Categories: TipsKuliah

Tips Hemat Untuk Mahasiswa Rantau

Share

Tips Hemat Mahasiswa – Menjadi mahasiswa rantau menjadi suatu kebahagiaan tersendiri. Kamu yang selama ini tinggal bersama keluarga akhirnya mencoba keluar dari zona nyaman. Tentu saja itu keputusan yang baik. Namun, kamu juga mempunyai sebuah tanggung jawab dalam keputusanmu. Saat merantau, kamu harus pandai-pandai mengatur hidupmu. Salah satunya adalah keuangan. Berikut adalah tips agar kamu bisa berhemat sebagai mahasiswa rantau.

Tips Hemat Untuk Mahasiswa Rantau

1. Mencari kontrakan atau kostan yang murah tapi berkualitas

Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebagai mahasiswa rantau, salah satu hal yang penting adalah tempat tinggal. Tempat tinggal yang dipilih dapat berupa kontrakan atau kostan. Untuk menghemat biaya tempat tinggal, kamu dapat memilih kontrakan atau kostan yang murah tapi berkualitas.

Dengan tinggal di kontrakan, kamu bisa lebih hemat karena tinggal bersama-sama dengan teman-temanmu. Fasilitas yang didapatkan juga banyak. Pada umumnya, di kontrakan menyediakan dapur, kamar mandi bersama, ruang bersama, dan kadang terdapat TV.

Jika kamu memilih kostan, maka kamu bisa memilih kostan yang murah tapi berkualitas. Berkualitas yang dimaksud adalah yang bersih dan baik. Usahakan memilih kostan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab agar kesehatanmu tetap terjaga. Tidak masalah walaupun kamar mandi di luar.

Namun, kamu tetap harus rajin menjaga kebersihannya. Jika tidak ada orang dari pihak dari kostan yang membersihkan kamar mandi, kamu dapat membuat jadwal untuk piket bergantian. Ini akan membantumu menghemat biaya daripada harus menyewa seseorang untuk bersih-bersih.

2. Masak sendiri

Photo by Skitterphoto on Pexels.com

Selain tempat tinggal, salah satu kebutuhan lainnya yang harus dipenuhi adalah pangan. Soal kebutuhan perut, mahasiswa paling sensitif. Banyak yang bilang, bagi mahasiswa makanan itu bukan soal kualitas tapi kuantitas.

Hal ini karena mahasiswa pada umumnya lebih suka membeli makanan yang murah namun medapatkan banyak porsi untuk menghemat kantong. Namun, pertimbangan kebersihan dan kualitas tetap harus dipertimbangkan. Banyak juga tempat makan yang murah namun bersih dan berkualitas.

Jika kamu ingin lebih berhemat, salah satu caranya adalah dengan masak sendiri. Dengan memasak nasi sendiri, kamu akan lebih menghemat pengeluaran untuk membeli nasi. Kebutuhan makanan pokok ini terbilang cukup mahal untuk sekali makan.

Kadang mau makan satu porsi tapi masih kurang, mau beli dua porsi tapi kebanyakan, repot kan? Kamu dapat membeli magic com mini yang dapat kamu gunakan untuk sehari-hari. Jika kamu tinggal di kontrakan, kamu dapat patungan bersama teman-temanmu untuk membeli magic com yang besar.

Selain nasi, kamu juga bisa masak lauk dan sayur sendiri. Jika kamu tidak bisa memasak, mulailah memasak dengan menu-menu yang sederhana. Kamu juga bisa melihat panduan memasak yang tersedia di buku, internet, atau video-video di youtube. Dengan ini, kamu dapat mengatur pola makanmu sekalian menghemat kantongmu untuk kebutuhan makan.

3. Membawa bekal dan minuman sendiri

Photo by Ella Olsson on Pexels.com

Cara jitu untuk menghemat uang saku bagi mahasiswa rantau dan juga mahasiswa lainnya adalah dengan membawa bekal dan minuman sendiri saat ke kampus. Kamu bisa menyiapkan bekal itu sendiri atau jika kamu tidak sempat, kamu bisa membeli di kantin terdekat dari kostanmu.

Selain membawa bekal makanan, kamu juga dapat membawa minuman sendiri di botol milikmu. Membawa minuman sendiri akan menghemat uang lebih banyak daripada membeli minuman di kantin atau toko.

Jika kamu membeli minuman mineral di toko atau kantin, harganya akan lebih mahal untuk satu botol dibandingkan kamu membawa minuman sendiri dalam botol dengan mengambil air mineral dari galon yang kamu beli di kostan atau kontrakan.

Selain itu, kamu juga dapat membantu untuk mengurangi sampah plastik dari bekas botol air mineral dengan membawa botol minuman sendiri yang tentunya dapat digunakan berkali-kali dengan aman.

4. Kurangi jajan di luar

Photo by Pixabay on Pexels.com

Jajan di luar adalah salah satu pengeluaran yang dapat menguras kantong mahasiswa rantau. Saat nongkrong atau jalan bersama teman, tentu saja kamu ingin membeli makanan atau minuman. Namun, alangkah lebih baik jika kamu menghemat untuk tidak selalu membeli jajan di luar. Kamu tetap bisa nongkrong namun tetap menghemat untuk membeli kebutuhan yang lebih diperlukan.

5. Cuci dan setrika baju sendiri

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Salah satu sifat yang harus dihindari oleh mahasiswa rantau adalah malas mencuci dan menyetrika baju sendiri. Tentu saja jika kamu malas, pada ujungnya mahasiswa akan menggunakan jasa laundry. Hal ini akan menguras kantongmu dalam jumlah besar jika kamu tidak punya cara untuk mengatasi rasa malas itu.

Jika kamu tidak punya waktu, kamu dapat menyiasatinya dengan mencuci baju sedikit demi sedikit agar tidak menumpuk. Saat baju menumpuk tentu kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga. Hal ini akan merepotkanmu terlebih jika kamu punya banyak tugas atau kegitatan lainnya.

6. Bawa printer sendiri

Photo by cottonbro on Pexels.com

Pengeluaran yang juga tergolong penting bagi mahasiswa adalah pengeluaran untuk fotocopy dan print tugas. Dengan banyaknya tugas dan materi yang dicetak dapat membuatmu mengeluarkan banyak uang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membawa printer sendiri.

Memang terlihat mengeluarkan banyak uang karena membeli printer sendiri. Namun, setelah beberapa tahun menggunakan printer sendiri, kamu dapat merasakan betapa hematnya menggunakan printer sendiri.

7. Manfaatkan wifi kampus

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Kebutuhan internet merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk masa kini. Terkadang, pengeluaran untuk membeli paket internet dapat membuat kantongmu terkuras. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh kampus atau kosanmu dengan maksimal, yaitu wifi gratis.

Nah, itulah beberapa tips hemat untuk mahasiswa rantau. Tips ini juga dapat kamu terapkan walaupun kamu tinggal di kostan dekat rumah. Tidak ada salahnya untuk menghemat. Karena hemat itu pangkal kaya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on August 10, 2020 2:39 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih… Read More

September 22, 2020

Program ARMADA Ruangguru, Solusi Cerdas Menunjang Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal terpenting yang menjadi hak bagi setiap siswa di Indonesia. Tak terkecuali bagi… Read More

September 22, 2020

Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya sudah ada artikel tentang filateli yang harus kamu tahu. Apakah kamu sudah membacanya? Kalau… Read More

September 21, 2020

Moral Value dari Film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Siapa yang tidak tahu film series legendaris Harry Potter yang diadaptasi dari novel Harry Potter?… Read More

September 21, 2020

10 Kampus Terbaik di Indonesia

Peringkat kampus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih kampus yang akan kamu tuju. Tentu saja… Read More

September 20, 2020

Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, apalagi kalau bukan mengoleksi perangko serta benda-benda… Read More

September 20, 2020