10 Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan MIPA! Dijamin Sukses di SMA!

Untuk kamu yang kini duduk di bangku akhir kelas 9, maka penulis ucapkan selamat ya! Selamat selama 3 tahun kamu sudah menempuh bangku SMP dengan baik, walaupun hampir 1,5 tahun pembelajaran harus dilakukan via daring. Kini tiba saatnya kamu naik ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan jurusan yang kamu inginkan guys.

Nah, kali ini penulis mau membagikan beberapa skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA. Hal ini penting banget untuk kamu ketahui guys, khususnya bagi kamu yang memilih jurusan MIPA di SMA. So, ga pake lama lagi, yuk burusan cek ulasannya di bawah ini ya!

Daftar Isi

Skill yang Dibutuhkan untuk Masuk Jurusan MIPA

1. Passion first!

Sebelum memasuki berbagai skill yang kamu perlukan di jurusan MIPA SMA, ada baiknya kamu memang memiliki passion di bidang ini guys. Percaya deh, segala sesuatu yang berasal dari passion dan memang kamu sukai maka berbagai rintangan dan tantangan di depan akan dilewati dengan hati senang dan gembira gengs.

Saran penulis, kamu yang hendak memilih jurusan MIPA sudah mengetahui secara benar cita-citamu di kemudian hari, fakultas di kuliah, sampai passionmu sebenarnya. Ingat guys, sekarang bukan lagi jamannya anak MIPA bisa masuk ke segala jurusan! So, yuk be wise dalam menentukan jurusan di SMA ya!

2. Terbuka dengan ilmu baru

close up of girl writing
Photo by Pixabay on Pexels.com

Oke, skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA yang pertama adalah keterbukaan dengan ilmu baru. Itu artinya kamu membuka pikiranmu dalam memahami, mempelajari, serta mengerti ilmu yang mungkin belum pernah kamu temui. Skill satu ini umumnya sering banget disepelekan bagi sebagian besar orang.

Baca Juga:  Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

Akibatnya, ketika ada satu materi atau bab baru yang mungkin lebih sulit daripada biasanya maka mereka akan cepat banget menyerah guys. Padahal jika kamu memang terbuka dengan ilmu baru maka apabila ada bab yang sulit kamu tidak akan menyerah, melainkan berusaha lebih keras untuk memahami dan mempelajari ilmu tersebut.

3. Analisis

Next, untuk masuk jurusan MIPA kamu juga membutuhkan skill analisis yang tinggi guys. Dengan skill ini, maka akan memudahkanmu untuk mengerjakan berbagai soal MIPA yang cenderung analisis daripada hafalan saja. Bahkan dalam pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, skill analisis ini sangat dibutuhkan lho!

Kamu perlu dengan cermat menganalisis suatu soal, pernyataan, sampai penjelasan lisan dari guru yang mengajar. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan konsep dasar yang diinginkan atau diajarkan guys!

4. Teliti

Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Yup, skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA berikutnya adalah ketelitian. Bener banget gengs, ketelitian ini super penting apalagi jika menghadapi berbagai soal fisika sampai matematika! Kamu perlu banget skill ini dalam mengerjakan hampir semua soal di mata pelajaran tersebut.

Berkaitan dengan angka seperti matematika sampai angka yang dipadukan dengan cerita dalam fisika. Beberapa pelajaran MIPA seperti biologi dan kimia juga membutuhkan ketelitian guys. Apalagi ketika mencari pernyataan yang diketahui dalam sebuah soal sampai tipe jawaban yang diinginkan dari soal tersebut.

5. Logika penalaran

Nah, kalau skill satu ini memang dibutuhkan banget khusus di bidang fisika. Sebagian besar dari kamu pasti udah ga asing dong dengan mata pelajaran satu ini? Yap, dalam IPA terpadu di SMP mungkin kamu sudah pernah menemui berbagai soal fisika seperti tentang listrik, medan magnet, dan beberapa materi dasar lainnya.

Akan tetapi, di jurusan MIPA sendiri kamu akan lebih difokuskan untuk mempelajari fisika secara utuh guys. Mulai dari konsep dasar sampai pengembangan materinya. Soal-soal fisika sendiri biasanya erat kaitan dengan kehidupan sehari-hari sampai suatu hal yang hanya bisa kamu bayangkan.

Baca Juga:  Susah Belajar? Kamu Harus Coba Cara Belajar Berdasarkan 4 Tipe Karakter ini Gengs!

Oleh karena itu, logika penalaran dalam menelaah soal ini penting banget untuk kamu asah. Misalnya saja dalam soal tentang kecepatan mobil, benda lenting, maupun tabrakan, yang pastinya bisa kamu imajinasi sekaligus melogika rumus yang harus digunakan.

6. Kemampuan menghitung

Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA
Photo by Retha Ferguson on Pexels.com

Yap, kemampuan menghitung yang handal menjadi salah satu skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA guys. Kenapa? Jelas karena hampir semua mata pelajaran MIPA berhubungan dengan hitung-menghitung. Kalau kamu kurang menyukai kegiatan menghitung ini, maka penulis sarankan jangan masuk ke jurusan MIPA.

Mulai dari matematika wajib, matematika minat, fisika, kimia, bahkan sampai biologi, pelajaran mewajibkan siswa untuk menguasai kemampuan berhitung gengs. Tentunya mata pelajaran tersebut juga akan mengisi sebagian besar hari-harimu dalam seminggu.

Hanya saja, terdapat juga beberapa materi seperti bahasa, PKN, kewirausahaan, sebagai mata pelajaran tambahan dalam seminggu.

7. Berwawasan luas

Oke, penulis mau bocorkan nih salah satu tipe soal yang akan kamu temui selama SMA sampai UTBK kemarin. Yap, sebagian besar kamu yang memilih jurusan MIPA atau SAINTEK, maka wawasan yang luas akan sangat diperlukan dalam menunjang nilai dan mata pelajaranmu gengs.

Khususnya di mata pelajaran biologi yang seringkali mengeluarkan soal ujian yang tidak ada di buku. Namun, kamu dapat menemuinya dalam berbagai artikel di BBC, Detik.com, sampai berbagai media lainnya. Hal ini berarti di kelas MIPA, kamu ga hanya memerlukan hafalan atau hitungan saja, melainkan juga wawasan yang luas!

8. Tanggung jawab

Skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

FYI guys, di beberapa sekolah tugas untuk jurusan MIPA bisa dibilang cukup banyak. Mulai dari PR normal seperti soal, presentasi, praktik, dan berbagai macam lainnya. Tak lupa jika kamu ada ujian, tes, kuis, sampai laboratorium praktik yang pastinya memakan banyak energi dan waktu.

Baca Juga:  8 SMA Swasta Terbaik di Indonesia! Yuk, Masih Ada Waktu Untuk Mendaftar Guys!

Oleh karena itu, skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA selanjutnya adalah tanggung jawab. Kamu perlu banget nih guys melatih skill satu ini. Supaya ketika menghadapi berbagai ujian, PR, bahkan sampai kegiatan organisasi maka kamu sudah biasa mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab.

9. Jujur

Berbagai tugas dan ujian yang sempat disinggung di atas memang melelahkan gengs. Nah, karena hal ini maka ga sedikit siswa di jurusan MIPA yang memilih cara instan seperti menyontek atau bahkan tidak mengerjakan tugas. Tentunya hal ini sangat salah dan engga disarankan banget gengs.

Tahukah kamu, dengan menyontek atau tidak mengerjakan tugas maka akan membuatmu ketinggalan pelajaran lebih dan lebih jauh lagi? Nantinya ketika ujian dan kamu tidak bisa menyontek maka tamatlah nilaimu. So, lebih baik bersusah-susah dahulu guys agar nantinya kamu paham di kemudian hari.

10. Jangan menyerah

Sumber: pinterest.com

Last, skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA dan harus banget kamu miliki adalah jangan menyerah. Di atas memang sempat sedikit disinggung mengenai jangan menyerah. Yap! Hal ini memang penting banget guys. Untuk meraih cita-cita dan kesuksesan maka diperlukan kerja keras yang lebih.

Tidak ada pelajaran yang sulit dan tidak bisa dikerjakan asal kamu mau belajar. Tidak ada waktu yang habis digunakan apabila kamu disiplin untuk belajar, bermain, maupun beristirahat. So, penulis harap dengan masuk jurusan MIPA ini kamu juga belajar untuk tidak menyerah dengan keputusan yang kamu ambil gengs!

Nah, itu tadi 10 skill yang dibutuhkan untuk masuk jurusan MIPA. Untuk kamu yang ingin masuk jurusan MIPA, maka jangan berkecil hati setelah melihat skill di atas. Asal ada kemauan, pasti kamu bisa kok untuk melewati masa di SMA dengan baik sesuai dengan bakat dan minat yang kamu sukai guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…