Categories: IPSSMA

9 Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan IPS! Kamu Wajib Kuasai nih!

Share

Hola gengs! Untuk kamu yang kini naik ke jenjang lebih tinggi, maka penulis ucapkan selamat ya! Akhirnya masuk ke SMA juga! Banyak orang berkata bahwa SMA adalah masa-masa yang indah gengs! Memang indah, sekaligus seru juga bagi penulis. Eits, tapi kini bukan saatnya santai-santai aja gengs.

Kamu perlu tahu nih berbagai skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS. Kenapa? Yap, untuk kamu yang mau masuk jurusan IPS, maka perlu banget mempersiapkan hal untuk menghadapi pembelajaran di SMA. Kamu bisa lho cicil mulai dari sekarang! So, ga pake lama, yuk kepoin ulasannya di bawah ini guys!

Skill yang Diperlukan untuk Masuk Jurusan IPS

1. Teliti

Hal pertama yang wajib kamu kuasai untuk masuk ke jurusan IPS adalah teliti guys. Yap, kamu harus tahu nih kalau sebagian besar pelajaran utama di kelas IPS adalah bacaan daripada hitungan. So, ketelitian ini digunakan untuk menentukan maksud dari sebuah bacaan sampai konsep tertentu yang mungkin ga dijelaskan guys.

Ga hanya itu, materi pelajaran seperti ekonomi dan geografi juga memerlukan kemampuan berhitung lho! Walaupun tidak seberat materi fisika atau matematika peminatan, tetapi skill ketelitian untuk mengerjakan soal-soal hitungan tetap diperlukan gengs!

2. Rajin membaca

Photo by Pixabay on Pexels.com

Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS yang kedua ialah rajin membaca. Tahu ga sih guys, ada banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil dari membaca sebuah buku?! Banyak banget gengs! Bahkan ga hanya untuk masa kini, melainkan juga manfaat bagi jangka panjang.

Nah, kenapa membaca buku ini penting untuk masuk jurusan IPS? Tentu karena di kelas IPS kamu ga bisa hanya mengandalkan penjelasan dari guru aja gengs. Kamu perlu banyak membaca literasi dari luar buku. Misalnya, artikel, berita, sampai berbagai bacaan lain.

Beberapa pelajaran yang umumnya memerlukan skill ini adalah sejarah dan sosiologi gengs. Untuk menjadi yang terbaik di kelas IPS, khususnya mata pelajaran sejarah atau sosiologi maka kamu wajib banget membaca berbagai artikel atau mungkin buku di luar pelajaran biasa.

3. Time management

Yap, setelah melihat beberapa paparan di atas pasti sudah terbayang dong di benak kamu kalau kelas IPS akan bertemu dengan banyak bacaan dan hafalan? Hal ini memang ga bisa dihindari gengs! Oleh karena itu, skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS berikutnya adalah time management yang baik.

Kamu harus bisa mengatur waktu belajar dengan semaksimal mungkin gengs. Antara mengerjakan PR sekolah, mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler, sampai belajar untuk ujian atau bahkan ulangan. Nah, salah satu cara untuk membantumu mengatur waktu ialah membuat to do list atau agenda belajar!

4. Kritis

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Salah satu guru penulis di SMA pernah berkata, “Belajar sejarah ga hanya soal membaca, tetapi juga kritis terhadap yang dibaca!” Yap, petuah ini memang selalu teringat jelas di benak penulis. Pelajaran sejarah atau bahkan sebagian besar di kelas IPS memang erat banget dengan bacaan yang panjang.

Akan tetapi, ga hanya soal membaca aja gengs yang diperlukan. Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS yaitu kritis. Kamu wajib banget nih kritis tentang soal-soal yang diberikan, pernyataan, bacaan, sampai penjelasan lisan dari guru.

By the way, kritis sendiri itu apa sih? Secara sederhana sikap kritis berarti kamu ga langsung menerima semua bacaan atau penjelasan secara mentah-mentah atau langsung dihafal saja.

Melainkan juga mengidentifikasi, bagaimana pernyataan tersebut bisa terjadi? Kelanjutannya gimana? Dan berbagai pertanyaan lain yang memicu penjelasan lagi gengs!

5. Rasa ingin tahu yang tinggi

Yup, kelanjutan sikap kritis di atas adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Sikap ini menjadi salah satu skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS guys! Kenapa? Tentu, kalau kamu hanya menerima segala sesuatu tanpa memiliki rasa ingin tahu, maka ilmu pengetahuan yang kamu miliki hanya sebatas yang tertera di buku saja.

Bayangkan guys, apabila dari sebuah materi atau bahkan pernyataan saja kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi maka bukan mustahil kamu akan mengetahui berbagai hal yang lebih luas daripada yang tertera di bukumu.

6. Problem solving

Photo by mentatdgt on Pexels.com

Kalau skill satu ini pastinya diperlukan banget untuk pelajaran ekonomi atau geografi guys! Yap, dua pelajaran tersebut memang menyediakan materi tentang hitung-hitungan. Hanya saja engga sembarangan hitung-hitungan guys!

Kamu juga perlu memahami soal yang berbentuk bacaan untuk menentukan rumus apa yang harus digunakan dalam memecahkan soal tersebut. So, problem solving menjadi salah satu skill yang wajib banget nih kamu miliki.

By the way, ga hanya di dua mata pelajaran itu aja kok. Ada beberapa mata pelajaran lain seperti sosiologi yang juga memerlukan problem solving untuk menjawab soal dengan jawaban yang tepat guys!

7. Mudah beradaptasi

Selain berbagai skill yang berhubungan dengan akademik, maka salah satu skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS adalah kemampuan beradaptasi. Skill ini perlu banget nih untukmu. Kenapa? Tentu kelas IPS agak sedikit berbeda dengan MIPA

FYI guys, kelas IPS sendiri umumnya terdiri dari anak-anak ekstrovert yang gemar berbicara, banyak melakukan aktivitas, lincah, bahkan aktif banget sekalipun di kelas. Oleh karena itu, kamu harus mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan tersebut.

Ga hanya dengan lingkungan, melainkan juga para penghuni kelasnya. Umumnya anak IPS memiliki solidaritas yang super kuat gengs! So, kalau kamu berteman dengan salah satu anak IPS, besar kemungkinan pertemanan tersebut berlanjut hingga tua!

8. Public speaking

Photo by Thirdman on Pexels.com

Berikutnya nih ada skill public speaking. Public speaking menjadi salah satu skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS gengs! Hal ini dikarenakan hampir semua pelajaran di kelas ini memerlukan banyak aktivitas komunikasi.

Seperti halnya presentasi, melakukan pidato sederhana, sampai berbagai pertanyaan yang wajib kamu jawab di dalam kelas. Public speaking juga kamu perlukan untuk melakukan diskusi dengan teman sekelompok sampai membantu memecahkan masalah di dalam kelas guys!

9. Pantang menyerah

Yap, sampailah kita di penghujung artikel nih. Dari berbagai skill yang penulis bagikan di atas, maka skill yang terakhir ini wajib banget kamu kuasai bagaimanapun kondisinya. Skill ini adalah pantang menyerah.

Melihat semua kondisi di kelas IPS, lingkungan, mata pelajaran, sampai penghuni kelas jangan sampai membuatmu menyerah di tengah tahun ajaran guys. Pastinya akan ada gesekan antara berbagai faktor di atas, tetapi penulis yakin kamu bisa melewatinya dengan baik kok!

So, itu tadi guys 9 skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan IPS. Gimana? Apakah kamu udah memiliki beberapa skill di atas? Kalau kamu belum memiliki skill di atas, maka setidaknya ada waktu selama liburan ini untuk mengembangkan skill tersebut gengs!

Jadi, jangan lupa untuk selalu semangat ya!

This post was last modified on Juni 11, 2021 5:49 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di seluruh… Read More

September 15, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi

Halo teman-teman semua! Selamat datang di Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 1 mengenai Berkarya… Read More

September 15, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 11 Let’s Make A Better World For All

Halo teman-teman, tidak terasa ya, kita sudah di penghujung pelajaran Bahasa Inggris kelas 12. Nah,… Read More

September 14, 2021

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah merilis berbagai bentuk bantuan kepada… Read More

September 14, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 10 How To Use Photoshop

Teman-teman, pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan aplikasi Photoshop? Yuph, aplikasi ini dikenal karena… Read More

September 14, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 9 Do It Carefully!

Halo teman-teman? Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya. Nah, hari ini penulis ingin… Read More

September 14, 2021