8 Tes Kecocokan di Jurusan MIPA! Apakah Kamu Udah Cocok? Yuk, Cobain!

Hola guys! Gimana nih kabarnya? Sampai saat ini apakah kamu masih dilematis untuk memilih jurusan di SMA? Yap, memilih jurusan memang menjadi hal yang sulit bagi sebagian pelajar. Tentunya pemilihan ini juga ga bisa dilakukan sembarangan lho! Kamu perlu riset dan pemikiran yang cermat.

Oleh karena itu, kali ini penulis ingin membagikan tes kecocokan di jurusan MIPA yang terdiri dari beberapa pertanyaan atau pernyataan. Beberapa soal di bawah ini bisa kamu jawab dan sesuaikan dengan diri kamu ya guys! So, ga pake lama, yuk langsung simak ulasannya di bawah!

Tes Kecocokan di Jurusan MIPA

1. Apakah kamu senang melihat peristiwa secara logika?

Tes kecocokan di jurusan MIPA
Sumber: hindustantimes.com

Pertanyaan pertama yang mengindikasikan bahwa kamu cocok di jurusan MIPA ialah pandangan kamu terhadap sebuah peristiwa gengs. Kamu yang tertarik dengan ilmu yang ada di MIPA cenderung melihat segala peristiwa berdasarkan logika.

Alih-alih melihat masa lalu dari peristiwa tersebut atau bahkan menghubungkannya dengan berbagai mitos, maka kamu lebih memikirkan bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi dari sudut pandang yang bisa dilogika manusia.

Contoh sederhananya ialah bagaimana peristiwa tsunami bisa terjadi. Untuk kamu yang memiliki kecenderungan di MIPA maka akan berpikir tentang pergeseran lempeng yang terjadi, gempa, atau bahkan kondisi geografis yang memengaruhi tempat terjadinya tsunami guys.

Jawaban ini menurutmu lebih menarik daripada berbagai mitos tentang makhluk bawah laut yang mungkin mengamuk, tsunami sebagai pertanda kiamat, atau bahkan berbagai pengetahuan lainnya yang melebihi nalar manusia Kawan.

Baca Juga:  Perbedaan Sekolah Internasional dengan Sekolah Nasional

2. Kamu sungguh percaya apabila segala sesuatu terjadi karena penyebab!

Tes kecocokkan di jurusan MIPA selanjutnya juga masih berhubungan dengan logika gengs. Bahwa kamu percaya apabila suatu peristiwa, kejadian, bahkan sebuah jawaban pasti diberikan karena ada penyebab yang didapatkan.

Istilah sederhananya seperti hukum aksi dan reaksi. Tentunya kamu yang memiliki kecenderungan di kelas MIPA akan sangat mempercayai hal ini guys. Kamu sangat peduli terhadap peristiwa dengan penyebab yang menarik.

Mungkin berhubungan dengan perhitungan yang rumit, pengetahuan yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya, daripada cukup menganggap peristiwa tersebut terjadi dari sudut pandang perasaan saja.

Untukmu yang memiliki kecenderungan untuk masuk di kelas MIPA, maka logika menjadi hal paling utama melebihi perasaan dalam memecahkan sebuah masalah guys!

3. Kamu lebih memikirkan masa depan daripada masa kini!

close up view of a vaccine vial
Photo by Artem Podrez on Pexels.com

Salah satu kecenderungan yang dimiliki anak MIPA ialah sikap dan pemikirannya yang lebih mementingkan masa depan daripada masa kini. Menurutmu masa depan adalah hal yang menarik dan menantang, tak lupa ingin kamu pecahkan dengan berbagai logika yang ada.

Hal sederhananya ialah kamu lebih tertarik tentang isu-isu yang menyangkut teknologi di masa depan seperti pembuatan pesawat ke mars, penemuan berbagai barang yang mungkin berguna di masa depan, daripada memperhatikan berbagai isu di masa kini.

Alih-alih memperhatikan berbagai kondisi perpolitikan Indonesia atau mungkin isu marginal di Indonesia maka kamu lebih memilih untuk membaca berbagai artikel tentang Elon Musk atau bahkan NASA!

4. Kepalamu penuh dengan berbagai inovasi guys!

Yap, selain memikirkan masa depan kamu juga sangat tertarik dengan berbagai benda baru yang belum ditemukan nih. Bisa jadi, salah satu ambisimu ialah menemukan sebuah benda, barang, atau bahkan penemuan unik yang akan berguna di masa depan.

Baca Juga:  Dekorasi Kelas Islami yang Menarik dan Super Keren!

Kalau udah begini sih guys, fix kamu pasti lolos tes kecocokkan di jurusan MIPA! Sederhananya, kamu tertarik untuk menyelesaikan masalah dengan berbagai inovasi. Seperti penemuan untuk obat kanker sampai berbagai benda yang mungkin mempermudah aktivitas sehari-hari.

Besar kemungkinan kamu merasa kurang puas dengan berbagai penemuan yang ada, serta merasa masih banyak hal yang bisa kamu permudah dengan inovasi yang ada di kepalamu guys!

5. Kamu memilih aktivitas menghitung daripada menghafal!

woman writing on a whiteboard
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Hal yang paling mencolok antara kamu yang tertarik di jurusan MIPA daripada jurusan lain di SMA adalah pemilihanmu antara menghitung atau menghafal. Kamu yang memiliki kecenderungan di jurusan MIPA tentu akan memilih aktivitas menghitung gengs.

Dengan begini maka kamu tidak akan kesulitan dalam menghadapi berbagai mata pelajaran di jurusan MIPA. Hal ini karena sebagian besar mata pelajaran di kelas MIPA ialah perhitungan daripada hafalan.

Akan tetapi, apabila kamu lebih tertarik untuk menghafal daripada menghitung maka penulis sangat sarankan untuk mempertimbangkan kembali keinginanmu masuk jurusan MIPA ya gengs! Menurut penulis, kamu yang tertarik menghafal lebih cocok di jurusan IPS atau bahasa guys!

6. Apakah kamu menyukai permainan strategi?

Tes kecocokkan di jurusan MIPA selanjutnya ga hanya berdasarkan mata pelajaran aja nih gengs. Bahkan di luar pelajaran pun bisa dilihat dengan kecenderunganmu menyukai permainan.

Umumnya nih, kamu yang cocok di jurusan MIPA lebih menyukai berbagai permainan tentang strategi guys. Seperti catur, bermain teka-teki, dan lain sebagainya. Bahkan ketika bermain sepak bola bersama kawan, maka kamu akan memilih menjadi pengatur strategi daripada pemain.

Wuih, keren banget kan? Yap, kalau kamu memiliki kecenderungan demikian maka besar kemungkinan kamu akan cocok berada di kelas MIPA. Lagi-lagi hal ini berhubungan dengan kemampuan melogika milikmu yang lebih baik daripada kemampuan lainnya guys.

7. Kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi!

Sumber: freepik.com

Ga ketinggalan nih, kamu yang memiliki kecenderungan masuk kelas MIPA bisa dibilang memiliki keingintahuan yang cukup tinggi guys. Kamu tertarik mengeksplorasi berbagai ilmu pengetahuan yang mungkin tidak diajarkan di sekolah biasa.

Baca Juga:  9 Tips Memilih SMA dengan Tepat! Siswa Kelas 9 Wajib Banget Tahu!

Salah satu teman penulis yang berbakat di bidang MIPA bahkan tidak bisa lepas untuk membaca setiap harinya. Bacaannya pun berbeda dari murid lainnya, walaupun ia sudah SMA tetapi ensiklopedia sampai seri WHY? Menjadi buku paling favorit miliknya guys!

Bahkan saat istirahat pun, ia memilih menonton berbagai video tentang bawah laut, Palung Mariana, dan berbagai ilmu pengetahuan yang ga ada di pelajaran biologi biasa di sekolah gengs!

8. Mana nih yang kamu pilih? Melakukan eksperimen di akhir pekan atau keluar rumah dan bersosialisasi?

Last dari tes kecocokan di jurusan MIPA adalah pertanyaan yang bisa kamu jawab sesuai passionmu gengs. Penulis memang tidak menganggap semua anak MIPA adalah introvert dan cenderung menyukai kesendirian even di malam weekend.

Akan tetapi, sebagian besar yang memang memiliki passion di jurusan MIPA tentu memilih kegiatan di dalam rumah seperti melakukan eksperimen sederhana, membaca buku pengetahuan, atau bahkan mengerjakan soal-soal daripada keluar rumah.

Hal ini merupakan alamiah apalagi di usia-usia seperti SMP gengs. Beda lagi, apabila kamu memasuki SMA yang cenderung memaksamu untuk mencari relasi seluas-luasnya!

Nah, itu tadi beberapa pertanyaan tentang tes kecocokkan di jurusan MIPA yang bisa mengindikasikan apakah kamu beneran cocok di jurusan ini atau tidak? Pastinya pertanyaan di atas memang tidak akurat sepenuhnya. Hanya saja bisa menjadi tolak ukur sederhana untukmu memilih jurusan di SMA gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…