7 Tips Menabung Untuk Pelajar

Menabung kadang susah-susah gampang. Ada yang terbiasa sudah menabung sejak kecil, ada juga yang memang susah menabung. Namun, jika kamu terbiasa menabung, hal ini akan membawa manfaat yang baik buat kamu lho.

Selain bisa membuatmu punya uang sendiri di masa depan, kamu juga dapat melatih rasa disiplin dan tanggung jawab. Sayangnya, kadang menabung susah banget untuk para pelajar. Jadi, bagaimana cara menyiasatinya? Berikut tips menabung untuk pelajar, yuk baca informasinya!

Tips Menabung Untuk Pelajar

1. Sarapan di rumah

attentive little ethnic child having breakfast in stylish apartment
Photo by Alex Green on Pexels.com

Mungkin kamu sedikit bingung apa hubungannya sarapan di rumah dengan menabung. Mari kita bahas yuk. Jadi, siswa yang tidak sarapan akan lebih cenderung menghabiskan banyak uang untuk membeli makanan saat jam istirahat karena lapar.

Dengan sarapan di rumah, kamu dapat mengurangi rasa lapar di pagi hari sehingga saat jam istirahat, kamu bisa membeli makanan atau minuman seperlunya saja karena tidak terlalu lapar.

2. Membawa bekal dari rumah

close up photo of sushi served on table
Photo by Pixabay on Pexels.com

Jika tadi dengan sarapan bisa mengurangi rasa lapar di pagi hari, maka yang satu ini bisa lebih membantumu untuk berhemat sehingga uang jajanmu bisa ditabung lho. Caranya adalah dengan membawa bekal dari rumah.

Bekal yang kamu bawa bisa berupa makanan utama untuk makan siang, camilan untuk dimakan saat jam istirahat, dan juga minuman. Dengan membawa bekal, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan di kantin, sehingga kamu bisa menabung dengan baik.

3. Menabung mulai dari jumlah yang kecil

tips menabung untuk pelajar
Photo by Skitterphoto on Pexels.com

Menabung tidak harus dalam jumlah yang sangat besar, kamu bisa memulainya dengan jumlah yang kecil. Misalnya, kamu menyisihkan sebagian dari uang sakumu untuk ditabung.

Sebelumnya, perkirakan kebutuhanmu sebelum kamu menabung. Sehingga, kamu bisa tetap menjalani aktivitas dan menabung secara bersamaan. Jika kamu ada uang lebih, maka kamu bisa mulai untuk menabung dalam jumlah yang besar.

Baca Juga:  Tips Semangat Belajar Matematika, Agar Mudah Paham!

4. Mengurangi kegiatan yang tidak perlu

man in green jacket sitting beside woman in blue jacket
Photo by cottonbro on Pexels.com

Banyak kegiatan yang menghabiskan uang namun tidak terlalu penting untuk dilakukan. Contohnya adalah nongkrong. Jika kamu tidak ada keperluan yang mendesak, maka jangan melakukan kegiatan yang hanya buang-buang uang.

Misalnya, nongkrong setelah pulang sekolah atau saat ada waktu luang. Daripada uangnya digunakan untuk membeli makanan atau minuman mahal di café atau restoran, mending nongkrong di rumah kan bisa membuat makanan atau minuman sendiri? Hal ini akan membantumu berhemat sehingga kamu bisa menabung.

5. Membuka usaha atau bekerja sampingan

asian freelancer working at home
Photo by JESSICA TICOZZELLI on Pexels.com

Pelajar juga bisa lho punya usaha sendiri atau bekerja sampingan untuk menghasilkan uang. Misalnya, dengan membuka usaha jualan pulsa, menjadi reseller produk, usaha buket dan kado, atau bekerja sampingan sebagai penulis lepas, PJ event menulis, hunter cerita untuk penerbit buku, dan masih banyak lagi.

Untuk jenis kerja sampingan anak sekolah kamu bisa baca di halaman Pekerjaan Sampingan Anak Sekolah Bisa Sambil Rebahan.

Penghasilan yang kamu dapatkan bisa kamu tabung untuk keperluanmu di masa depan atau jika kamu ingin membeli sesuatu. Tapi jangan sampai kamu kehilangan fokus untuk belajar ya. Walaupun kamu ingin punya tabungan, tetap saja utamakan belajar yang merupakan tugas utamamu sebagai pelajar.

6. Lebih hemat dalam berbelanja

crop player with game money at table
Photo by Anete Lusina on Pexels.com

Jika kamu berbelanja, usahakan kamu bisa lebih berhemat. Caranya adalah membeli barang-barang yang kamu perlukan saja. Kamu juga bisa memilih produk yang harganya lebih murah namun mempunyai kualitas yang sama.

Kadang banyak orang yang membeli produk hanya karena brandnya saja. Padahal terkadang brand tidak menjamin kualitasnya lho. Jadi, kamu harus bijaksana dan berhemat saat belanja agar kamu bisa menabung.

Baca Juga:  Cara Membuat Rangkuman Pelajaran yang Baik dan Aesthetic!

7. Konsisten

Hal yang paling sulit dilakukan ketika menabung adalah konsisten atau disiplin dalam menabung. Kadang kita hanya menabung ketika ingin saja. Seringkali kita tergoda untuk menggunakan uang yang seharusnya kita tabung untuk keperluan lain yang tidak perlu.

Oleh karena itu, salah satu cara agar kamu bisa menabung dengan baik adalah menabung secara konsisten. Walaupun tidak dalam jumlah yang besar atau sama setiap harinya, usahakan setiap hari kamu untuk menabung. Buatlah daftar atau jadwal menabungmu sehingga kamu bisa ingat bahwa kamu harus menabung setiap hari.

Itulah tujuh tips menabung bagi pelajar yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Yuk sama-sama menabung. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Analis Kesehatan

Tampilkan Pos Sebagian dari kamu mungkin sering mendengar tentang profesi analis kesehatan…