Tips

Tips Menghapal Cepat, Tanpa Lupa!

Share

Tips Menghapal Cepat Tanpa Lupa – Menghapal merupakan suatu aktivitas yang sangat membosankan dan bahkan sangat melelahkan. Untuk menghapal dengan mudah dan cepat kamu membutuhkan konsentrasi penuh yang disertai fokus tanpa memikirkan hal lain agar lebih cepat menghapalnya. Misalkan anda menghapal sebuah rumus Matematika, Fisika, dan menhapal materi pelajaran lain yang sifatnya hapalan.  

Menghapal sangat membutuhkan mood yang ok. Artinya kamu akan lebih mudah untuk menghapal jika dalam keadaan tenang dan mood atau suasana hati kamu sedang senang atau gembira.   Bagaimana sih cara menghapal yang baik agar tidak cepat lupa?

Untuk meghapal dengan mudah agar tidak cepat lupa ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan, mulai dari suasana hati yang gembira dan faktor-faktor lainnya yang bisa menyegarkan memori otak kamu agar mudah menghapal materi yang akan kamu ingat.  

Berikut Tips Menghapal Cepat Tanpa Lupa

#Tips 1: Mandi terlebih dahulu

Untuk menghapal dengan mudah dan cepat biasanya akan terasa mudah jika kamu dalam keadaan segar dan bersih. Keadaan ini kamu dapatkan jika kamu sudah selesai mandi. Mandi tidak hanya membuat badan kamu jadi fresh dan segar, juga sangat mempengaruhi daya tangkap atau kemampuan otak kamu dalam merekam dan mengingat objek atau materi yang akan dihapal.  

Coba kamu bayangin menghapal materi dalam keadaan tubuh kamu sedang kotor, misalnya habis olahraga terus kamu mencoba menghapal. Tentu keadaan seperti ini tidak memungkinkan untuk mengingat apalagi menghapal sebuah materi pelajaran. Jadi, alangkah baiknya tubuh kamu dalam keadaan bersih terlebih dahulu biar otak kamu juga bisa fresh dalam menghapal.  

#Tips 2: Pilih Waktu yang Tepat

Menghapal di saat yang tepat bisa mempermudah kamu dalam mengingatnya. Misalnya kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri sebelum memulai menghapal materi pelajaran.       Contohnya, kamu bisa menghapal di saat yang sepi misalnya tengah malam, atau mungkin kamu lebih senang menghapal saat nonton TV dan sebagainya.

Jadi, kamu bisa menentukan waktu untuk menghapal sesuai gaya yang kamu sukai, karena setiap orang itu memiliki karakter dan ciri khas tersendiri dalam menghapal materi pelajaran  

#Tips 3: Usahakan Menghapal dalam Keadaan Fun

Tidak bisa dipungkiri lagi jika menghapal dalam keadaan fun atau senang bisa mempermudah dalam menghapal cepat. Dan jangan lupa istirahat secukupnya terutama saat siang, agar akmu bisa lebih fun dalam menghapal.  

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa, tidur siang, entah itu satu jam atau setengah jam memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap memori. Jadi, jika kamu memiliki waktu beristirahat pada siang hari, cobalah untuk rutin tidur walaupun hanya setengah jam.  

Coba kamu bayangin jika kamu menghapal dalam keadaan galau, habis diputusin sama pacar 😂terus disuruh menghapal, gimana jadinya kalau kalian menghapal di saat ‘gegana’ (gelisah galau merana). Aduh, gak kebayang deh bukannya menghapal malah kamu sibuk buat curhat 😀wkwk.

Nah, jadi usahakan kamu menghapal dalam keadaan fun atau merasa senang agar materi pelajaran atau objek yang akan kamu hapal lebih mudah masuk dan dijamin gak bakal cepat lupa lagi.  

#Tips 4: Tulislah Poin-Poin Penting yang Akan Kamu Hapalkan

Agar kamu mudah untuk menghapal cepat dan terasa lebih mudah, catatlah poin-poin penting dari materi yang akan kamu hapalkan tadi agar kamu lebih mudah membuat peta konsepnya.

Gunakanlah kertas untuk menulis poin-poin penting dari materi pelajaran yang akan kamu hapal. Catatan poin-poin penting ini bisa kamu bawa kemana-mana agar lebih mudah mengingat dan menghapal kembali materi yang ingin kamu kuasai.  

#Tips 5: Bacalah Sesering Mungkin  

Tips menghapal cepat yang terakhir adalah kamu bisa melihat atau membaca hal yang akan kamu hapalkan sesering mungkin agar materi tersebut lebih akrab dengan kamu dan terasa bersahabat. Jika kamu semakin sering melihat atau membacanya tentu kamu bakal sulit untuk melupakannya.

Mungkin itulah tips menghapal materi pelajaran agar lebih cepat dan tanpa lupa terhadap  materi yang dihapal.  

This post was last modified on Maret 4, 2020 8:59 pm

wirahadiecom

Leave a Comment
Published by
wirahadiecom

Recent Posts

Cek yuk 5 Jurusan Kuliah Berdasarkan Hobi, Dijamin Menyenangkan dan Enjoy!

Hai calon mahasiswa! Buat kamu yang saat ini kelas 12 dan masih bingung kuliah nanti… Read More

Oktober 25, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 19 Kritik Tari

Halo semua! Apa kabar? Masih semangat ya mengikuti pelajaran Seni Budaya? Hari ini kita akan… Read More

Oktober 25, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 18 Modifikasi Karya Tari

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pelajaran Seni Budaya? Yap, harus tetap semangat… Read More

Oktober 24, 2021

Materi Seni Budaya Kelas 11 Bab 17 Kritik Musik

Halo teman-teman! Apa kabarnya nih? Masih semangat ya mengikuti pelajaran Seni Budaya? Yap, harus tetap semangat… Read More

Oktober 24, 2021

7 Buku Bertema Self Improvement yang Menarik Banget untuk Dibaca

Hai gengs, gimana kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya! Nah, di kesempatan… Read More

Oktober 24, 2021

Kenalan yuk dengan Adjective Order, Materi Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui Pelajar

Hai gengs! Gimana nih kabarnya? Semoga kamu semua dalam keadaan yang baik ya! Nah, di… Read More

Oktober 24, 2021