Categories: OlimpiadeSMA

Ini Dia 7 Tips Menang KSN, Dijamin Tembus Hingga Tingkat Nasional!

Share

Hai gengs, gimana nih kabarnya. Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya. Di kesempatan kali ini, penulis mau share nih, gimana sih tips dan trick untuk menang KSN. Kita tahu lah ya kalau KSN itu perlombaan sains paling bergengsi karena untuk mencari pemenang, harus dilakukan penyaringan yang beneran ketat loh!

Terus kak, para juara KSN sampai nggak tidur ya buat belajar? Nggak bisa main dan nyantai dong kak? Hmmm, sebenarnya nggak sampai gitu amat sih gengs wkwkwk. Yang penting itu porsinya ya! Kamu harus bisa bagi waktu kapan kamu belajar dan nyantai. Nah, buat kamu yang penasaran nih gimana cara supaya bisa jadi pemenang KSN, simak terus ya!

Tips Menang KSN

1. Kamu wajib suka dengan bidang yang kamu pilih

KSN sendiri terdiri dari banyak bidang studi loh gengs! Mulai dari yang umum hingga yang sulit. Kalau yang umum itu kayak matematika, fisika, ekonomi, kimia, geografi, dan lainnya, sedangkan tingkat sulit itu seperti informatika, astronomi, atau kebumian.

Kalau kamu suka dan bahkan sesuai sama passion kamu, itu bisa jadi poin plus loh! Apabila kita beneran suka sama bidang yang kita pilih, kita bakal nganggep kalau belajar itu bukan suatu beban! Ibaratnya, kalau kita suka sama matematika, kita bakal ngerasa kepo sama bidang atau materinya.

Nah, itu bisa bikin kamu makin semangat kan, dibanding orang lain yang mungkin nggak terlalu suka sama bidang studinya. Tapi inget ya, kalau kita udah suka sama satu bidang, kamu harus tetep menekuni bidang itu ya gengs, supaya target kalian bisa tercapai.

2. Bikin reminder apa yang harus dipelajari

Kalau dari awal semester satu kita udah tau mau ambil bidang studi apa, kita harus konsisten ya untuk belajar bidang itu. Kamu harus punya waktu belajar kamu sendiri, misal seminggu tiga kali, atau dua kali waktu belajar. Disesuaiin sama kapasitas kalian masing-masing ya.

Lebih baik belajar perlahan tapi rutin gengs, daripada belajar terlalu cepet, tapi kamunya nggak rutin. Bisa-bisa, materi yang udah kamu pelajari, jadi hilang dari otak, wkwkwk.

Oh iya, reminder yang kamu buat harus kamu pastiin untuk terlaksana semua dan selesai sebelum hari olimpiade tiba. Selain untuk nambah wawasan, kita bisa ikut pelatihan dari lembaga atau sekolah gengs!

3. Pahami konsep dan jangan menghafal

Emang sih gengs, ada beberapa bidang studi yang memang beberapa persen menghafal. Kayak bidang studi ekonomi yang biasanya terdiri dari hitungan, logika, dan hafalan. Nah, kita nggak harus seratus persen menghafal dan jadinya imbang deh sama yang lain.

Buat bagian hitungan dan logika, penting buat kamu untuk paham konsep daripada menghafal, baru deh kita bakal ngerasa enak untuk kerjain soal-soal olimpiade. Misal nih bagian hitungan, memang kita harus tahu rumusnya ya.

Tapi, lebih enak nggak si kalau kita paham darimana asal rumus itu, daripada kita harus hafalin rumus yang sekian banyak. Kalau kamu paham konsep dasarnya, memorinya bakal lebih awet lagi dan kamu nggak bakal cepet lupa.

Ditambah, kalau kamu imbangi dengan banyak latihan soal, aku jamin seratus persen rumus-rumus itu bakal melekat dengan sendirinya. Jadi mulai sekarang, kurangi hafalan ya gengs, pahami konsepnya aja. Okay?

4. Kuasai materi dan pelajari semua variasi soal

Nah, ini penting banget gengs! Usahakan, jauh-jauh hari sebelum KSN diadain, kamu harus banyak belajar variasi soal entah soal sejenis dari internet atau soal yang pernah muncul di KSN tahun-tahun sebelumnya.

Ini penting banget loh karena bisa untuk mengukur kemampuan kamu pecahin soalnya dan bantu kamu untuk lebih menguasai materi KSN. Nah, biar sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, kamu bisa sekalian kerjain soal sekalian di-timer.

Ini bisa bantu supaya kamu lebih tau, kira-kira soal sejenis ini bisa aku kerjain berapa lama ya? Bisa juga bantu bikin kamu nggak gugup saat ngehadepin soal. Cara ini bisa kamu coba ya!

5. Ikut tryout olimpiade

Nah, cara ini bisa banget kamu coba untuk ngelihat kira-kira kamu ada di posisi mana sih? Ranking kita berapa sih? Jelas dong, dari sini kita bisa belajar untuk lebih meningkatkan kemampuan dan mengasah skill kita. Kita juga bisa cek passing grade atau nilai batas minimum buat lolos KSN berdasarkan dari data sebelumnya. Yuk, banyakin tryout dan latihan-latihan ya

6. Jangan pesimis alias selalu optimis

Ini juga penting banget gengs! Kamu harus selalu optimis ya, meski kamu kadang ngerasa takut gagal dan semacamnya. Misal, kamu habis ngerjain tryout olimpiade, tapi rank kamu pas-pasan dan malah cenderung rendah. Dari situ kamu harus belajar untuk tidak cepat menyerah.

Memang rasanya kecewa ya karena ngerasa udah belajar mati-matian, tapi rank malah segini. Itu gak boleh ya gengs. Justru dari kegagalan yang kita alami, kita bisa belajar. Justru dari rank kita yang kurang, kita harus tetap fokus dengan diri sendiri untuk benerin apa sih yang kurang dari kita.

Kita juga harus cari tahu penyebab kita bisa gagal. Entah karena kurang fokus, kurang teliti, dan lain-lain. Intinya, jangan cepat putus asa ya, karena kita nggak pernah bisa berhasil kalau kita belum pernah gagal! Coba terus ya gengs!

7. Tetap jaga kesehatan

Ini kayaknya yang paling penting deh. Jangan sampai waktu hari H kita sakit dan capek gara-gara terlalu banyak belajar atau tidur kita yang kurang. Haduh, amit-amit deh. Makanya, penting banget untuk atur pola tidur dan asupan makanan juga harus dijaga ya. Jangan sampai kita jadi nggak fokus saat kerjain soal KSN-nya. Sayang banget kan gengs?

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa aku kasih untuk kalian pejuang KSN. Oh iya, kalau tips-tips tadi sudah kamu lakuin, ada satu lagi yang nggak kalah penting yaitu berdoa. Serahin semua kekhawatiranmu sama Tuhan ya gengs! Ingat, Tuhan pasti berikan yang terbaik untuk kita kok, apalagi kita kan sudah berusaha. Yuk, tetap semangat ya gengs!

This post was last modified on April 16, 2022 3:47 pm

Jennifer Angela

A human being on earth who is learning to write and wants to keep writing.

Leave a Comment
Published by
Jennifer Angela

Recent Posts

Tips Masuk STAN Tanpa Bimbel

Tips masuk stan! Dengan peminat dan persaingan sebanyak itu,┬ákamu dituntut meraih nilai setinggi-tingginya biar kamu… Read More

Februari 22, 2024

Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia Berdasarkan Bidang

Daftar Sekolah Kedinasan Di Indonesia berikut ini layak kamu jadi kan opsi! Tentunya kamu sudah… Read More

Februari 21, 2024

Ini dia! Tips Rahasia Supaya Lolos dan Masuk Perguruan Tinggi STSN

Tips masuk STSN - Sebelumnya sudah pada tahu kan STSN itu apa? Adalah Sekolah Tinggi… Read More

Februari 20, 2024

Kamar Berantakan Tanda Kamu Orang yang Kreatif Lho!

Selama ini kita selalu disuruh untuk menjadi rapi. Kemeja harus rapih. Naruh barang di tas… Read More

Februari 19, 2024

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan Dan Ikatan Dinas Yang Patut Kamu Lirik

Bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, sekolah kedinasan… Read More

Februari 18, 2024

Tips Memilih Jurusan Di STIS Buat yang Mau Lulus SMA

Tips memilih jurusan di STIS - Setiap orang tentunya ingin berkuliah di tempat yang bagus.… Read More

Februari 17, 2024