Categories: SMKUTBK

Kupas Tuntas 8 Tips Belajar UTBK untuk Anak SMK, Dijamin Lolos Perguruan Tinggi Impian!

Share

Siapa nih di antara kamu yang kini duduk di bangku akhir jenjang menengah atas kejuruan? Yap, Sekolah Menengah Atas Kejuruan atau akrab disapa SMK juga seringkali mengalami dilema akibat memilih jurusan kuliah. Apalagi dari tahun ke tahun jumlah pelejar SMK yang lolos perguruan tinggi negeri terus mengalami peningkatan.

Giveaway

Oleh karena itu guys, kali ini penulis ingin membagikan kepadamu beberapa tips belajar UTBK untuk anak SMK di seluruh Indonesia. Mulai dari step belajar paling awal sampai trik-trik dalam mengerjakan UTBK, akan penulis bahas sampai tuntas. So, simak ulasannya di bawah ini ya teman-teman!

Tips Belajar UTBK untuk Anak SMK

1. Menetapkan Target atau Goals

Tips belajar UTBK untuk anak SMK yang pertama ialah menetapkan target atau goals. Percaya ga percaya, dalam setiap jenjang pendidikan atau aktivitas apapun yang ingin kamu lakukan maka wajib banget membuat target atau goals sebelum memulai. Hal ini akan mendorongmu untuk tetap semangat sampai akhir nanti guys.

Buatlah target atau goals yang sesuai dengan passion dan kemampuan yang kamu miliki guys. Bermimpi tinggi memang boleh, tetapi kamu juga harus ingat akan perjuangan besar yang akan dikorbankan ke depan. So, pastikan kamu benar-benar siap untuk menghadapi semua itu guys.

Mulai dari target belajar materi, pembahasan materi dan mengerjakan soal, sampai target universitas. Penulis juga menyarankan agar kamu membuat jadwal belajar selama beberapa bulan ke depan. Antara jadwal belajar dan UTBK yang akan membantumu untuk menyeimbangkan kebutuhan satu sama lain.

2. Membeli Buku Belajar UTBK

Next, tips belajar UTBK untuk anak SMK satu ini hukumnya wajib banget guys. Perlu diakui bahwa pembelajaran di SMA dan SMK memiliki perbedaan yang cukup jauh, sehingga kamu perlu mengejar ketertinggalan.

Untuk memudahkanmu belajar, maka buku UTBK akan sangat membantumu. Pilihlah buku yang berisi rangkuman materi TPS, TPA, sekaligus latihan soal dari tahun ke tahun. Memang cukup pricey, biasanya berkisar antara 120 ribu ke atas. Hanya saja lebih worth it daripada membeli terpisah antara materi dan latihan soal.

Oh iya, kamu juga bisa membeli buku saku apabila dibutuhkan. Buku UTBK cenderung tebal dan berat, sehingga kurang efisien untuk dibawa kemana-mana guys. So, buku saku yang umumnya berisi rangkuman sederhana akan sangat membantumu untuk tetap produktif meskipun di luar rumah.

3. Belajar Melalui Rangkuman

SUMMARY word on wooden cubes, Summary concept.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan siswa SMK ketika hendak mengikuti UTBK. Salah satunya ialah persiapan yang terlalu lama berkutat di materi. Yap, karena mengejar ketertinggalan maka beberapa pelajar memilih mendalami materi yang banyaknya bukan main.

Jujur, cara ini kurang efisien guys. Pertama, situasi belajarmu di SMK akan sangat berantakan apabila ditinggalkan begitu saja. Kedua, seringkali pelajar yang belajar dengan cara demikian justru kehabisan waktu dan ga sempat untuk mengerjakan berbagai soal-soal yang tak kalah penting dari materi.

Oleh karenanya, untuk mempersingkat waktu maka penulis sangat menyarankan agar kamu belajar UTBK melalui rangkuman saja guys. Ada banyak rangkuman materi yang bisa kamu pelajari dari internet atau buku khusus UTBK.

4. Langganan Bimbel (Bimbingan Belajar)

Tips belajar UTBK untuk anak SMK berikutnya ialah mengikuti bimbingan belajar atau akrab disapa bimbel. FYI, bimbel memang membantu banget untuk kamu yang berasal dari SMK, lintas jurusan, atau gap year.

Hal ini dikarenakan bimbel memiliki kurikulum yang paten untuk setiap target universitas yang kamu inginkan sampai UTBK. Bahkan ada banyak soal-soal yang bisa kamu kerjakan saat mengikuti bimbingan belajar.

Di sisi lain, saat mengerjakan soal dan menemui kesulitan maka tutor di bimbel akan dengan senang hati membantumu menyelesaikan soal dengan baik. So, untuk kamu yang berasal dari SMK dan ingin mengikuti UTBK maka penulis sarankan untuk berlangganan bimbel online atau mengikuti bimbel offline.

5. Mengerjakan Latihan Soal dan Try Out

Casual young female student handwriting information on diary notebook while reading book and work on laptop computer with white cup of coffee on the table at home.

Yap, di atas penulis sudah sempat singgung mengenai latihan soal. Memang tak dapat dipungkiri guys kalau soal-soal memiliki peranan yang penting dalam kesuksesan UTBK-mu kelak.

Jadi, tips belajar UTBK untuk anak SMK kali ini ialah mengerjakan soal dan ga lupa try out. Dengan mengerjakan soal, kamu bisa mengetahui berbagai variasi soal dari suatu materi sampai melatih mental agar tidak nervous saat UTBK nanti.

FYI, umumnya soal-soal UTBK tidak akan jauh berbeda dari tahun ke tahun guys. Kamu bisa banget mempelajari setiap soal dari tahun lalu atau dua tahun yang lalu, siapa tahu ada soal yang sama keluar di tahunmu!

6. Menyusun Strategi

Kata siapa mengikuti UTBK tidak memerlukan strategi? Salah besar guys! Dalam mengikuti UTBK sampai SBMPTN pun kamu membutuhkan strategi yang matang agar bisa lolos ke perguruan tinggi impian.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mendaftar ke sebuah perguruan tinggi. Mulai dari jumlah kakak kelas yang diterima di PTN tersebut, prestasi sekolah, sampai prestasi pribadi yang kamu miliki.

Terdapat sertifikat atau prestasi yang bisa kamu masukkan juga untuk menambah poin diterimanya kamu ke dalam suatu PTN guys. Umumnya untuk tingkat nasional sampai internasional akan memberikan pengaruh yang cukup besar.

7. Pilih Prioritasmu!

Hand writing Priorities with red marker on transparent wipe board

Tips belajar UTBK selanjutnya adalah memilih prioritas. Ada banyak pelajar yang ingin masuk PTN ternama, tetapi enggan berusaha. Wah, akan sangat sayang guys. Akan ada waktu yang terbuang sia-sia apabila kamu tidak memanfaatkannya sebaik mungkin.

So, penulis anjurkan mulai sekarang untuk membuat daftar prioritas. Kira-kira UTBK ini seberapa pentingnya sih untukmu? Antara UTBK, sekolah formalmu, sampai bermain. Buatlah sebijak mungkin kawan-kawan!

8. Mengikuti Kelompok Diskusi

Tips belajar UTBK untuk anak SMK yang terakhir ialah mengikuti kelompok diskusi. Dulu saat hendak mengikuti UTBK, penulis sendiri sempat bergabung ke beberapa kelompok diskusi. Umumnya, kelompok diskusi ini berasal dari beberapa mahasiswa yang ingin masuk suatu univ atau “kelompok ambis” saja.

Sebenarnya di beberapa kelompok diskusi memang worth it banget karena benar-benar membahas sampai bertukar soal. Namun, tak jarang juga ada beberapa kelompok diskusi yang hanya mengobrol dan saling memberi semangat. Jadi, kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu juga ya guys.

Nah itu tadi beberapa tips belajar UTBK untuk anak SMK. Penulis harap, setelah membaca berbagai tips di atas maka kamu bisa mendapatkan banyak insight baru ya guys. Oh iya, jangan pernah membandingkan dirimu atau merasa rendah diri karena berasal dari SMK.

Ingat guys, SMA atau SMK sama-sama bagus dan memiliki kesempatan yang sama untuk masuk PTN kenamaan seperti Universitas Indonesia sampai ITB. So, selalu semangat belajar dan jangan pernah berhenti berusaha ya. Semangat selalu kawan-kawan!

This post was last modified on November 12, 2021 11:34 pm

Abita Jovina

Hobi menulis sejak kecil dan kecanduan terhadap buku. Suka menulis puisi, cerita pendek, opini, hingga artikel.

Leave a Comment
Published by
Abita Jovina

Recent Posts

18 Tips Merawat HP Agar Tetap Awet, Khusus untuk Pelajar!

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya! Zaman sekarang,… Read More

Juni 29, 2022

Simak Yuk 7 Inspirasi Outfit Anak Kuliah yang Menarik dan Catchy!

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya! Nah di… Read More

Juni 28, 2022

8 Tips Mengatasi Ketergantungan HP pada Pelajar, Dijamin Lebih Produktif!

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Dalam kesempatan… Read More

Juni 28, 2022

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa di Bawah 10 Juta, Harga Terbaik dengan Spesifikasi Juara

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan… Read More

Juni 27, 2022

Dapat Penghasilan Tambahan dengan Program Sahabat Ruangguru, Simak 5 Langkah Mudahnya di Bawah ini!

Hai semuanya, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Sebagai pelajar,… Read More

Juni 25, 2022

10 Inspirasi Membuat Bullet Journal Menarik untuk Menjaga Produktivitasmu

Hai gengs, gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya! Siapa disini… Read More

Juni 25, 2022