untuk… Read More

Maret 24, 2024

Cara Bayar Ruangguru di Indomaret

Cara Bayar Ruangguru di Indomaret | Setelah mendaftar di Ruangguru, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran.… Read More

Maret 23, 2024