6 Tips Belajar Linjur untuk Kamu yang Ingin Masuk ke Perguruan Tinggi Favorit di Indonesia

Halo teman-teman semua! Ga terasa ya, kini kamu telah duduk di bangku akhir SMA. Rasanya baru kemarin mengikuti ospek, eh tiba-tiba sudah duduk di kelas tiga alias bangku akhir SMA yang katanya menjadi masa-masa paling indah selama sekolah. 

Berbicara tentang bangku akhir SMA, biasanya sih pelajar Indonesia mengalami satu permasalahan sama yang cepat atau lambat pasti dialami. Yap, apalagi kalau persoalan mau masuk ke jurusan kuliah atau universitas mana nih usai SMA? 

Hal ini wajar banget kok guys, bahkan setiap orang pasti mengalaminya. Nah, di artikel kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips belajar linjur untuk kamu yang mungkin mulai merasa salah jurusan di SMA. Percaya deh, tips satu ini cukup banyak dibutuhkan oleh pelajar di Indonesia guys. So, simak ulasannya di bawah ya!

Tips Belajar Linjur

1. Menentukan Jurusan Kuliah

tips belajar linjur

Tips belajar linjur yang pertama adalah menentukan jurusan kuliah. Betul sekali, sebelum kamu menentukan gaya belajar atau mengikuti bimbel, maka langkah paling utama yang wajib kamu lakukan adalah menentukan jurusan kuliah. 

Hal ini penting banget karena jurusan kuliah yang kamu pilih akan menentukan arahmu dalam belajar, sekaligus menjadi motivasi yang kuat untukmu tetap belajar di sangat lelah atau mulai patah semangat. 

Kamu yang kini mengambil konsentrasi MIPA di SMA, lalu ingin mengambil jurusan SOSHUM di perkuliahan maupun sebaliknya perlu mempersiapkan dengan matang jurusan kuliah yang hendak diambil sampai universitas yang kamu incar guys. 

Saran dari penulis sendiri, pastikan untuk membuat beberapa plan dengan beberapa jalur masuk kuliah yang berbeda. Kamu juga bisa mendaftar terlebih dahulu ke universitas swasta yang umumnya tidak melalui tes, hanya berdasarkan nilai sewaktu SMA maupun tes skolastik aja guys. 

Baca Juga:  7 Tips Mendapatkan Beasiswa, Terbaru!

2. Skala Prioritas

Sumber: satupersen.net

Tips belajar linjur selanjutnya adalah menentukan skala prioritas. Yap, tidak bisa dipungkiri bahwa ketika kamu memutuskan untuk lintas jurusan maka harus ada yang dikorbankan untuk benar-benar fokus dalam mencapai jurusan kuliah impianmu guys. 

Dengan inilah kamu memerlukan skala prioritas. Skala prioritas sendiri dalam dengan mudah kamu buat. Pertama, kamu dapat menyiapkan selembar kertas dan membaginya ke dalam 4 bagian (lihat gambar). Kemudian, kamu tinggal mengisi masing-masing bagian dengan:

  • Penting dan mendesak (kuadran 1)
  • Tidak penting dan mendesak (kuadran 2)
  • Penting dan tidak mendesak (kuadran 3)
  • Tidak penting dan tidak mendesak (kuadran 4)

Setelahnya, golongkan masing-masing aktivitasmu ke dalam kuadran tersebut guys. Dengan demikian, kamu dapat menentukan mana hal yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa kamu kerjakan di kemudian hari. 

Eits, dalam mengisi skala prioritas sendiri diperlukan kejujuran dan komitmen dari dalam dirimu ya guys. Penulis berharap kamu bisa dengan tepat menentukan keinginan dan cita-cita yang kamu inginkan, sehingga dapat mengatur skala prioritas dengan tepat. Ingat guys, katika kamu memilih linjur maka dibutuhkan effort yang lebih besar!

3. Kumpulkan Soal dan Sumber Belajar

tips belajar linjur

Next, tips belajar linjur kali ini juga jangan sampai terlewat ya guys. Selain menentukan jurusan maupun skala prioritas, maka penulis juga sangat menyarankan agar kamu rajin-rajin dalam mengumpulkan soal maupun sumber belajar. 

Soal-soal sendiri bisa dengan mudah kamu dapatkan di internet maupun Twitter. Yap, penulis cukup sering menemukan ada banyak teman-teman pengguna Twitter yang saling berbagi soal maupun catatan belajar guys. 

Hal ini bisa kamu kumpulkan ke dalam satu drive, sehingga sangat mudah untukmu ketika hendak belajar. Kamu juga bisa mencari berbagai soal UTBK, Mandiri, maupun soal try out di internet untuk mengasah kemampuanmu. 

Baca Juga:  Jenis - Jenis Proposal, dan Langkah Membuatnya!

Penulis sendiri menyarankanmu untuk mengerjakan 2-3 soal per harinya guys. Bisa kamu mulai sembari mempelajari suatu bab dalam mata pelajaran tertentu. Misalnya, kamu sedang belajar mengenai bab interaksi sosial, maka kamu bisa mengerjakan 2 soal mengenai interaksi sosial dan 1 soal mengenai skolastik atau TPS. 

Selain itu, sangat penting untuk mengumpulkan berbagai sumber belajar seperti catatan, rangkuman, hingga video belajar. Hal ini bisa membantumu ketika terlalu jenuh belajar dengan soal maupun buku-buku yang tebal. 

4. Tentukan Gaya Belajar yang Tepat

live teaching brain academy

Setelah mengumpulkan berbagai soal maupun menentukan target jurusan hingga universitas, maka tips belajar linjur selanjutnya ialah menentukan gaya belajar yang tepat. Yap, untuk lolos ke universitas impian dengan linjur, kamu memerlukan gaya belajar yang tepat hingga efisien. 

Sebetulnya ada banyak gaya belajar yang bisa kamu coba guys, tetapi untuk menghemat waktu maka kamu bisa melihat ke pengalaman terdahulu tentang bagaimana cara belajar yang menurutmu paling efisien dan membuatmu mudah memahami suatu materi. 

Mulai dari membaca di situasi yang tenang, menghafal sembari berbicara, maupun belajar dengan mendengarkan musik kesukaanmu. Selain itu, kamu juga bisa menentukan waktu yang tepat untuk belajar linjur ini. Bisa di malam hari sebelum tidur atau bahkan di pagi hari sebelum memulai aktivitas sekolah. 

5. Rajin Latihan

Tips belajar linjur berikutnya adalah rajin latihan. Di luar berbagai cara dalam menghafal atau memahami suatu konsep materi, maka kamu jangan lupa untuk mengerjakan soal-soal latihan. Hal ini bermanfaat untuk mengasah ketajaman dan kemampuanmu setelah belajar guys. 

Untuk mengerjakan soal latihan sendiri kamu bisa memadukannya sembari mempelajari konsep. Misalnya, pada 30 menit pertama kamu akan memahami sebuah konsep dari rangkuman atau catatan. Kemudian, 5-10 menit untuk beristirahat dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal pada 30 menit berikutnya. 

Baca Juga:  Simak Yuk 7 Inspirasi Outfit Anak Kuliah yang Menarik dan Catchy!

Saran dari penulis, dari keseluruhan belajar maupun gaya belajar yang kamu gunakan maka jangan lupa untuk tetap memberi waktu beristirahat ya guys. Bisa sekitar 5-10 menit atau istirahat panjang selama 15-20 menit. Pastikan juga kamu meminum banyak air putih agar tetap fokus. 

6. Mengikuti Bimbel

Tips belajar linjur yang terakhir adalah mengikuti bimbel. Bimbel atau bimbingan belajar sendiri menjadi salah satu cara paling manjur untukmu belajar linjur. Tidak dapat dipungkiri memang ada banyak ‘godaan’ ketika kamu belajar linjur secara mandiri. Mulai dari rasa malas hingga rasa semangat yang mulai turun. 

Akan tetapi, ketika kamu mengikuti bimbel dan sudah membayar dalam jangka waktu tertentu maka secara tidak langsung kamu tidak bisa menolak atau menghindari kegiatan belajar guys. 

Tak hanya itu, umumnya bimbel juga menyediakan prediksi soal yang lebih komprehensif dari yang tersedia di internet. Kamu juga bisa mendapat pengarahan langsung dari tutor apabila tidak memahami sebuah soal atau konsep guys. 

Bahkan ada bimbel yang menyediakan konseling untuk kamu yang mungkin sedang lelah dalam belajar maupun tidak bersemangat. Bimbel masa kini juga tersedia secara offline, online, berkelompok, maupun privat guys. 

Yap, di atas adalah beberapa tips belajar linjur yang mungkin bisa kamu terapkan mulai sekarang guys. Saran dari penulis sendiri adalah pastikan kamu belajar sedari dini mungkin, terutama apabila kamu ingin masuk ke perguruan tinggi favorit dengan jurusan favorit pula. 

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menyerahkan segala keputusan kepada Tuhan YME ya guys. Rajin sholat dan tak lupa beribadah juga menjadi poin penting yang jangan sampai dilewatkan. So, selamat berjuang teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

9 Rekomendasi Pekerjaan untuk Introvert Paling Menjanjikan Sesuai Tes MBTI

Bagi kamu yang kini duduk di bangku akhir SMA atau awal perkuliahan, pasti sedikit banyak …