Tips Penting Untuk Kuliah di Luar Negeri!

Harvard, Oxford, atau Columbia adalah sederet universitas bergengsi di dunia. Sedangkan, di Asia sendiri memiliki beragam universitas seperti Nanyang University, Tokyo University, atau Korea University.

Tentunya guys, kuliah luar negeri adalah cita-cita bagi semua pelajar bukan? Siapa sih dari kamu yang ga pengen kuliah di luar bahkan sampai mendapat pekerjaan di luar negeri?

Oke, buat kamu yang pengen banget belajar di luar tentunya membutuhkan persiapan yang lebih ekstra daripada sekedar mendaftar Universitas di Indonesia. Nah, kira-kira apa aja sih yang perlu disiapkan untuk belajar di luar negeri? 

Jadi, aku bakal kasih kamu tips super keren dan dijamin berhasil untuk kamu sekolah di luar negeri! Cuss langsung cek ke bawah!

Tips Penting Untuk Kuliah di Luar Negeri!

1. Mau kuliah di mana kamu?

Penting banget guys untuk menentukan kamu mau kuliah di mana? Jangan sampai kamu salah jurusan atau bahkan menyesal udah masuk suatu universitas! Pastinya sayang banget kan?!

Maka, mulai dari sekarang kamu harus menyusun rencana dan jurusan yang kamu minati. Jangan ikut-ikutan teman atau atas kemauan orang tua saja, melainkan harus sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Motivasi 

Tau ga sih, kebanyakan dari kita atau pelajar yang hendak menuntut ilmu di luar negeri hanya mementingkan prestise atau gengsi untuk sekedar ke luar negeri. Justru hal ini salah besar guys! Kamu harus memiliki motivasi dan alasan yang kuat untuk belajar di luar negeri.

Baca Juga:  Kegiatan BEM yang Menarik Bidang Lingkungan

Jadi, jangan hanya berminat atau berkeinginan untuk sekedar pamer dan gengsi saja ya guys!

3. Beasiswa

Nah, aku bakal kasih tau kamu beberapa rahasia  untuk mendapatkan beasiswa guys! Kamu tau ga sih kalau ada banyak banget beasiswa yang bisa kamu manfaatin. 

Misalnya dari pemerintah, swasta, universitas dan masih banyak lagi guys! Namun, kamu harus rajin-rajin untuk mengecek atau mencari beasiswa. Perbanyak juga relasi dengan berbagai guru maupun prestasi yang pastinya membantumu untuk mendapatkan beasiswa.

Kunci utamanya adalah menabung guys. Maksud menabung di sini adalah menabung prestasi, ilmu pengetahuan, dan skill maupun kemampuan yang kamu miliki. Apabila terdapat kesempatan untuk mengikuti seminar, please jangan disia-siakan ya guys!

4. Persiapkan dokumen penting

Paspor dan visa adalah dokumen penting yang harus kamu buat sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Nah, di sini memang agak ribet guys untuk mengurusnya, hanya saja selama akta kelahiran, KK, maupun KTP kamu tidak bermasalah maka pembuatan pun akan berlangsung dengan cepat.

Selain itu, saran dariku kamu bisa membuat visa maupun paspor jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan. Hal ini agar kamu tetap memiliki waktu untuk mengecek kembali segala dokumen penting yang kamu miliki.

Akan tetapi, ingat juga bahwa paspor atau visa yang kamu gunakan berada dalam kategori pelajar yang artinya memiliki batas waktu juga. Umumnya visa atau paspor memiliki periode selama 3-5 tahun.

5. Rencanakan anggaran

Ga kalah pentingnya nih guys! Anggaran! Perhitungan yang matang mengenai biaya hidup, biaya sekolah, dan masih banyak lagi. Apabila kamu mendapatkan beasiswa maka pastikan beasiswa yang kamu dapatkan mencakup apa saja.

Hal ini dikarenakan tidak semua beasiswa memberikan cakupan untuk semua keperluanmu. Kebanyakan hanya memberikan potongan uang sekolah yang besar dan pesangon secukupnya untuk biaya hidup.

Baca Juga:  7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Kuliah, Agar Kamu Berprestasi!

6. Tempat tinggal dan lingkungan

Jangan lupa guys, di balik anggaran kamu terdapat banyak kebutuhan hidup, salah satunya adalah tempat tinggal. Lingkungan atau tempat tinggal akan sangat berpengaruh terhadap anggaran bahkan perilaku kamu secara tidak langsung.

Saranku untuk kamu yang memang benar-benar berniat untuk menuntut ilmu di luar negeri, pastikan tempat tinggal kamu nyaman dan memiliki mobilitas yang mudah dilalui. Ingat juga, usahakan untuk menjaga diri dari lingkungan sekitar yang cenderung membawa dampak buruk.

7. Kursus bahasa

Next, kamu tahu kan kalau bahasa itu sangat penting untuk dipelajari sebagai sarana komunikasi. Kalau kemarin aku udah kasih tahu kamu beberapa  tips belajar bahasa inggris secara cepat, maka kali ini aku juga akan kasih tahu beberapa kursus bahasa Inggris yang juara.

Menurutku kursus bahasa inggris yang paling juara adalah EF. Ini keren banget! Kenapa? Karena kamu akan diajari bahasa Inggris secara intensif dan berhubungan dengan berbagai macam soal-soal yang biasanya digunakan sebagai syarat untuk sekolah di luar negeri.

Apabila kamu memiliki cukup waktu luang dan menginginkan kursus yang nyaman atau  santai, maka cobalah bergabung dengan Kampung Inggris di Pare.

8. Pelajari kebudayaan 

Sebelum memulai perjalanan, maka kamu pastikan dahulu kebudayaan yang ada di negara tersebut. Perbedaan culture umumnya menimbulkan culture shock bagi beberapa pelajar Indonesia.

Oleh karena itu, pastikan kebiasan-kebiasan yang boleh dilakukan atau dilarang dilakukan di sebuah negara untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan ya guys!

9. Koneksi

Terakhir, persiapan kamu untuk keluar di luar negeri adalah koneksi. Bagi kamu yang baru pertama kali keluar negeri usahakan untuk memiliki koneksi atau jangan sendiri karena sangat berisiko.

Baca Juga:  Download Naskah Soal Ujian Masuk STIS

Kamu bisa meminta bantuan orang tua untuk menemani atau teman Indonesia yang ada di sana. Atau bahkan pihak yang menyediakan beasiswa. Hal ini memperkecil resiko kejahatan yang umumnya terjadi pada turis.

Hula, jadi di atas adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan serta persiapkan secara matang bagi kamu-kamu yang ingin menuntut ilmu di luar negeri. Pastikan agar kamu memiliki komitmen yang kuat dan konsistensi dalam mengejar mimpi. 

Semangat guys!

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami melalui kontak WhatsApp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Jurusan HI, Gak Hanya Soal Politik Kok!

Ada gak sih dari kalian yang bercita-cita untuk bekerja di lembaga kenamaan dunia seperti …