Categories: SMABiologi

4 Tahapan Dalam Menyusun Metode Ilmiah Biologi

Share

Metode ilmiah dalam biologi yaitu suatu cara untuk mendapatkan informasi-informasi atau fakta tentang berbagai fenomena alam. Metode ilmiah juga berarti belajar dan bekerja dalam bidang biologi atau ilmu pengetahuan alam pada umumnya, serta berhubungan erat dengan tahapan-tahapan proses. Tahukah kamu apa saja tahapan metode ilmiah biologi? Yuk simak materi berikut.

4 Tahapan Metode Ilmiah Biologi

1. Observasi (Pengamatan)

Photo by Chokniti Khongchum on Pexels.com

Observasi atau pengamatan adalah kemampuan mendeskripsikan suatu objek yang didapatkan dari hasil pencarian informasi atau gambaran tentang objek penelitian dengan panca indera. Observasi dapat dilakukan dengan cara pengamatan, pendengaran, pengecapan, perabaan, dan penciuman.

Observasi dikategorikan menjadi dua, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Observasi kualitatif adalah pengamatan bentuk nyata (morfologi), misalnya melalui alat indera. Observasi kuantitatif adalah pengamatan dengan mengamati ukuran. Tujuan observasi adalah untuk mengumpulkan data awal. Hasil observasi dapat dibuat dalam bentuk gambar, bagan, tabel, grafik, dan tulisan.

Setelah mengumpulkan data awal saat observasi, kamu harus mempunyai rumusan masalah dan rasa ingin tahu lebih dalam. Rumusan masalah berupa pertanyaan yang apa, bagaimana, dimana, kapan, siapa, dan mengapa. Tujuan dari merumuskan masalah adalah untuk memperjelas luas masalah yang akan dipecahkan.

2. Hipotesis

Photo by Retha Ferguson on Pexels.com

Hipotesis merupakan dugaan sementara yang bisa berupa jawaban sementara dari rumusan masalah selama observasi. Ciri-ciri hipotesis yang baik yaitu harus menyatakan hubungan, sesuai fakta, berhubungan dengan ilmu, dapat diuji, sederhana, dan bisa menerangkan fakta.

Hipotesis dapat dibagi menjadi dua, yaitu hipotesis alternatif dan hipotesis nol. Hipotesis alternatif adalah hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh daru variabel manipulasi terhadap variabel respons. Sedangkan hipotesis nol adalah suatu hipotesis yang menyatakan tidak adanya pengaruh variabel manipulasi terhadap variabel respons.

Variabel adalah faktor yang berpengaruh yang memiliki nilai dan dapat diubah. Variabel manipulasi adalah faktor yang dibuat bervariasi, dapat disebut juga dengan variabel bebas. Variabel respons adalah faktor yang muncul akibat dari variabel manipulasi atau variabel bebas. Variabel respons disebut juga dengan variabel terikat.

3. Eksperimen (Percobaan)

Photo by Polina Tankilevitch on Pexels.com

Eksperimen atau percobaan adalah usaha sistematis yang sengaja dibuat dan diatur oleh seseorang untuk memperoleh petunjuk empiris yang valid/sahih dan reliabel atau/terpercaya. Eksperimen terdiri dari perencanaan penelitian dan pelaksanaan penelitian.

Perencanaan penelitian terdiri dari beberapa langkah, antara lain, menentukan tujuan penelitian, menetapkan alat dan bahan, menetapkan langkah kerja, menetapkan variabel, mengambil data peneltian, dan menganalisi data penelitian.

Pelaksanaan penelitian dapat dibagi menjadi dua, yaitu penelitian eksperimen dan penelitian observasi. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang bertujuan untuk menerangkan suatu gejala atau menguji hipotesis. Sedangkan penelitian observasi adalah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu gejala atau objek.

Lancar tidaknya suatu penelitian ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu kesadaran masyarakat terhadap pentingnya suatu penelitian, sarana yang memadai, kebebasan dalam meneliti, dan kemampuan seorang peneliti.

4. Kesimpulan

Photo by Chokniti Khongchum on Pexels.com

Kesimpulan merupakan bentuk hasil dari sebuah eksperimen atau penelitian. Kesimpulan dibagi menjadi dua, yaitu menerima atau menolak. Kesimpulan menerima apabila hipotesis sama dengan hasil penelitian. Sedangkan kesimpulan menolak apabila hipotesis tidak sesuai dengan hasil penelitian.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai tahapan metode ilmiah biologi. Semoga kamu dapat terbantu dengan penjelasan tersebut. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu agar mereka tidak ketinggalan informasi penting serta dapat membantu menambah pengetahuan dan wawasan. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Oktober 16, 2020 1:11 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

15 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik - Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi yang penting untuk diperhatikan adalah… Read More

November 25, 2020

Tips Konsisten Belajar Agar Dapat Nilai Bagus

Tips Konsisten Belajar - Hai, Readers! Di tengah pandemi ini, banyak pelajar tidak bisa konsisten… Read More

November 25, 2020

Keselamatan Kerja di Laboratorium

Haii Readers! Dalam melakukan kegiatan penelitian atau observasi IPA, seringkali kita harus bekerja di laboratorium.… Read More

November 23, 2020

Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terdapat banyak faktor… Read More

November 23, 2020

10 Lagu Lawas Indonesia Untuk Menambah Semangat Mengejar Mimpi

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita mengalami rasa lelah dan letih dalam mengejar mimpi yang ingin… Read More

November 23, 2020

5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi atau Sistem Informasi Akuntansi adalah salah satu jurusan bidang teknologi yang berfokus pada… Read More

November 23, 2020