tips milih pts

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik, Dijamin Akurat guys!

Halo tement-temen, apa kabarmu di rumah? Kebanyakan dari pelajar Indonesia tentu sudah kembali menjalani aktivitas belajar walaupun harus melalui daring. Sementara itu, tak sedikit pula pelajar lain yang masih menunggu dengan sabar pengumuman SBMPTN 2020 yang kabarnya dimajukan menjadi tanggal 14 Agustus 2020.

Nah, apabila nantinya kalian belum bisa diterima di universitas negeri favorit, maka jangan berkecil hati. Di Indonesia sendiri terdapat banyak perguruan tinggi yang ga kalah kerennya. Meskipun perguruan tinggi swasta nih.

Untuk kamu yang hendak berjaga-jaga dengan mendaftar di perguruan tinggi swasta, maka kamu perlu banget memperhatikan beberapa hal nih. Apa aja sih kira-kira yang perlu diperhatikan? Oke, kalian engga salah artikel guys! 

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik!

Di bawah ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk masuk ke perguruan tinggi swasta! 

1. Akreditasi

Jadi, yang pertama ini penting banget guys! Tentunya sebelum memilih perguruan tinggi kamu harus memastikan bahwa universitas yang hendak kamu masuki memiliki akreditasi A atau setidaknya B.

Emang kenapa dengan akreditasi? Jadi, akreditasi sendiri adalah suatu bentuk pengakuan dari pemerintah yang diberikan kepada suatu universitas untuk menilai sejauh mana pendidikan di universitas tersebut.

Melalui akreditasi ini kamu bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai kualitas dari universitas tersebut guys! Nah, kalau bisa pilihlah universitas dengan akreditasi A ya!

2. Peringkat

Ini juga kalah penting sobat! Untuk menjamin sejauh mana kemampuan universitasmu nantinya dalam bersaing dengan seluruh universitas di Indonesia. Kenapa penting banget sih? Kembali lagi guys,  peringkat ini akan memberikanmu setidaknya gambaran mengenai universitas yang hendak kamu masuki.

Baca Juga:  Skill yang Harus Dikuasai Saat Sekolah dan Kuliah

Peringkat juga memberikanmu setidaknya bekal bagaimana kamu harus menghadapi pembelajaran pada waktu kuliah. Tentunya semakin tinggi peringkat suatu universitas maupun jurusan maka semakin ketat pula proses belajar-mengajar yang diselenggarakan.

Jangan lupa, ga hanya peringkat universitas ya, tetapi peringkat dari jurusanmu juga. Kira-kira jurusan yang kamu minati di suatu perguruan tinggi menduduki ranking keberapa dibandingkan unversitas lain dengan jurusan yang sama. Misalnya guys, untuk prodi hubungan internasional Universitas Parahyangan memiliki peringkat ke-5 dari seluruh universitas di Indonesia. 

3. Fasilitas

Next, adalah fasilitas guys. Fasilitas ini penting untuk menunjang segala kegiatanmu selama kuliah berlangsung. Tentunya, hal ini dapat sangat bermanfaat di dunia pekerjaan nantinya. Terutama bagi kamu yang masuk ke jurusan saintek, biasanya akan berhubungan dengan berbagai alat-alat tertentu sesuai prodi jurusan.

Contohnya nih, fasilitas seperti laboratorium, yang  erat kaitannya dengan anak saintek. Tentunya di dalam laboratorium terdapat alat-alat yang berkaitan dengan prodi dan bermanfaat di dunia pekerjaan. 

Nah, untuk kamu jurusan soshum juga dapat melihat kualitas fasilitas suatu universitas dari perpustakaan, ruangan penunjang, sampai organisasi yang ada di suatu perguruan tinggi. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi anak-anak soshum untuk menambah relasi pertemanan dan pengalaman.

4. Biaya kuliah

Oke, selanjutnya adalah biaya kuliah guys. Khususnya untuk kamu yang hendak masuk ke perguruan tinggi swasta tentunya harus menghitung dahulu berapa total biaya yang diperlukan. Biaya UKT, uang pangkal, hingga biaya hidup apabila universitas tersebut berada di luar kota.

Dimana kamu bisa mengakses biaya kuliah ini? Tentunya di website resmi dari universitas yang kamu tuju ya. Untuk beberapa biaya tambahan seperti uang kos atau biaya hidup bisa kamu cari langsung dari berbagai sumber di internet guys!

5. Kualitas alumni

Yuk balik lagi guys ke bagian intern universitas. Kamu juga bisa mencari tahu kira-kira siapa saja alumni dari universitas yang hendak kamu daftar. Mengapa? Kualitas universitas hingga dosen bisa kamu lihat melalui seberapa besar alumni universitas tersebut dapat turun langsung ke lapangan.

Baca Juga:  Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Memang tak seratus persen akurat guys, tetapi setidaknya kamu akan mendapatkan gambaran apabila melihat alumni dari universitas tersebut. Prospek kerja mereka atau bahkan di mana mereka pada elemen masyarakat.

Selain itu, sejauh mana prestasi yang diukir dari para alumnus ketika berada di universitas tersebut. Hal ini menandakan kualitas atau dominasi jurusan unggulan di universitas tersebut guys!

6. Prestasi

Melanjutkan di atas, prestasi juga penting untuk disoroti guys. Seberapa besar peluang kamu apabila ingin mengasah bakat atau talenta dengan mengikuti berbagai lomba, dapat dilihat dari prestasi yang dihasilkan suatu universitas guys!

Kamu bisa mengakses segala prestasi dari suatu universita melalui situs resmi perguruan tinggi tersebut yaa!

7. Sekilas tentang universitas

Yap, kamu bisa browsing-browsing nih guys tentang gimana sih penilaian publik terhadap universitas yang hendak kamu daftar. Bagaimana publik menilai perguruan tinggi yang hendak kamu daftar? Mungkin bisa menjadi bahan pertimbanganmu juga apabila hendak mendaftar di suatu universitas guys!

8. Lokasi

Yepp, yuk kalian bisa amati nih, kira-kira lokasi dari universitas yang kalian minati apakah berada di wilayah padat penduduk atau justru sebaliknya. Transpportasi atau kemudahan seperti fotokopi, tempat makan, bahkan supermarket juga tak kalah penting untuk diperhatikan ya guys.

Usahakan juga memilih tempat kos yang berada di keramaian dengan kemudahan akses untuk menunjang perkuliahanmu. Ini penting untuk mengurangi kemungkinan-kemungkinan yang ga diinginkan guys!

Nah, di atas adalah beberapa hal yang perlu banget kamu perhatikan sebelum masuk ke perguruan tinggi swasta. Terlepas dari beberapa tips di atas, yang paling penting adalah kemauan dari hati kamu untuk belajar dan sungguh-sungguh masuk di sebuah perguruan tinggi.

Baca Juga:  Belajar Saja Tidak Cukup untuk Lulus Ujian!

Jangan terpengaruh dengan lingkungan maupun cemooh mengenai perguruan tinggi negeri atau swasta. Semangat guys!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Panduan Penulisan Proposal Skripsi

Menulis proposal skripsi adalah sebuah langkah penting untuk penentuan bagaimana nasib skr…