Categories: MatematikaSMATips

Tips Semangat Belajar Matematika, Agar Mudah Paham!

Share

Tips Belajar MatematikMatematika adalah salah satu mata pelajaran yang pada umumnya dianggap sulit oleh banyak siswa. Karena dianggap sulit, maka banyak siswa yang malas dan tidak suka belajar matematika. Hal ini dapat menyebabkan minat siswa terhadap matematika menurun dan akibatnya nilai mereka menjadi kurang baik. Jika kamu salah satunya, maka kamu harus menyimak informasi berikut agar kamu selalu semangat untuk belajar matematika.

Untuk kemudahan menjawab soal Matematika, kamu bisa download aplikasi belajarnya, silahkan lihat aplikasi belajar Matematika yang bisa kamu gunakan untuk menjawab soal, silahkan lihat di halaman Aplikasi untuk Mengerjakan Soal Matematika.

Tips Semangat Belajar Matematika

1. Tanamkan niat

Setiap ingin mempelajari sesuatu, tanamkan niat terlebih dahulu. Niat yang baik itu penting agar kamu mempunyai dorongan untuk melakukan suatu kegiatan, dalam hal ini adalah belajar matematika. Jika kamu niat belajar matematika maka rasa malas tidak akan muncul. Tanamkan niat dalam dirimu bahwa kamu ingin belajar matematika, bahwa kamu ingin bisa matematika, dan bahwa kamu ingin mempelajari matematika dengan baik. Rasakan perubahannya setelah kamu meluruskan niatmu dan memulai belajar matematika.

2. Jangan takut mencoba

Beberapa siswa sering mengalami kesulitan saat belajar matematika. Banyak yang merasa susah memahami konsep maupun rumus yang diberikan. Siswa yang kurang paham atau merasa sulit mempelajari materi tersebut akan merasa takut untuk mencoba memahami lebih jauh atau mencoba melatih diri mengerjakan soal.

Jika kamu merasa susah memahami materi matematika yang telah diajarkan, jangan takut untuk mencoba belajar secara mandiri agar kamu lebih mendalami bagian mana yang kamu tidak bisa atau tidak paham. Beranilah mencoba dan mengukur sejauh mana kamu memahami materi.

3. Belajar bersama teman

Setelah memahami bagian dan materi mana yang belum kamu pahami, memang tidak ada salahnya untuk belajar sendiri. Namun, beberapa orang tidak suka jika belajar sendiri. Jika kamu merupakan salah satunya, maka kamu dapat mengajak teman-temanmu untuk belajar bersama. Belajar bersama teman-teman dapat membantu kamu saling bertukar pikiran dengan teman-temanmu yang mungkin lebih memahami sehingga akan tumbuh rasa percaya diri bahwa kamu juga bisa memahami matematika dengan baik.

4. Bertanya kepada guru atau orang tua

Setelah kamu belajar secara mandiri dan bersama teman-teman, mungkin masih ada materi yang belum pahami. Jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau orang tuamu. Guru akan senang hati menjelaskan dan menjawab pertanyaanmu. Begitu juga orang tuamu. Hal ini menunjukkan bahwa kamu sudah berniat untuk mempelajari matematika lebih jauh. Usahamu akan menumbuhkan semangat lebih dalam dirimu. Ingatlah pepatah, malu bertanya sesat di jalan.

5. Latihan mengerjakan soal

Menumbuhkan semangat belajar matematika dapat juga dengan cara mengerjakan soal-soal latihan. Dengan mengerjakan latihan soal kamu akan merasa tertantang untuk mencari tahu sejauh mana kamu memahami materi yang telah kamu pelajari atau yang telah diajarkan oleh guru. Latihan soal juga menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat keberhasilanmu dalam belajar matematika. Bersemangatlah untuk mencoba latihan-latihan soal yang lebih susah agar kamu semakin jago matematika.

6. Beri apresiasi pada diri sendiri

Kamu yang merasa belajar matematika sangat susah namun sudah mencoba dengan baik, kamu patut memberikan apresiasi pada dirimu sendiri. Apresiasi itu akan membuatmu semakin semangat belajar dan meningkatkan usahamu kembali. Selain itu, apresiasi pada diri sendiri adalah bentuk penghargaan terhadap usahamu. 

Bentuk apresiasi yang bisa kamu berikan dapat bermacam-macam. Kamu bisa membelikan dirimu kue atau makanan yang kamu sukai, kamu dapat memberikan waktu khusus untuk melakukan hobimu yang lain, dan sebagainya. Bahkan kalimat-kalimat positif dapat menjadi apresiasi untuk dirimu. Seperti “Good job. Semangat terus!”, “Kamu sudah melakukannya dengan baik”, “Ayo kita coba lebih baik lagi”, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa tips agar kamu semangat belajar matematika. Jangan lupa bagikan tips ini pada teman-temanmu yang juga ingin terus bersemangat belajar matematika. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Juli 12, 2020 7:23 am

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Bab 4 This is how you do it!

Halo teman-teman? Bagaimana kabarnya hari ini? Sehat semua ya? Mari kita lanjutkan belajar materi bahasa… Read More

Juni 13, 2021

3 Tips Penggunaan Didn’t Need To dan Needn’t Have yang Wajib Kamu Ketahui!

Hai gengs! Hari ini, kita belajar bahasa Inggris bareng yuk! Kali ini aku mau bagi… Read More

Juni 10, 2021

8 Keunggulan dan Kelemahan Jurusan IPS! Yuk, Masih Ada Waktu untuk Memantapkan Pilihanmu!

Hayoo, siapa nih di antara kamu yang masih aja bingung pilih jurusan SMA? Tenang guys,… Read More

Juni 10, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Bab 3 Be healthy, be happy!

Jumpa lagi teman-teman, gak terasa ya kita sudah masuk ke materi bahasa inggris kelas 9… Read More

Juni 9, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Bab 2 Let’s live a healthy life!

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini? Sehat semua ya. Sudah siap belajar bahasa Inggris bersama?… Read More

Juni 9, 2021

12 Jenis Pekerjaan Menurut Tes RMIB! Ketahui Kariermu Mulai Sekarang guys!

Guys, tahu kan kalau ada banyak banget tes psikologi di dunia ini? Yap, salah satu… Read More

Juni 5, 2021