Categories: Kuliah

10 Hal Tentang Suka Duka KKN Yang Perlu Kamu Tahu

Share

Sebagai mahasiswa tingkat akhir atau lebih jelasnya di saat semester akhir menjelang skripsi, para mahasiswa akan menjalani kegiatan bernama KKN. Apa sih KKN itu? KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu kegiatan dimana mahasiswa diterjunkan langsung kepada masyarakat (atau dalam artian pengabdian masyarakat).

KKN bertujuan untuk melakukan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. KKN bisa dilakukan pada sekitar semester 6 atau semester 7.

Sering sekali mahasiswa mengibaratkan KKN sebagai momok menakutkan dikarenakan tugasnya yang berat dan juga harus menghadapi lingkungan yang baru. Tapi tenang saja, ada banyak juga suka maupun duka dari mengikuti KKN ini lho.

Mungkin sebagian dari kalian tidak mengalaminya, tapi kalian perlu mengetahui suka dukanya mengikuti KKN, terlebih bagi kamu yang mungkin akan menjalaninya suatu hari nanti. Yuk simak 10 hal tentang suka dan duka KKN di bawah ini!

Suka Duka KKN yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber: harianrakyataceh.com

1. Pengalaman yang baru

Mungkin dari sebagian dari kita suka sekali dengan hal yang berbau dengan petualangan atau survival. Di KKN ini mungkin juga menjadi salah satu jalan untuk kamu mencari pengalaman yang baru, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, serta bisa juga dijadikan sebagai pengalaman yang sangat berharga.

Karena saat KKN, kamu akan menerapkan ilmu yang kamu dapatkan di bangku perkuliahan untuk suatu program yang berkaitan dengan masyarakat. Seru kan?

2. Pemikiran dan pandangan akan terbuka luas

Sebagian dari mahasiswa masih mempunyai pikiran yang sempit dan tidak mau membuka pandangannya untuk lebih luas lagi akan hal baru. Nah, dengan adanya KKN ini mungkin bisa membantu mahasiswa tersebut untuk bisa melihat banyak hal dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Sungguh akan membantu kita sebagai para mahasiswa ketika kita sudah terjun ke dalam dunia kerja.

3. Harus beradaptasi dengan hal yang baru

Mungkin disini bisa dikatakan bisa jadi suka bisa juga dijadikan duka. Bagi orang yang suka dengan hal yang baru, mungkin KKN akan cocok dengan mereka. Tapi bagaimana dengan sebagian orang yang sukar dengan lingkungan yang baru? Mungkin disini sebagai problema diri sendiri bagi mereka yang tidak cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Mau tidak mau mereka harus cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang bisa berbeda 180° dengan lingkungan yang biasanya dihadapi. Dan tentunya tidak mudah bagi mereka yang langsung menghadapi perubahan lingkungan secara mendadak.

4. Mendapatkan teman baru

Teman adalah harta karun yang paling berharga. Mungkin istilah ini lebih tepat untuk menggambarkan secara garis besar jika kalian mengikuti KKN ini. Pasalnya, banyak teman juga bisa memperbanyak relasi kita terhadap jalan menuju kesuksesan kelak nanti.

Mungkin sebagian dari kalian sudah sering membaca apa sih manfaatnya punya banyak teman dan banyak relasi saat kuliah. Dengan adanya teman yang berbeda latar belakang, berbeda karakter dan berbeda cerita, akan menjadi bumbu manis pahitnya mengikuti KKN.

5. Culture shock

Hal yang wajar bagi mahasiswa di saat mengikuti KKN adalah mengalami culture shock. Namun, hal ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab, nantinya bisa mempengaruhi mental bagi para mahasiswa.

Terlebih lagi jika ada mahasiswa yang latar belakangnya terbiasa dengan mewahnya kehidupan kota, secara tiba-tiba berbanding jauh dengan yang di desa tempat dia melaksanakan KKN.

Mungkin dengan melakukan banyak kegiatan dan mencoba membuka pandangan dari sudut pandang yang berbeda menjadi faktor utama dalam menghilangkan rasa culture shock

6. Rasa malas untuk berangkat

Bagi kaum rebahan, hal ini menjadi faktor penghambat yang sangat besar untuk mengikuti KKN. Apalagi jika mereka mendapatkan teman kelompok yang tidak sesuai dengan kehendak kita, berangkat KKN terasa seperti berangkat ke nikahan mantan yang terindah. Malas bukan? Pasti jadi malas banget.

7. Tidak akrab dengan teman sekelompok

Membangun chemistry yang baik dengan orang baru menjadi hal penting dalam mengikuti KKN. Karena, jika satu kelompok tidak terbentuk chemistry yang baik, dan kamu merasa tidak cocok dengan teman sekelompokmu, maka bisa dipastikan kelompokmu akan menghadapi masalah yang sangat amat besar di kemudian hari.

Oleh karena itu, perlu adanya suatu kepemimpinan yang baik dari pemimpin kelompok dan kerja sama yang baik agar semua anggota kelompok bisa bersatu dan menjalin keakraban dengan baik.

8. Bersuara untuk mengeluarkan pendapat

Bagi mereka yang pendiam, mungkin KKN ini adalah tuntutan terberat mereka ketika harus ditujukan dengan bersuara ketika sesi musyawarah berlangsung. Tapi, bagi mereka yang tidak terbiasa dengan hal yang berbau mengeluarkan pendapat seperti halnya di organisasi kampus maupun organisasi kemasyarakatan.

Mungkin KKN bisa menjadi tantangan baru bagi kamu ketika berhadapan dengan orang yang latar belakangnya berbeda-beda dalam mengutarakan pendapatnya. Disinilah kamu akan belajar bagaimana untuk mengutarakan pendapat yang baik dan menghargai pendapat orang lain.

9. Lamanya waktu KKN

Perasaan suntuk atau bosan akan selalu melanda bagi peserta atau mahasiswa KKN yang tidak nyaman dengan kegiatan ini. KKN biasanya berlangsung sesuai kebijakan kampus tergantung kampus masing-masing dengan ketentuan berapa bulan untuk mahasiswanya mengikuti kegiatan ini.

Tapi tenang saja, lamanya waktu juga akan memberikan kita banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Lebih banyak pengalaman maka hidupmu akan menjadi lebih indah.

10. Membangun sebuah desa menjadi lebih baik

Hatimu akan tergerak ketika seseorang sedang membutuhkan bantuan, begitu pula dengan acara KKN ini yang sangat membantu sekali bagi desa-desa yang saat ini sedang membutuhkan bantuan seperti halnya dalam hal pertanian, irigasi air, sistem desa, dan lain sebagainya.

Mahasiswa bisa turut membantu desa tersebut menjadi desa yang lebih baik ke depannya. Tidak hanya dengan memberikan materi tetapi juga ilmu yang bisa mereka berikan kepada masyarakat.

Nah itulah sepuluh suka duka KKN yang mungkin kelak akan kamu alami atau bahkan mungkin sudah kamu rasakan. Kalau kamu lebih relate yang mana nih? Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Maret 23, 2021 5:24 am

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di seluruh… Read More

September 15, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi

Halo teman-teman semua! Selamat datang di Materi Seni Budaya Kelas 10 Bab 1 mengenai Berkarya… Read More

September 15, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 11 Let’s Make A Better World For All

Halo teman-teman, tidak terasa ya, kita sudah di penghujung pelajaran Bahasa Inggris kelas 12. Nah,… Read More

September 14, 2021

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah merilis berbagai bentuk bantuan kepada… Read More

September 14, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 10 How To Use Photoshop

Teman-teman, pastinya sudah tidak asing lagi bukan dengan aplikasi Photoshop? Yuph, aplikasi ini dikenal karena… Read More

September 14, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 Bab 9 Do It Carefully!

Halo teman-teman? Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu ya. Nah, hari ini penulis ingin… Read More

September 14, 2021