Categories: Motivasi

Ini Tanda Kalau Kamu Sudah Dewasa! Apakah Kamu Termasuk?

Share

Hai Readers! Apakah kamu sering dengar kalimat kalimat ini? “Umur berapakah kamu?”, “Wah, ternyata kamu sudah dewasa yah!” Kalimat itu sangatlah sering kita dengar di kalangan masyarakat, sekolah apalagi keluarga dekat. Saat kamu bertemu dengan saudara jauh yang sudah lama tidak berjumpa, mereka akan sering mengatakan hal itu.

Tetapi apakah dewasa itu persoalan umur? Atau anak kecil bisa saja disebut dewasa? Yups, dewasa itu bukanlah persoalan umur melainkan persoalan sikap dan pola pikir. Karena seseorang yang sudah tua umur, bisa saja bersikap kekanak kanakan sedangkan seorang anak kecil, bisa saja bersikap dewasa dengan berpikir bijak.

Dewasa sering dikaitkan dengan umur karena orang tua cenderung lebih bijak dari anak kecil, dan remaja cenderung lebih labil dari orangtua. Tapi untuk kamu yang sudah tua, apakah kamu sudah benar benar dewasa? Apakah kamu memang sudah benar benar dewasa atau hanya merasa dewasa? Apa sajakah ciri ciri dari orang yang sudah dewasa?

Ini Beberapa Tanda Kalau Kamu Sudah Dewasa!

1. Tidak Tumbang Ketika Dihina/Dikritik         

Saat kamu menerima kritikan atau hinaan, kamu akan berbesar hati akan perkataan atau sikap mereka, kritik atau sikap mereka tidak akan membuatmu down ataupun sedih. Kritik dan hinaan akan kamu jadikan pacuan dan panduan yang membuatmu lebih baik ke depannya atau dengan kata lain hal tersebut kamu jadikan sebagai bahan intropeksi diri dan memperbaiki diri.

2. Tidak Terbang Ketika Dipuji

Dalam proses mencapai kesuksesan, kamu tidak akan cepat merasa puas dengan pencapaian pencapaian kecil yang kamu raih. Kamu akan berpikir untuk terus berinovasi dan berkreasi mengembangkan potensi yang ada di dalam dirimu.

Bukan berarti kamu akan bersikap sombong, melainkan kamu akan selalu bersikap rendah hati dan senang membantu yang dibawahmu. Hal itu akan menunjukkan kalau kamu dewasa dan matang dalam pola pikir.

3. Selalu Berpikir Sebelum Bertindak atau Berbicara

Pikir atau dalam bahasa inggris adalah THINK memiliki kepanjangan dalam etika kewargaan digital yaitu True yang artinya apakah tindakan atau bicaramu benar, Helpfull yang artinya apakah tindakan atau bicaramu membantu atau berguna, Inspiring yang artinya apakah tindakan atau bicaramu menginspirasi ke arah yang baik atau malah sebaliknya, Neccesery yang artinya apakah tindakan atau bicaramu perlu, dan yang terakhir Kind yang artinya apakah perbuatan atau perkataanmu sopan. Kamu juga akan berpikir solusi terbaik untuk masalah yang kamu hadapi demi tidak merugikan orang lain dan dirimu sendiri.

4. Dapat Menilai Mana yang Baik dan Buruk

Dalam memilih sebuah pilihan, kamu harus dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Hal tersebut tidak hanya dalam satu aspek melainkan dalam semua aspek kehidupanmu dimulai dari pergaulan, gaya berpikir dan bertindak, makanan bahkan pilihan untuk cara berpakaian atau berbusana. Hal tersebut sangat memengaruhi, terutama hal hal eksterior seperti berpakaian dan berbicara.

5. Mau Mengalah dan Tidak Mudah Tersulut Emosi

Saat ada situasi situasi yang tidak menyenangkan, kamu dapat mengalah dan mengatur emosimu, itu merupakan ciri kamu memiliki pola pikir yang dewasa. Kamu akan mengkomunikasikan atau memberi nasihat akan hal tersebut, dan menerimanya bahkan ketika mereka menolak nasihatmu.

6. Selalu Memiliki Pandangan yang Positif

Saat kamu mendapat masalah, kamu tidak akan terburu buru panik, kamu akan tenang dan tetap berpikir positif, hal itu akan membantu kamu dalam menyelesaikan masalahmu dengan pikiran yang ringan dan jernih.

Kamu juga akan bisa lebih bijak dalam menanggapi suatu masalah atau situasi tertentu. Selain itu, kamu juga akan memiliki pemikiran yang terbuka dan mau menerima saran ataupun pendapat dari orang lain. Sehingga kamu tidak dianggap egois atau arogan oleh orang lain.

7. Dapat Memahami Perasaan Orang Lain

Kamu tidak hanya akan berpikir dari sudut pandangmu, melainkan ikut melihat dari sudut pandang orang lain. Kamu juga tidak akan bersikap egois dan mementingkan diri sendiri. Saat seseorang meminta nasihat, kamu akan memberikan dengan senang hati dan saat seseorang curhat kamu akan mendengarkannya dengan senang hati.

8. Mengakui Kesalahan, Meminta Maaf dan Tidak Menyalahkan

Dan ciri terakhir yang menunjukkan kamu sudah dewasa adalah saat kamu bersalah, kamu akan mengakuinya dan meminta maaf. Di zaman sekarang, banyak orang malu meminta maaf, namun, orang yang berpikir dewasa akan melakukannya dengan tanpa diperintah, dengan tidak bersungut sungut dan tanpa melempar kesalahan pada orang lain. Kesalahan yang kamu perbuat juga akan menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi orang bijak dan dewasa.

Umur bukanlah patokan kedewasaan orang lain. Pola pikir yang bekembang merupakan komponen utama penyusun kedewasaan. Namun, kedewasaan bukanlah hal instan yang bisa kamu dapatkan. Kamu harus melatih pola pikir kamu dan mengembangkannya serta terus belajar dari pengalaman pengalaman yang kamu dapatkan. 

Jadi apakah kamu sudah siap dewasa? Mulailah bentuk karakter dan keterbukaan pikiranmu.

“being silly is still allowed, not excluded by adulthood, what’s excluded by adulthood is thoughtlessness, so be thoughfull and silly but growing old is mandatory but growing up is optinal” (anonym)

This post was last modified on Desember 21, 2020 12:51 am

Leony Panjaitan

My name is Leony Panjaitan, hobi membaca dan menulis. Motivasi :Never give up but start up!

Leave a Comment
Published by
Leony Panjaitan

Recent Posts

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 13 Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf

Hidup jadi lebih damai dengan ikhlas, sabar, dan pemaaf tentunya sangat penting untuk kita ketahui,… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 12 Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw

Penerus perjuangan Nabi Muhammad saw tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang bersifat spontanitas… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 11 Hijrah ke Madinah, Sebuah Kisah yang Membanggakan

Hijrah ke Madinah, sebuah kisah yang membanggakan tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 10 Islam Memberikan Kemudahan Melalui Salat Jama’ dan Qasar

Islam memberikan kemudahan melalui Salat Jama’ dan Qasar tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 9 Menumpuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu

Menumpuk rasa persatuan pada hari yang kita tunggu tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah… Read More

Januari 17, 2021

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 8 Berempati Itu Mudah Menghormati Itu Indah

Berempati itu mudah menghormati itu indah tentunya sangat penting untuk kita ketahui, entah yang bersifat… Read More

Januari 17, 2021