7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih PTS Terbaik

Jika kamu sedang mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan, lebih baik kamu simak info penting artikel ini, aku akan membagikan tips penting saat memilih perguruan tinggi swasta. Jika perguruan tinggi negeri bukanlah prioritas kamu, maka coretlah daftar list kamu dan masukkan list perguruan tinggi swasta.

Hal ini untuk mempersempit pilihan kamu dalam memilih perguruan tinggi. Banyaknya perguruan tinggi negeri, tentunya tidak membuat ciut perguruan tinggi swasta untuk ikut memberikan sumbangsihnya pada bangsa dengan makin banyaknya prestasi dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang saat ini semakin banyak.

Tidak ada salahnya untuk memilih perguruan tinggsi swasta sebagai tujuan  kamu menuntut ilmu, kualitas mereka pun tidak kalah dari PTN. Apalagi jumlah PTS yang sekarang lebih banyak dari pada PTN, membuat kesempatan kamu lebih terbuka lebar.

Dengan banyaknya pilihan PTS akan membuat kamu lebih sulit untuk memilih mana yang terfavorit.  Akan lebih baik saat kamu memilih PTS, perhatikan juga hal-hal pendukung lainnya. Jangan sampai membuat kamu salah memilih perguruan tinggi nantinya, nah apa saja hal yang harus diperhatikan saat memilih PTS, simaklah hal- hal berikut ini.

7 Tips dalam Memilih PTS Terbaik

1. Peringkat Kampus

Carilah PTS terbaik dengan peringkat kampusnya yang bagus. Semakin bagus peringkatnya, maka hal pendukung seperti fasilitas dan sistem pembelajarannya akan bagus juga. Jangan sekali-kali kamu mengabaikan peringkat kampus, karena itu sangat penting dalm menentukan apakah kampus tersebut bonafit atau tidak.

Untuk acuan dalam menentukan peringkat perguruan tinggi secara nasional kamu dapat melihat banyak lembaga seperti Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU, dan sebagainya. Sebagai contoh, universitas yang pernah menyandang peringkat terbaik versi webometrics dan 4ICU adalah Universitas Gunadarma.

Universitas Gunadarma pernah menjadi PTS terbaik di Indonesia versi 4ICU edisi Januari 2013, dimana Gunadarma menjadi satu-satunya PTS yang masuk sepuluh besar nasional, dan sudah 3 periode bertahan sebagai PTS yang berhasil menembus PTS dominan. Selain 4ICU, Gunadarma juga pernah menjadi PTS terbaik versi Webometrics edisi Januari 2014.

Selain itu pada tahun 2013, TeSCA juga merilis pernyataan bahwa Universitas Gunadarma berada di peringkat 2 sebagai kampus terbaik setelah UI. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa Perguran tinggi swasta mampu bersaing dengan PTN.

2. Akreditas Kampus 

Selain peringkat, wajib hukumnya untuk kamu mencari info tentang akreditas kampus yang ada di list kamu. Akreditas ini akan menentukan kualitas sebuah perguruan tinggi. Akreditas menjadi standar dari pemerintah agar perguruan tinggi semakin bermutu.

Secara umum, Akreditasi adalah penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi yang lainnya. Dengan adanya penilaian dari BAN-PT ini kita dapat mengetahui peringkat dari Universitas yang akan kita pilih.

Seperti contohnya Universitas Gunadarma yang telah mendapatkan akreditas peringkat “A” berdasarkan surat keputusan nomor 244/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2018 dari BAN-PT. Dimana Akreditas A merupakan akreditas yang sangat baik. Untuk liat akreditas perguruan tinggi kalian dapat mengunjungi situs resmi BAN-PT.

3. Fasilitas Lengkap dari Universitas

Fasilitas menjadi faktor penting lainnya yang harus diperhatikan, karena sarana dan prasarana ini menjadi hal penting dalam menunjang proses belajar kita di area kampus. Ketersediaan kampus yang mampu menyediakan fasilitas  yang lengkap untuk mahasiswanya akan  menjadi nilai plus untuk mereka.

Seperti ketersediaan Perpustakaan, Laboratoriun praktikum, lapangan olahraga, ruang kelas yang nyaman hingga fasilitas tempat ibadah dan wifi gratis. Universitas Gunadarma mungkin bisa menjadi contoh, bagaimana mereka mampu menyediakan semua fasilitas lengkap tersebut kepada mahasiswanya seperti, laboratorium fikes, biologi hingga lab untuk jurusan psikologi.

Selain laboratoriumnya yang lengkap terdapat pula perpustakaannya yang besar dan nyaman, kamu bisa dengan leluasa mengerjakan tugas disana. Universitas Gunadarma juga memiliki sport center yang dapat digunakan mahasiswanya untuk kegiatan olahraga.

Tempat ibadah pastinya disediakan disetiap kampus mereka, begitu pula dengan jaringan wifi yang tersedia gratis untuk mahasiswa yang ingin menggunakan. Ruang kelas yang mereka miliki juga nyaman dengan adanya AC disetiap ruangan kelas di sertai dengan proyektor guna membantu memaksimalkan proses belajar mengajar yang kondusif.

4. Biaya Pendidikan yang Terjangkau

Poin ini akan memiliki arti yang sangat pentng, mengingat kamu pastinya harus memikirkan biaya yang dikeluarkan untuk biaya pendidikan kedepannya. Dan biasanya sulit untuk menemukan PTS yang sudah mempunyai nama dengan biaya pendidikan yang terjangkau, mereka biasanya mematok biaya yang lumayan untuk sekali masuk.

Tetapi hal itu tidak berlaku pada salah satu universitas terbaik versi Webometrics, yaitu Universitas Gunadarma, mereka mempunyai biaya pendidikan yang terjangkau daripada yang lainnya. Selain biaya yang terjangkau, potongan biaya pendidikan juga bisa diberikan kepada mereka yang berprestasi dengan beasiswa. Maka dari itu, pintar – pintar lah memanfaatkan peluang yang ada.

5. Keberhasilan Alumninya

Kiprah atau keberhaslan alumni pada suatu Universitas tentunya sangat penting untuk diperhatikan menyangkut masalah ini untuk masa depan. Jika kampus tersebut memiliki alumni yang berprestasi, maka dapat dipastikan juga PTS ini memang memiliki kualitas yang baik dalam mendidik mahasiswanya.

Sebagai contoh adalah alumni lulusan Universitas Gunadarma memilki potensi yang lebih besar untuk masuk menjadi bagian dari instalansi pemerintah atau perusahaan – perusahaan besar di Indonesia. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran nama baik kampus dan ilmu yang didapat mahasiswa selama belajar di kampus tersebut sehingga dapat dipercaya menjadi bagian dari suatu instalansi terkemuka. 

6. Lokasi PTS

Lokasi menjadi poin penting lainnya yang harus kamu perhatikan,bukan hanya letaknya saja tetapi kampus tersebut cukup kondusif atau tidak untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar. Letak Perguruan tinggi yang strategis menjadi faktor penting , dimana lokasi tujuannya mudah diakses dan tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke kampusnya.

Seperti yang kita tahu, akan lebih baik jika kampus berada di tengah kota dengan akses transportasi umum yang mudah didapat, seperti Univesitas Gunadarma. Universitas Gunadarma yang telah memiliki 8 kampus tersebar di Jakarta, depok dan bekasi membuat kampus ini tentunya mudah untuk diakses karena berada di tengah kota dan mencakup daaerah yang strategis. 

7. Usia Kampus

Apakah penting melihat usia kampus saat akan memilih PTS? Tentu saja penting, logikanya semakin tua usia PTS maka dapat disimpulkan bahwa PTS tersebut memiliki citra yang baik di masyarakat yang telah ikut memberikan sumbangsih untuk dunia pendidikan di Indonesia. Seperti halnya Universitas Gunadarma yang sudah berdiri sejak tahun 1981, membuat nama mereka dikenal baik dalam negeri atau luar negeri.

Apakah 7 hal diatas sudah jelas dan sudah memberikan gambaran kepada kamu? Nah, kalian dapat mulai mempraktikannnya sekarang dengan memulai melakukan riset untuk mendaftar PTS apa saja yang menjadi favorit kamu.

Selain hal diatas, yang perlu kamu lakukan tentunya adalah belajar yang giat, entah di PTN ataupun PTS kamu harus menunjukan semangat belajar yang tinggi, karena semangat belajar lah yang akan membawa kamu kepada gerbang kesuksesan. Selamat mencoba semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pentingnya Portofolio Untuk Mahasiswa Fresh Graduate

Sebagai profesional di berbagai bidang, memiliki portofolio yang kuat adalah hal yang sang…