Categories: Kuliah

10 Hal Tentang Suka Duka Anak Kost yang Umum Dirasakan

Share

Di tanah perantauan, bukanlah hal yang menyenangkan bagi seorang mahasiswa, terlebih bagi mahasiswa yang di rumahnya selalu dimanja oleh kedua orang tuanya. Tidak hanya mahasiswa, karyawan yang sedang tugas di kota lain pun merasakan hal yang sama dengan apa yang dirasakan para mahasiswa.

Banyak sekali pengalaman yang bisa diambil ketika kita sedang merantau, baik senang maupun yang kurang menyenangkan dialami. Semua terukir dalam kisah cerita dalam hidup kita. Inilah pengalaman seru baik suka maupun duka ketika kamu akan merantau ke kota lain ataupun ke negara lain yang mungkin diantaranya pernah kamu alami juga.

Suka Duka Anak Kost yang Umum Dirasakan

1. Lebih mandiri dalam menjalani kehidupan

Mau tidak mau sebagian dari kita akan terbiasa dengan hidup mandiri, tapi bagi orang yang biasanya dimanja oleh orang tua mungkin akan butuh sedikit waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri untuk hidup mandiri.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kelangsungan hidup kamu di tanah orang harus kamu lakukan secara mandiri tanpa bantuan dari orang tua, baik itu makan dengan yang biasanya sudah disiapkan sekarang harus masak atau beli dahulu, sampai dari mencuci baju sendiri, bersih-bersih kamar kost sendiri, dan masih banyak hal lainnya.

2. Pandai mengatur keuangan

Hal yang sangat wajib kamu kuasai secepatnya ketika kamu tinggal jauh dari orang tua adalah pandai-pandai dalam mengatur keuangan. Kamu bakalan menjadi orang yang super perhitungan dalam hal mengeluarkan uang untuk keperluan kamu sehari-hari.

Bagi yang bekerja, uang gaji yang kamu peroleh akan kamu kelola dengan sendirinya, dan bagi kalian para mahasiswa, kalian biasanya akan mendapatkan uang jatah bulanan ataupun mingguan.

Kalian diharuskan untuk mengelola uang kalian sedemikian rupa, agar di kala tanggal sudah mulai menunjukkan akhir bulan, kamu tidak lagi yang namanya kelaparan di tanggal tua. Nah, uang dari hasil yang kalian dapatkan juga dapat digunakan untuk menabung atau juga bisa dibuat modal usaha kecil-kecilan agar bisa mendapatkan hasil yang lebih dari gaji ataupun jatah uang saku dari orang tua.

3. Sendiri di kala sakit

Mungkin duka yang paling mengena hati seorang perantau adalah dikala sakit. Nah, diantara kita yang sedang merantau ke luar kota, mungkin kita pernah sakit. Dan yang tidak enaknya lagi ketika kita butuh apa-apa, selalu kita sendiri yang menghadapinya bukan? Kadang kita merasa sedih ketika jauh dari orang tua.

Sebagai solusinya, mungkin memanggil teman dekat anda menjadi salah satu solusi agar bisa membantu kamu ketika kamu dalam keadaan drop. Tetapi yang lebih penting lagi jika kamu jauh dari orang tua, kamu harus bisa menjaga kesehatan diri kalian dengan baik, agar dapat meminimalisir jatuh sakit.

4. Tidak ada yang namanya diomelin mama

Mungkin beberapa diantara kalian kalau di rumah ada yang sering kena omel dari ibu kalian bukan? Nah, merantau adalah salah satu solusi yang paling ampuh dalam menjauhkan diri kamu dari omelan mama. Mungkin ada benarnya kita jauh dari rumah, tapi pernahkah kamu berpikir kalau omelan mama itu ternyata ada benarnya.

Dan mungkin saja kalian dengan jauh dari sosok ibu kalian akan lebih tersadar dan lebih membuka diri terhadap lingkungan sekitar. Terdapat sisi positif ketika kamu merenungkan diri ketika kamu telah berada di dunia perantauan.

5. Makan mie instan beramai-ramai

Semua yang dilakukan bersama akan jauh lebih nikmat daripada kita lakukan sendiri. Mungkin dengan makan mie instan bersama menjadi hal yang sangat atau bahkan sering kita lakukan kelak ketika kita berada di dunia perantauan. Selain kita bisa menghemat dalam segi keuangan, kita juga merasakan kesenangan tersendiri dan kenikmatan yang berbeda dibandingkan dengan kita lakukan sendirian di kamar kost.

Dari patungan untuk membeli mie instan, kemudian masak bersama, lalu jika selesai kita makan bersama-sama. Kebersamaan itulah yang membuat dunia itu ada untuk kita. Dan kita pasti tidak sia-sia memilih keputusan untuk merantau di tanah orang.

6. Lebih menikmati hidup

Sebagai anak kost, suka duka yang akan kamu lalui begitu banyak hingga kalian selesai menyelesaikan studi di tanah orang. Akan tetapi, begitu banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika kamu merantau.

Memiliki banyak teman, toleransi yang tinggi, memiliki banyak pengalaman, dan hal-hal positif lainnya. Tentunya duka yang kamu dapatkan ketika merantau akan menjadi pelajaran berharga untuk menjadikan kamu menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya.

7. Memiliki teman kos yang jorok

Jika kamu tinggal di tempat kost yang menggunakan sistem kamar mandi luar, kamu bakalan dapat salah satu teman atau tetangga kos yang mungkin memiliki kebiasaan buruk. Entah disengaja maupun tidak biasanya hal-hal itu yang bisa membuat kita terkadang jengkel dan ingin sekali merasa ingin pindah ke kost yang lain.

8. Barang pribadi atau yang kita sukai hilang

Jika kalian yang sedang kost dengan orang lain maupun teman dalam sekamar, mungkin risiko kehilangan barang menjadi hal yang mungkin akan terjadi. Apalagi itu adalah barang yang sangat berarti bagi kita.

Risiko kehilangan begitu besar dan kita harus pandai-pandai dalam menyimpan suatu barang yang bersifat pribadi. Sebagai saran bawalah barang itu setiap hari ketika kamu beraktivitas kemanapun kamu pergi.

9.Memiliki teman kost yang berisik

Sebagian dari kita memilih untuk merantau untuk mendapatkan suatu ketenangan yang mungkin kita dambakan selama ini. Tapi jika kita memiliki teman kost yang berisiknya bukan main, mungkin akan sedikit mengganggu kita yang ingin merasakan ketenangan. Tapi memiliki teman kost yang berisik juga bisa membuat suasana kamar akan terasa lebih ceria dan berwarna.

10. Kangen pulang kampung

Homesick selalu menghantui kita ketika di saat sendiri di dalam kost atau sekedar kangen ketika rindu suasana rumah. Menelpon sanak keluarga menjadi obat yang paling mujarab ketika rindu sedang menerpa. Suasana rumah akan selalu kita ingat dan terngiang-ngiang di benak kita.

Suka duka anak kos yang akan kamu rasakan ketika sedang merantau ke kota orang. Baik bekerja maupun kuliah rasa yang dirasakan mirip dan sama. Jangan takut dan sedih ketika kamu jauh dari keluarga. Terus semangat di tanah perantauan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Maret 23, 2021 5:56 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

6 Langkah Morning Routine Pelajar Selama Pandemi! Dijamin Semangat Lagi!

Masa pandemic covid-19 ini bikin semua kegiatan dihentikan termasuk sekolah. Kamu jadi harus belajar di… Read More

April 22, 2021

6 Cara Mengetahui Potensi Diri Kamu, Super Mudah Lho!

Hai guys! Kalian tahu dong kalau setiap orang pasti memiliki potensi atau kemampuan diri yang… Read More

April 22, 2021

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Analis Kesehatan

Tampilkan Pos Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar tentang profesi analis kesehatan yang ada di… Read More

April 22, 2021

Kamu Perlu Tahu, Inilah Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Tidak terasa ya sebentar lagi sudah masuk kuliah bagi calon mahasiswa baru. Mungkin diantara kamu… Read More

April 21, 2021

Materi Matematika Kelas 9 Bab 5 Bangun Ruang Sisi Lengkung

Kami menyajikan rangkuman lengkap untuk siswa SMP, sebagian besar sudah kami rangkum tiap mata pelajarannya,… Read More

April 20, 2021

Materi Matematika Kelas 9 Bab 4 Kekongruenan dan Kesebangunan

Kami menyajikan rangkuman lengkap untuk siswa SMP, sebagian besar sudah kami rangkum tiap mata pelajarannya,… Read More

April 20, 2021