8 Tips Belajar Bahasa Asing dengan Mudah dan Menyenangkan! Bisa Kamu Lakukan di Rumah Aja

Tidak bisa dipungkiri lagi bukan bahwa belajar bahasa asing menjadi salah satu hal yang wajib banget dilakukan khususnya ketika kita masih asyik duduk di bangku SMA atau perkuliahan. Yap, terdapat banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil ketika menguasai bahasa asing. Mulai dari kemudahan dalam belajar, bekerja, bahkan bisa mendapat beasiswa guys. 

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri juga kalua mempelajari bahasa asing memang tak semudah kelihatannya guys. Ada banyak kata baru yang harus kamu hafal, kemudian konsep yang wajib kamu pelajari, dan masih banyak lagi. 

Nah, pada kesempatan kali ini penulis hendak membagikan beberapa tips belajar bahasa asing dengan mudah dan bisa kamu lakukan secara mandiri lho. Gimana aja sih cara atau tipsnya? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Tips Belajar Bahasa Asing dengan Mudah

tips belajar bahasa asing

1. Mengumpulkan Komitmen

Tips belajar bahasa asing yang pertama dan paling utama adalah mengumpulkan komitmen. Mempelajari bahasa asing terutama secara mandiri akan membutuhkan kesabaran yang super ekstra, sehingga kamu memerlukan komitmen yang kuat sebelum mempelajari suatu bahasa guys.

Oleh karena itu, pertama kamu bisa mengumpulkan komitmen terlebih dahulu. Dimulai dengan alasan terkuat mengapa kamu mempelajari bahasa asing tersebut. Kamu bisa menulisnya di atas selembar kertas atau note di smartphone milikmu guys.

Komitmen yang kuat sangat bermanfaat untuk menjadi reminder atau pengingat ketika kamu mulai lelah, tak bersemangat, atau bahkan ingin menyerah belajar bahasa tersebut. So, itu pentingnya kamu membangun sebuah komitmen yang kuat sebelum mempelajari suatu bahasa asing atau bahkan melakukan kegiatan lainnya.

Baca Juga:  5 Tips Sukses Ujian Nasional 2017

2. Membuat Target

Tips belajar bahasa asing yang berikutnya adalah membuat target yang pasti. Yap, dalam mempelajari sesuatu atau mengerjakan sesuatu, maka kamu harus menentukan target terlebih dahulu. Apa yang hendak kamu capai? Atau tujuan apa yang hendak kamu raih ketika mempelajari suatu bahasa? 

Target yang hendak kamu susun juga harus relate dengan kenyataan ya, artinya jangan sampai kamu membuat target yang terlalu ‘khayal’. Misalnya, kamu hendak belajar dan fluent Bahasa Inggris hanya dalam waktu 2 minggu dengan belajar 2 jam per hari. Tentu target ini terhitung sangat sulit untuk digapai dan justru kalau tidak tercapai akan membuatmu sangat kecewa.

Selanjutnya, kamu bisa membuat target dengan menulisnya di atas selembar kertas yang kemudian kamu tempelkan di sudut-sudut kamarmu. Pastinya tempat ini bisa kamu lihat setiap harinya guys, seperti meja belajar hingga cermin tempatmu berkaca setiap hari. Hal ini juga bisa menjadi motivasimu dalam mempelajari bahasa asing lho!

3. Menonton Video Youtube

Yap, salah satu kemajuan jaman yang tidak bisa dipungkiri ialah kini kamu dapat mempelajari apapun hanya melalui sebuah potongan video di Youtube. So, tips belajar bahasa asing berikutnya ialah menonton video Youtube. 

Di Youtube sendiri terdapat banyak channel yang menyediakan kursus berbagai bahasa guys. Mulai dari Bahasa Inggris, Jerman, Perancis, hingga Arab! Semuanya tersedia dengan lengkap. Bahkan pengemasannya pun ada yang mudah hingga advanced guys. 

Penulis sendiri memiliki beberapa rekomendasi channel Youtube yang bisa menjadi referensi untukmu mempelajari bahasa asing guys. Mulai dari Learn English with Jessica, Zen English, Learn French with Frenchpod101.com, Learn Arabic with Maha, dan masih banyak lagi guys.

4. Menonton Film 

Next, tips belajar bahasa asing yang tak kalah menarik ialah menonton film. Percaya ga sih kalau kini kamu bisa mempelajari suatu bahasa hanya dengan rajin menonton sebuah film yang menggunakan bahasa tersebut! 

Baca Juga:  3 Tips Menentukan Jurusan Favorit dari Maudy Ayunda

Yap, tentunya ada banyak film berbahasa Inggris, Spanyol, Perancis, hingga bahasa lainnya yang bisa kamu akses di internet. Bahkan kamu bisa mengakses segala film tersebut melalui berbagai aplikasi film seperti Netlix, Disney Hotstar, Viu, dan beragam aplikasi lainnya guys.

Ga hanya itu, kamu juga bisa mengganti subtitle dari film yang kamu tonton ke dalam bahasa yang hendak kamu pelajari guys. Hal ini cukup manjur dalam membantumu mempelajari sebuah bahasa asing, terutama menambah kosakata dari bahasa yang hendak kamu pelajari guys.

5. Membaca Artikel atau Novel 

Yap, selain menonton film ada lagi nih tips menarik dalam mempelajari bahasa asing, yakni dengan rajin-rajin membaca artikel atau novel sesuai dengan bahasa yang hendak kamu pelajari guys. Cara ini termasuk ampuh untuk dilakukan dalam mempelajari suatu bahasa asing guys.

Kini ada banyak kok novel yang ga hanya diterjemahkan ke bahasa Indonesia, melainkan juga bahasa Inggris atau banyak bahasa lain di dunia. Lantas belinya di mana Kak? Kamu bisa membeli novel tersebut di Amazon atau menggunakan Kindle yang kini lebih praktis dibawa ke mana-mana daripada novel fisik. 

Oh iya, penulis sangat menganjurkanmu untuk membaca novel yang benar-benar kamu suka ya guys. Dengan demikian, kamu akan lebih bersemangat dalam membaca sekaligus mempelajari bahasa asing tersebut. Membaca artikel atau novel juga bisa membantumu untuk mempertajam memori dan ingatan lho guys! Jadi, ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil.

6. Mendengarkan Musik atau Podcast 

Selain menonton film atau membaca novel yang menarik, tips belajar bahasa asing yang berikutnya ialah mendengarkan musik atau podcast sesuai dengan bahasa asing yang hendak kamu pelajari. 

Baca Juga:  8 Jenis Kecerdasan Manusia Beserta Ciri-Cirinya, Kamu yang Mana Nih?

Yap, salah satu poin terpenting dari mempelajari bahasa asing adalah mampu mendengarkan dengan baik pronunciation sekaligus menambah kosakata dari bahasa asing tersebut. Dengan terbiasa mendengarkan, kamu juga akan terbiasa dengan nada bicara atau pelafalan dari bahasa asing tersebut. 

7. Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Next, tips belajar bahasa asing yang berikutnya adalah menggunakan aplikasi belajar bahasa asing yang bisa kamu download dengan mudah di smartphone atau laptop kamu guys. Terdapat banyak banget aplikasi menarik yang dikemas dengan menyenangkan untukmu belajar bahasa asing. 

Mulai dari Duolingo, Mondly, LingoDeer, dan masih banyak lagi. Salah satu aplikasi andalan dari penulis sendiri adalah Duolingo. Melalui aplikasi ini kamu bisa belajar bahasa asing dengan mudah, menyenangkan, sekaligus di manapun dan kapanpun guys. 

8. Mengikut Les atau Bimbingan Belajar

Tips belajar bahasa asing yang terakhir adalah mengikuti les atau bimbingan belajar. Eits, jangan salah guys, kini berbagai bimbel bahasa asing engga mengharuskanmu untuk datang langsung ke tempat belajar kok, kini kamu bisa belajar hanya dari rumah aja. 

Ada banyak bimbel yang menyediakan kursus bahasa asing, mulai dari Ruangguru, EF, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencoba mencari bimbingan belajar bahasa asing di internet atau melalui Instagram. Menariknya bimbel bahasa asing ini cenderung terjangkau kok guys, bahkan ada yang mulai dari 50.000 aja!

Yap, di atas adalah beberapa tips belajar bahasa asing yang bisa kamu coba secara mandiri. Selain itu, penulis juga menyarankan untuk memperkuat komitmen dan kesabaranmu ketika mempelajari bahasa asing. Kalau kamu sabar dan tekun dijamin kamu bisa menguasai sebuah bahasa asing hanya dalam hitungan bulan aja kok guys. So, tetap semangat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak Yuk 4 Cara Membuat Pembatas Buku Cantik dengan Mudah dan Cepat

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan bagi sebagian orang. …