Yuk Kenalan Dengan Teknik Lingkungan, Salah Satu Jurusan Unik yang Ada di Indonesia!

Hola guys! Berhubung mendekati SNMPTN maupun SBMPTN untuk kelas 3 SMA, kali ini aku akan sedikit share mengenai beberapa fakultas yang mungkin jarang kamu ketahui nih. Salah satunya ialah fakultas teknik lingkungan.

Siapa nih di antara kamu yang suka banget mendaki gunung, pergi ke berbagai wisata alam, atau mungkin mengunjungi beberapa desa yang masih asri dan jarang lalu lintas padat kota.

Nah, untuk kamu yang mungkin sedari sekarang jatuh cinta banget sama alam, mungkin kamu akan sangat tertarik nih untuk masuk fakultas ini. Fakultas ini sendiri dikategorikan sebagai teknik karena ada beberapa materi yang berhubungan dengan matematika atau ilmu hitungan juga guys. Penasaran, yuk simak sedikit ulasannya di bawah ini ya!

Teknik Lingkungan
Photo by Pixabay on Pexels.com

Kenalan Singkat dengan Teknik Lingkungan 

Teknik lingkungan merupakan salah satu bidang teknik yang mempelajari lingkungan, permasalahan yang ada di lingkungan, beserta solusinya. Bahkan di beberapa perguruan tinggi, teknik lingkungan juga mempelajari mengenai energi pembaharuan guys. Di jurusan ini, kamu akan diajarkan mengenai berbagai upaya sampai pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Selain itu, kamu juga akan belajar berbagai permasalahan tentang aktivitas manusia yang memiliki kaitan dengan lingkungan. Misalnya saja, pembangunan pabrik di dekat sungai maupun dampak yang ditimbulkan pabrik terkait polusi udara. Pencegahan yang kamu lakukan atau solusi yang kamu temukan akan berhubungan dengan teknologi sehingga jurusan ini juga memerlukan ilmu perhitungan matematis di dalamnya.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 2

Materi yang akan kamu temui di Teknik Lingkungan

Secara sederhana kamu tentunya diharuskan mempelajari berbagai hal berkaitan dengan biologi, kimia, dan fisika. Namun, tidak seperti jurusan teknik lainnya yang memiliki fokus tinggi terhadap perhitungan, di teknik lingkungan kamu lebih diarahkan mengenai biologi maupun kimia lingkungan. 

Guys, mungkin sebagian besar dari kamu masih sedikit bingung tentang materi yang dipelajari. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat beberapa contoh sub-topik yang nantinya akan kamu pelajari saat masuk di teknik lingkungan. Oh iya, topicdi bawah ini juga bisa mengalami perkembangan atau bahkan ditiadakan ya guys. Tergantung juga dengan universitas yang kamu pilih nantinya. 

1. Pencemaran

Yap, pada jurusan teknik lingkungan kamu akan mempelajari berbagai pencemaran lingkungan. Mulai dari pencemaran air, udara, sampai pencemaran tanah. Pencemaran ini pun memiliki banyak sebab-akibat, salah satunya ialah aktivitas manusia. Sehingga, kamu juga diminta untuk menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan pencemaran maupun solusi dan pencegahan pencemaran guys.

2. Pengelolahan

Next, ada berbagai jenis pengelolaha yang akan kamu lakukan nih guys. Mulai dari mengolah limbah atau sampah sampai air. Tentunya sesuai dengan namanya, teknik ini berkaitan erat dengan alam. Sehingga, persoalan mengelolah limbah dan air menjadi hal yang wajib kamu temukan di teknik lingkungan. 

Biasanya kamu akan diminta untuk mengelola limbah dengan berbagai teknologi sesuai dengan perhitungan matematis dan proses kimiawi. Sementara itu, pada sistem air kamu juga akan diminta membuat sistem penjernihan air yang efektif sampai berbagai teknik dalam menciptakan air yang bersih dan aman dikonsumsi oleh warga di daerah yang kekurangan air. 

3. Teknologi pembaharuan

Di beberapa universitas, teknik lingkungan juga mempelajari berbagai teknologi berkaitan dengan energi alternative. Bisa dari udara, air, sampai angin guys. Nah, keseruan ini juga akan kamu dapatkan ketika melakukan kegiatan analisis di lapangan maupun membuat berbagai alat untuk memanfaatkan energy alternative.

Baca Juga:  10 Alasan Masuk BEM Saat Kuliah

4. Mekanika fluida

Salah satu pelajaran fisika yang akan kamu pelajari di teknik lingkungan ini ialah mekanika fluida. Di sini kamu akan mempelajari berbagai jenis zat gas, cair, sampai plasma. Ada cukup banyak sub-topik yang akan kamu pelajari di mekanika fluida berkaitan dengan teknologi lingkungan. So, cintai fisika mulai dari sekarang ya guys!

Kira-kira itulah beberapa materi atau topic yang akan kamu pelajari saat masuk di jurusan teknik lingkungan. Bagi sebagian besar dari kamu yang sudah mendapatkan gambaran, kini saatnya mengetahui beberapa universitas negeri Indonesia yang memiliki jurusan teknik lingkungan terbaik yuk. 

Perguruan Tinggi Negeri Terbaik untuk Jurusan Teknik Lingkungan

NoNama Kampus/UnivesritasLokasi
1ITB (Institut Teknologi Bandung)Bandung
2ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)Surabaya
3Undip (Universitas Diponegoro)Semarang
4UI (Universitas Indonesia)Jakarta
5Universitas HassanudinMakasar
6Institus Teknologi SumateraLampung
7Universitas AirlanggaSurabaya
8Universitas BrawijayaMalang
9Universitas JemberJember
10Universitas AndalasMedan

Prospek Kerja Teknik Lingkungan

Terakhir nih, setelah kamu mengetahui beberapa universitas yang memiliki jurusan teknik lingkungan terbaik, saatnya kamu juga mengetahui prospek kerja apa aja sih untuk lulusan teknik lingkungan. Tentunya ada banyak banget guys. Mulai dari peneliti sampai pengajar, untuk kamu yang penasaran langsung kepoin ulasan di bawah ini ya!

1. Bekerja di Badan Penelitian Indonesia

Wuih, siapa sih yang gamau bekerja di bawah Badan Penelitian Indonesia. Di sini kamu akan bertemu berbagai macam orang dengan keahliannya masing-masing, pastinya mereka sangat cerdas dan berbakat guys. Kamu yang bekerja di sini tentunya akan lebih banyak bersinggungan dengan teknologi pembaharuan sampai penelitian mengenai lingkungan ya guys.

2. Perusahaan Lingkungan

Eits, jangan salah sangka guys. Beberapa perusahan kini sedang membutuhkan ahli lingkungan juga lho. Hal ini berkaitan dengan limbah yang akan dihasilkan oleh suatu pabrik, sehingga seorang ahli lingkungan akan dicari oleh berbagai perusahaan untuk menempati kursi sebagai seorang konsultan. 

Baca Juga:  5 Hal Penting Yang Sering Diabaikan Mahasiswa

3. Menjadi Dosen

Kalau kamu suka banget mendalami materi, membuat berbagai disertasi, dan juga mengajar maka jangan sia-siakan softskillmu untuk menjadi seorang pengajar. Umumnya para dosen lingkungan ini mengajar di almamater tempatnya menunjang ilmu dahulu. 

Namun, ingat guys kamu yang ingin menjadi dosen harus rajin-rajin untuk belajar dan juga menuntut ilmu setinggi-tingginya ya. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya tahun, semakin banyak siswa yang lebih kritis dan juga cerdas daripada zaman kita belajar dahulu. 

4. Bekerja di Kementerian Lingkungan

Pastinya Kementerian Lingkungan membutuhkan banyak staff yang pernah menjadi lulusan teknik lingkungan dong. Apabila kamu tertarik bekerja di sektor kementerian, maka kamu akan bertemu dengan sejumlah masalah di berbagai penjuru Indonesia terkait dengan kerusakan lingkungan maupun aktivitas lingkungan guys

5. Aktivis 

Terakhir nih, siapa sih yang ga tau Greenpeace sampai UNFCC. Yap, berbagai lembaga dunia tersebut tentunya membutuhkan banyak sekali aktivis guys. Ditambah lagi kalau kamu mempunyai latar belakang sebagai lulusan lingkungan. Wuih, pastinya cocok banget deh!  

Nah, di atas ialah sekilas mengenai teknik lingkungan guys. Gimana, sampai sini apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan teknik lingkungan? Pastinya apapun pilihan jurusan kamu, jangan lupa untuk sungguh-sungguh belajar dan benar-benar berjuang ya guys! Untuk kamu yang sebentar lagi melaksanakan SNMPTN sampai SBMPTN semangat ya!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Produktif Walau Pandemi dengan Melatih Skill di Skill Academy! Ada Diskon Besar-Besaran untuk Kamu!

Udah hampir 1,5 tahun ini seluruh warga Indonesia harus membatasi kegiatan belajar, pekerj…