Categories: Tips

Ketahui Yuk 5 Tips Menghadapi Semester Baru dengan Lebih Siap dan Bersemangat

Share

Halo pelajar! Setiap kalian pasti sudah mempersiapkan diri untuk semester tahun ini bukan? Apalagi bagi siswa kelas akhir siap ngga siap harus siap untuk memulai belajar di semester baru ini. Mengingat pandemi covid19 di Indonesia dan dengan segala keterbatasannya kita di tuntut untuk siap mengawali tahun ini dengan sistem PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

Dengan adanya PTM setelah sekian lama tentunya bagi para pelajar baik siswa maupun mahasiswa harus siap menghadapi semester baru. Maka dari itu pada artikel kali ini akan membahas tentang tips bagaimana cara untuk mempersiapkan semester baru agar kamu juga siap belajar dan menikmati pembelajaran dengan nyaman dan tertata serta dengan semangat belajar yang baru, cek it out!

Tips Menghadapi Semester Baru

1. Atur Jadwal Belajar dengan To Do List

Sebagai pelajar tentu kamu memiliki jadwal belajar atau minimal jadwal pelajaran sekolah kamu. Dengan adanya jadwal semua hal maupun kegiatan akan terselesaikan dengan lebih tertata, terarah dan pastinya kamu tidak akan kewalahan meski dengan kegiatan dan pekerjaanmu yang banyak karena semua itu dilakukan sesuai dengan jadwal atau daftar kegiatan yang akan kamu lakukan.    

Dengan memiliki jadwal belajar, maka kamu dapat lebih siap dalam melakukan suatu kegiatan dalam satu hari. Kelebihan lainnya, kamu dapat menata kegiatan dengan efisien dan produktif terutama di tengah padatnya jadwal pelajaran dan kegiatan lain.

2. Menata Meja Belajar

Dengan media belajar yang nyaman, bersih dan rapi tentu akan membangkitkan semangat dan niat kita dalam belajar. Selain itu rasa nyaman akan membuat pikiran dan hati tetap tenang dan fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Banyak faktor yang membuat belajar kita menjadi terganggu atau tidak nyaman salah satunya ya dengan adanya media belajar atau tempat belajar yang kotor ataupun tidak rapi.

3. Menyicil Materi Belajar

Tak ada salahnya jika kita memulai belajar sebelum masa aktif di sekolah dimulai. Dengan begitu kita bisa lebih siap dalam menerima materi serta pembelajaran yang baru.

Salah satunya adalah dengan mulai mempelajari materi-materi ringan atau kamu juga bisa mengulang materi sebelumnya karena terkadang materi baru dan materi lama masih saling berhubungan satu sama lain.

4. Mengerjakan Beberapa Soal Ringan

Sama halnya dengan mempelajari materi, kamu juga perlu nih memulai kembali latihan-latihan soal agar istilahnya otak ngga kaget karena terlalu lama tidak membaca maupun latihan soal selama libur semester, sehingga otak akan cenderung lebih pasif menerima hal-hal berbau pelajaran.

Oleh karena itu, kamu cenderung mudah mengantuk dan malas untuk belajar. Untuk menghindari hal ini kamu bisa mencoba beberapa soal ringan ya. Ga perlu banyak-banyak, cukup 1-2 soal per hari sesuai dengan materi yang telah kamu pelajari sebelumnya.

5. Persiapkan Mental dan Fisik

Nah, pada bagian ini juga sangat penting ya. Kamu perlu mempersiapkan diri dengan situasi kondisi belajar yang mungkin baru seperti ruang kelas baru atau pertukaran siswa kelas lain dengan siswa kelasmu.

Selain itu, kamu perlu kembali beradaptasi dengan sistem pembelajaran tatap muka setelah sekian lama belajar secara online atau daring. Dengan kondisi yang mungkin dengan teman sekelas saja tidak akrab karena lamanya pembelajaran online.

Demikian beberapa tips menghadapi semester baru dengan lebih siap dan bersemangat. Kamu perlu menyiapkan banyak hal dengan sistem pembelajaran yang baru dan penyesuaian untuk terbiasa dengan situasi dan kondisi serta keadaan kelas yang pastinya sudah berbeda dari yang sebelumnya.

So, tetap semangat ya!

This post was last modified on Mei 26, 2022 4:04 pm

Kairos Melistya

Saya suka menuangkan apa yang saya pikirkan dan bayangkan ke dalam bentuk tulisan.

Leave a Comment
Published by
Kairos Melistya

Recent Posts

Prediksi Soal UN SMP Tahun

1. Perhatikan gambar alat ukur berikut! Waktu yang ditunjukkan pada stop watch tersebut adalah ....… Read More

Desember 2, 2022

7 Tempat Les Terbaik di Indonesia

Mengajar atau bimbingan belajar merupakan cara lain untuk meningkatkan mutu pendidikan karena belajar di sekolah… Read More

Desember 1, 2022

Arti Mikroskop dan Jenis-Jenisnya

Mikroskop merupakan alat yang dapat membantu melihat benda-benda kecil atau makhluk hidup mikro organisme yang… Read More

Desember 1, 2022

Pengertian Lensa dan Jenis-Jenisnya, Lengkap!

Lensa merupakan salah satu alat yang dapat membantu kegiatan manusia, seperti lensa yang terdapat pada… Read More

November 30, 2022

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Semeseter Genap

Bagi siswa kelas 8 yang akan menghadapi ujian semester genap, kamu harus mempersiapkan diri dengan… Read More

November 29, 2022

3 Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online dan Offline di English Academy

Hai guys, gimana kabarnya? Kabar baik disana ya! Nah, zaman sekarang, siapa sih yang masih… Read More

November 28, 2022